Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelajari Cara Membaca Puisi yang Baik Berikut Ini

Kompas.com - 27/04/2022, 10:00 WIB
Cara membaca puisi yang baik Sumber Gambar: Freepik.com Cara membaca puisi yang baik
Rujukan artikel ini:
Selama Laut Masih Bergelombang
Pengarang: MARIATI ATKAH
|
Editor Almira Rahma Natasya

Pada tanggal 28 April nanti kita akan memperingati Hari Puisi Nasional, yang mungkin akan terasa tepat jika kita ikut membaca beberapa karya puisi anak bangsa, yang kini kehadirannya sudah sangat bervariasi dengan kualitas yang mampu mengeksplorasi berbagai tema menarik.

Mungkin bagi sebagian orang membaca puisi hanya sekadar membaca barisan kata yang membentuk kalimat dalam selembar kertas tanpa diperlukannya cara tertentu dalam membacakannya, namun ternyata membaca puisi memiliki cara tersendiri agar mampu disampaikan dengan baik dan benar.

Puisi mempunyai makna dan tema, sehingga sebagai orang yang membacanya, kamu perlu memahami nuansa dan suasana yang dibangun dalam puisi tersebut agar makna serta emosi yang ada di dalamnya mampu dimengerti dan tersampaikan ke pendengar.

Cara membaca puisi yang baik dan benar perlu dilakukan jika kamu ingin makna mendalam yang terkandung dalam setiap bait puisi mampu dinikmati, sehingga puisi yang dibacakan bisa memberikan kesan yang mendalam bagi semua orang.

Bagaimanakah cara membaca puisi yang baik dan benar?

Cara Membaca Puisi yang Baik

1. Pahami dan Dalami Makna yang Terdapat dalam Puisi

Cara pertama agar mampu membacakan puisi dengan baik adalah dengan memahami dan mendalami makna yang terkandung dalam puisi.

Pelajari suasana atau mood seperti apa yang kamu tangkap dalam puisi tersebut agar emosinya mampu tersalurkan.

Jika kamu memerlukan waktu beberapa lama untuk lebih mendalami dan memahami setiap bait puisi yang ada, maka tidak ada salahnya untuk mencoba mempersiapkan diri selama beberapa hari untuk lebih menggali emosi serta makna yang ada dalam puisi tersebut.

2. Tampilkan Ekspresi yang Tepat

Penting sekali untuk memberikan mimik yang sesuai saat membacakan puisi, agar makna dan pesan yang terkandung di dalamnya bisa tersalurkan kepada para pendengar, sehingga lewat ekspresi muka yang kamu tampilkan pendengar mampu memahami esensi dari puisi tersebut.

Namun, perlu dicatat, kamu harus mampu membaca suasana tiap bait puisi agar mampu memberikan mimik yang tepat.

Apakah keseluruhan puisi tersebut akan cocok dengan mimik gembira hingga akhir atau ada pergantian ekspresi di beberapa bait, itu perlu kamu pelajari.

3. Pakai Intonasi yang Pas

Hampir mirip dengan menggunakan mimik wajah, intonasi juga amat krusial dalam pembacaan puisi karena intonasi yang tepat bisa turut membawa pendengar ke dalam suasana puisi yang sedang dibacakan.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Apakah puisi tersebut memberikan emosi yang sedih atau justru riang gembira, itu bisa diperlihatkan melalui intonasi.

Maka, penting sekali bagi kamu untuk bisa membaca mood atau suasana yang coba dihadirkan dalam puisi tersebut, agar bisa menentukan mana yang harus dibaca secara lantang dan mana yang harus dibaca secara perlahan, untuk bisa menyalurkan pesan dan makna yang ada di dalamnya.

4. Pengucapan yang Jelas dan Baik

Latihlah selalu posisi gigi dan lidah agar mampu melafalkan setiap kata dalam bait puisi dengan jelas dan baik, sehingga artikulasi yang kamu keluarkan dapat dipahami oleh pendengar yang akan mendapatkan makna dan esensi dari puisi tersebut.

Mengucapkan setiap bait puisi dengan artikulasi yang jelas dan baik mutlak harus dilakukan jika kamu ingin puisi yang dibawakan bisa menghadirkan emosi dan mood yang coba ingin disampaikan oleh puisi tersebut.

5. Penekanan pada Kata-kata

Menekankan pengucapan dengan keras atau lembut sangat penting untuk dilakukan supaya kamu bisa menghadirkan makna yang mendalam dari puisi tersebut.

Maka, sekali lagi, penting sekali untuk mempelajari serta memahami makna yang terkandung dalam puisi sebelum kamu akan membacakannya, sehingga sebelum tampil membacakannya, kamu sudah khatam luar dan dalam makna puisi tersebut.

Nah, jika kamu sudah siap untuk membacakan puisi dengan cara yang baik dan tepat, maka buku puisi yang satu ini akan sangat cocok untuk menjadi pilihan puisi yang akan dibacakan.

Buku Selama Laut Masih Bergelombang yang dikarang oleh Mariati Atkah akan mampu membawa kamu pada suasana budaya, adat istiadat, lokalitas, hingga sejarah yang kebanyakan berasal dari daerah Sulawesi.

Tapi, terdapat pula beberapa puisi lainnya yang memberikan nuansa kegelisahan, kerinduan, putus asa, kenangan, hingga cinta yang semuanya mampu menghadirkan emosi yang mendalam dari setiap makna dalam masing-masing puisi yang ada di dalamnya.

Buku ini akan cocok untuk menemani kamu dalam memahami esensi dan makna yang terkandung dalam bait puisi sebagai bentuk latihan pemahaman yang akan membantu kamu dalam membacakan puisi dengan baik.

Buku Selama Laut Masih Bergelombang bisa kamu beli dan dapatkan di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com