4 Jenis Majas dalam Kaidah Bahasa Indonesia Beserta Contohnya

Lihat Foto
Photo by Bru-nO on Pixabay
Jenis Majas
|
Editor: Rahmad

Majas adalah gaya bahasa kiasan yang digunakan untuk meningkatkan dan memperkuat efek dengan memperkenalkan satu objek lain. Yakni dibandingkan dengan yang objek lain atau objek yang lebih umum.

Bagi penulis, khususnya penulis karya sastra, menguasai berbagai jenis majas dapat membuat karya yang dihasilkan lebih menarik bagi pembaca. Ini juga menunjukkan tingkat intelektual dan gaya bahasa penulis.

Menggunakan berbagai jenis gaya bahasa membuat kalimat kamu terdengar lebih indah dan lebih dramatis. Itulah sebabnya sebaiknya kamu memahami berbagai jenis majas. Namun, menggunakan majas tidak berarti bahwa makna asli dari kalimat tersebut hilang.

Jenis Majas

Berikut ini jenis majas dalam gaya bahasa Indonesia yang perlu kamu pahami sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar:

1. Majas Perbandingan

Jenis majas yang pertama adalah majas perbandingan. Majas ini adalah gaya bahasa yang diungkapkan dengan cara mempertentangkan atau membandingkan satu objek dengan objek lainnya, dan dapat berupa pemerataan, pembesar-besaran, atau penggantian.

Jenis majas perbandingan ini selanjutnya dipecah menjadi berbagai berbagai macam majas, seperti berikut ini:

2. Majas Pertentangan

Jenis selanjutnya adalah majas pertentangan yang idiomnya kontradiktif dengan gaya bahasa yang menggunakan kata-kata kiasan yang maknanya berlawanan dengan makna sebenarnya. Jenis majas pertentangan antara lain seperti berikut ini:

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

3. Majas Sindiran

Majas sindiran juga biasa disebut satir. Majas satire atau sindiran ini adalah gaya bahasa yang menggunakan bahasa kiasan untuk tujuan mengejek atau menyindir seseorang, suatu tindakan, atau suatu kondisi. Jenis majas sindiran juga dibagi dalam beberapa gaya bahasa seperti berikut ini:

4. Majas Penegasan

Majas penegasan adalah gaya bahasa dengan mengungkapkan sesuatu secara eksplisit guna meningkatkan pemahaman dan kesan pembaca atau pendengar. Jenis majas penegasan seperti berikut ini:

Buku Kumpulan Peribahasa, Majas, Dan Ungkapan Bahasa Indonesia yang ditulis yettik Wulandari bisa kamu jadikan referensi mempelajari jenis-jenis majas dan gaya bahasa lainnya.

Secara keseluruhan buku ini memuat kumpulan peribahasa, majas, dan ungkapan dalam bahasa Indonesia yang dapat dijadikan sebagai panduan praktis bagi kalangan pelajar dan umum.

Buku ini bisa kamu pesan dan beli di Gramedia.com!

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

TAG:

Terkini
Lihat Semua
Jelajahi