Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Dia Kiat dan Cara Menjadi Siswa Berprestasi di Sekolah yang Ampuh untuk Kamu Praktikkan

Kompas.com - 28/02/2022, 11:22 WIB
Sumber Gambar: Freepik.com
Rujukan artikel ini:
Siswa Di Atas Garis: 7…
Pengarang: Sabam Sopian Silaban
|
Editor Almira Rahma Natasya

Sebagian besar murid di SMP maupun di SMA pasti pernah berangan-angan untuk bisa menjadi siswa berprestasi di sekolah.

Selain bisa membanggakan kedua orang tua dan mengharumkan nama sekolah, ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika menjadi siswa yang berprestasi.

Manfaat ini di antaranya adalah mendapatkan hadiah atau trofi dari kompetisi yang kamu ikuti dan berkesempatan lebih besar untuk bisa diterima di perguruan tinggi serta memperoleh beasiswa.

Tidak hanya di bidang akademik seperti mengikuti olimpiade atau mendapatkan peringkat pertama di sekolah, kamu juga bisa menjadi siswa berprestasi dengan unggul di bidang non-akademik seperti mengikuti turnamen olahraga, perlombaan seni, dan lain-lain.

Agar impian kamu ini tidak sekadar menjadi angan-angan, berikut adalah beberapa kiat dan cara yang bisa kamu praktikkan untuk menjadi seorang siswa berprestasi.

Kiat dan Cara Menjadi Siswa Berprestasi di Sekolah

1. Memiliki Motivasi yang Tinggi

Menjadi seorang siswa yang berprestasi bukanlah hal yang mudah untuk dicapai jika kamu tidak memiliki dorongan yang kuat untuk mewujudkannya.

Agar kamu bisa selalu ingat dengan keinginan yang ingin kamu raih ini, tuliskan kata-kata motivasi atau penyemangat, serta tujuan kamu di selembar kertas dan tempelkan di tempat yang sering kamu lihat atau kamu gunakan sebagai tempat untuk belajar.

Kamu juga bisa mencari sumber inspirasi untuk semakin memotivasi diri kamu dengan membaca biografi dari orang-orang yang telah sukses sesuai dengan bidang yang kamu minati.

Jika kamu senang belajar dan ingin mengejar bidang akademik, maka tokoh seperti Maudy Ayunda dan Tasya Kamila yang bisa menempuh pendidikan hingga ke universitas top internasional bisa menjadi sosok yang kamu gunakan sebagai role model.

Jika kamu gemar berolahraga dan aktif dalam ekstrakurikuler di sekolah, maka atlet-atlet ternama Indonesia seperti Kevin Sanjaya, Evan Dimas, Daniel Timothy, dan lain-lain, bisa menjadi panutan kamu dalam mengikuti kompetisi turnamen olahraga agar bisa menjadi pemain hebat seperti mereka.

Dengan memiliki sosok idola, kamu seakan mendapatkan gambaran yang lebih jelas mengenai tujuan yang ingin kamu capai dengan menjadi seorang siswa yang berprestasi.

Selain membangun motivasi dari dalam diri, kamu juga bisa meminta dukungan dari keluarga, terutama orangtua, untuk menambah semangat kamu dalam mengejar impian ini.

2. Menjadi Siswa yang Aktif

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk menjadi seorang siswa berprestasi di sekolah adalah dengan menjadi seseorang yang aktif di bidang yang kamu gemari.

Tentunya kamu tidak mungkin bisa menjadi siswa berprestasi jika kamu masih sering bermalas-malasan dan tidak sungguh-sungguh menggeluti impian yang ingin kamu wujudkan.

Terdapat berbagai macam jenis kompetisi atau perlombaan yang ditujukan untuk siswa-siswi sekolah dalam berbagai bidang, seperti kepenulisan karya ilmiah, olimpiade sains, turnamen olahraga, pentas seni, baca dan menulis puisi, serta masih banyak lagi yang bisa kamu ikuti.

Gunakanlah kesempatan emas ini untuk aktif berpartisipasi dalam kompetisi-kompetisi yang diselenggarakan agar kamu bisa menambah pengalaman dan mengasah kemampuan kamu sejak dini.

Tidak masalah jika kamu kalah atau gagal saat baru mencobanya, karena jarang sekali ada orang yang bisa berhasil pada percobaan pertama.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Jangan patah semangat dan terus ingatkan diri akan motivasi serta tujuan yang ingin kamu capai.

Semakin banyak pengalaman yang kamu miliki ketika mengikuti perlombaan, maka semakin banyak pula pelajaran yang kamu peroleh sehingga bukannya tidak mungkin suatu saat kamu bisa mengharumkan nama sekolah dengan prestasi yang kamu dapatkan.

3. Memiliki Manajemen Waktu yang Baik

Bisa mengatur waktu dengan baik merupakan sebuah skill atau kemampuan yang perlu untuk kamu miliki dan kamu kembangkan jika ingin menjadi seorang siswa berprestasi.

Hal ini supaya kamu tetap bisa membagi waktu untuk menyelesaikan kewajiban di sekolah, meskipun aktif mengikuti kompetisi ataupun perlombaan.

Jangan sampai kamu tidak mengerjakan pekerjaan rumah yang diberikan oleh guru karena terlalu fokus pada perlombaan yang kamu ikuti.

Sebagai seorang siswa, prioritas utama kamu tetaplah belajar dan menempuh pendidikan dengan baik di sekolah.

Jangan lupa juga untuk menikmati waktu remaja kamu dengan bermain dan menghabiskan waktu bersama teman ataupun keluarga.

Menyempatkan waktu untuk sesekali beristirahat dan bersantai juga dibutuhkan agar kamu tidak mengalami burnout, stres, serta bisa mengembalikan energi dan juga semangat untuk kembali fokus mengejar impian kamu menjadi siswa berprestasi.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kamu praktikkan untuk menjadi seorang siswa berprestasi di sekolah dan membuat kedua orang tua kamu bangga.

Agar kamu bisa semakin termotivasi untuk menjadi siswa berprestasi di sekolah, kamu bisa membaca buku Siswa di Atas Garis: 7 Rahasia Menjadi Pelajar Sukses yang ditulis oleh Sabam Sopian Silaban.

Berbagai kiat dan strategi efektif yang dipaparkan di dalam buku ini ditulis berdasarkan pengalaman pribadi dari Sabam Sopian sebagai seorang pengajar dan juga motivator pendidikan.

Selain membagikan strategi yang langsung bisa kamu aplikasikan untuk menjadi siswa berprestasi di sekolah, buku ini juga akan memberikan kamu inspirasi untuk tidak takut bermimpi dengan setinggi-tingginya.

Menurut penulis, kemiskinan atau kekayaan orang tua bukanlah suatu penghalang atau alasan bagi kamu untuk berhenti belajar dan tidak berusaha menggapai impian.

Buku ini akan membantu kamu untuk bisa menetapkan target belajar, mengenali gaya belajar yang tepat sesuai dengan karakter kamu, mempermudah pemahaman saat belajar dengan metode peta pikiran, serta mendorong kamu untuk bisa mengukir prestasi terbaik.

Kamu bisa mendapatkan buku Siswa di Atas Garis: 7 Rahasia Menjadi Pelajar Sukses ini dengan mudah melalui online di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, langsung klik di sini untuk ambil vouchernya!

Dapatkan Diskonnya! Dapatkan Diskonnya!

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com