Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berikut 5 Instrumen Investasi Paling Aman yang Cocok untuk Pemula

Kompas.com - 28/02/2022, 13:00 WIB
Sumber Gambar: Pexels.com
Rujukan artikel ini:
Semua Bisa Investasi
Pengarang: Thomas Athanasius
|
Editor Almira Rahma Natasya

Kamu harus mulai memikirkan strategi dan rencana untuk mendapatkan kebebasan finansial di masa tua nanti.

Strateginya bisa dengan investasi, yang akan sangat membantu dalam memenuhi target tersebut.

Namun, dengan hadirnya berbagai macam instrumen investasi yang beragam kadang menyulitkan kita untuk memilih mana yang pas, cocok, dan aman untuk dilakukan oleh seorang pemula.

Sebab, siapa yang mau rugi saat pertama kali akan melakukan investasi? Karena setiap investor pastinya menginginkan keuntungan yang berlipat agar bisa membantu meningkatkan kondisi finansial, baik di masa kini maupun di masa depan.

Jangan meremehkan risiko akan kerugian yang membayangi aktivitas investasi, sebab jika dilakukan secara asal dan tanpa dasar ilmu yang cukup, kegiatan investasi justru hanya akan menjadi aktivitas yang menguras materi dan emosi.

Maka dari itu, pilihlah instrumen investasi yang aman dan paling mudah dipahami agar sebagai investor kamu bisa paham dan mengerti tentang kegiatan yang sedang kamu lakukan berdasarkan instrumen investasi yang dipilih.

Supaya kamu tidak merasa bingung dan resah saat akan memilih instrumen investasi yang tepat, berikut lima instrumen investasi yang aman dan cocok untuk investor pemula.

5 Instrumen Investasi yang Aman untuk Pemula

1. Emas

Sudah dari zaman dahulu emas digunakan sebagai instrumen investasi yang dipilih dan digemari oleh banyak orang, karena mampu menjadi sumber dana yang menjanjikan di saat membutuhkan uang dalam keadaan darurat.

Selain itu, harga emas yang stabil, gampang dijual kembali, dan tahan inflasi, menjadikan emas bisa menjadi pilihan, karena selain aman, emas juga memberikan keuntungan yang menjanjikan.

2. Saham

Saham bisa menjadi pilihan selanjutnya, sebab mampu memberikan keuntungan yang besar jika kamu mampu berinvestasi di instrumen saham yang tepat, karena faktanya hampir kebanyakan orang-orang paling kaya di dunia mendapatkan pundi-pundi uangnya dari berinvestasi saham.

Namun, sebelum memutuskan untuk langsung terjun ke dalam investasi saham, pastikan dahulu jika kamu sudah mempelajari ilmu saham dengan sangat paham agar tidak salah langkah, serta bisa menghindari kerugian dan mendulang keuntungan.

3. Reksa Dana

Reksa dana bisa menjadi instrumen investasi yang tepat dan aman jika kamu hanya memiliki modal yang tidak terlalu banyak, sebab untuk berinvestasi reksadana bisa dilakukan dengan modal yang rendah dan mendapatkan keuntungan yang cukup menggiurkan hingga 20%.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Kamu tidak perlu takut uang yang kamu tanamkan akan merugi, karena akan ada profesional yang mengelola modal tersebut untuk disebar di pasar uang agar dapat menghasilkan keuntungan.

4. Properti

Tidak usah diragukan lagi, investasi dalam bidang properti memang tak akan pernah salah karena harga properti yang terus melonjak setiap tahunnya mampu memberikan keuntungan yang luar biasa besar di saat kebutuhan akan hunian semakin melonjak tinggi.

Meskipun membutuhkan modal yang besar agar bisa berinvestasi properti, tapi peluang keuntungan yang didapatkan pun tidak kalah besar, seperti rumah kos, kontrakan, hingga jual-beli rumah yang bisa memberikan keuntungan finansial.

5. Obligasi

Surat utang atau obligasi adalah instrumen investasi yang bisa menawarkan keuntungan yang cukup besar dengan risiko kerugian yang lebih kecil jika dibandingkan dengan investasi saham, sehingga akan cocok untuk pemula yang mau memulai berinvestasi.

Obligasi merupakan surat utang yang dikeluarkan oleh instansi pemerintahan atau perusahaan sebagai bentuk peminjaman dana yang akan dilunasi sejumlah biaya pokok beserta dengan bunganya.

Jika kamu masih merasa ragu ataupun bimbang untuk memulai berinvestasi, lima instrumen ini rasanya cocok untuk dicoba karena memberikan risiko yang rendah dengan keuntungan yang cukup menjanjikan.

Namun, kalau kamu ingin memperdalam ilmu investasi terlebih dahulu, buku berikut ini bisa dijadikan pedoman yang pas untuk mulai belajar berinvestasi.

Buku Semua Bisa Investasi yang ditulis oleh Thomas Athanasius buku ini akan mengajak kamu untuk memahami dan mendalami secara lebih jauh mengenai investasi saham yang kini geliatnya semakin diperhitungkan sebagai instrumen investasi yang menjanjikan.

Buku ini akan membantu kamu mengurangi “biaya” belajar ilmu saham yang harus dikeluarkan karena kurangnya referensi dan ilmu yang dibutuhkan sehingga akan memudahkan dalam memulai investasi saham.

Semua isi dan sumber ilmu yang ditulis dalam buku ini sangat lengkap dan membantu dalam memahami dunia saham yang mungkin masih terasa asing dan rumit di benak sebagian besar orang.

Kamu bisa langsung memesan dan membeli buku ini di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya!

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com