Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tertarik Mempelajari Politik dan Pemilu di Indonesia? Ini Rekomendasi Buku Mengenai Partai Politik yang Bisa Kamu Baca

Kompas.com - 24/02/2022, 10:00 WIB
Sumber Gambar: Freepik.com
Rujukan artikel ini:
Partai Politik&Pemilu Serentak 2019 Kandidasi&Koalisi
Pengarang: Aisyah Putri Budiatri, Dkk
Penulis Okky Olivia
|
Editor Almira Rahma Natasya

Partai politik merupakan sebuah organisasi yang berisikan banyak orang, yang akan bersaing dalam pemilihan umum.

Beberapa anggota yang tergabung dalam sebuah partai politik biasanya memiliki pengetahuan yang mendalam mengenai partai politik, yang nantinya bertujuan untuk mempromosikan kebijakan mereka kepada masyarakat luas.

Di Indonesia, partai politik berada pada posisi yang cukup penting karena setiap anggotanya yang terpilih dalam pemilihan umum, akan memegang kendali kursi parlemen dan membantu mengatur setiap undang-undang yang ada di negara ini.

Oleh karena itu, banyak orang yang tertarik untuk bergabung dengan partai politik demi mendapatkan kekuasaan dan bisa ikut berkontribusi kepada masyarakat secara tidak langsung.

Berikut ini ada beberapa rekomendasi buku mengenai partai politik, pemilu, dan tata negara yang sangat menarik untuk kamu baca.

Rekomendasi Buku Mengenai Partai Politik

1. Partai Politik & Pemilu Serentak 2019 Kandidasi & Koalisi - Aisah Putri Budriati

Pada Pemilu tahun 2019, Indonesia menyelenggarakan pemilihan umum secara serentak untuk pertama kalinya, mulai dari pemilihan partai politik, anggota legislatif, Presiden dan Wakil Presiden, semuanya diselenggarakan dalam satu hari yang sama.

Hampir semua partai politik sudah mempersiapkan kandidat terbaiknya untuk bertarung pada pemilu legislatif dan pemilu presiden.

Pemilihan kandidat ini juga melewati berbagai proses seleksi atau biasa disebut kandidasi.

Buku ini akan membahas panjang lebar mengenai kandidasi dan koalisi yang dilakukan oleh banyak partai politik pada Pemilu 2019, misalnya mengenai sistem pemilu serentak, syarat pemilihan legislatif, syarat koalisi antar partai, dan masih banyak lagi.

2. Partai Politik dan Sistem Pemilihan Umum di Indonesia – Muhadam Labolo

Sistem politik di Indonesia memiliki ideologi yang berbeda, dan semuanya memiliki kelebihan maupun kelemahannya masing-masing, tapi sebenarnya yang paling penting dalam partai politik adalah sejauh mana instrumen ini bisa memberikan kesejahteraan bagi rakyatnya.

Tidak seperti Cina yang menganut sistem politik totaliter dan Malaysia yang mengatur sistem politik otoriter, Indonesia masih menjadi negara yang memegang teguh sistem politik demokrasi sejak beberapa tahun yang lalu.

Selain membahas mengenai sistem politik, buku ini juga akan membahas sistem pemilihan umum yang ada di Indonesia dan mekanisme apa yang harus dilakukan oleh setiap partai politik yang berhasil terpilih untuk menjadi bagian dari anggota legislatif.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Selain itu, buku ini juga akan membahas mengenai perkembangan partai politik dari masa ke masa, dan seperti apa masa depan partai politik di Indonesia.

3. Faksi dan Konflik Internal Partai Politik di Indonesia Era Reformasi – Aisah Putri Budriati, dkk

Pada era reformasi ini, partai politik di Indonesia sering sekali mengalami konflik internal yang berujung pada perpecahan, padahal setiap partai politik ini punya pengaruh yang kuat di parlemen sehingga sedikit membuat kenyamanan negara terganggu.

Hal yang menjadi tanda tanya adalah mengapa konflik internal di partai politik ini masih sering terjadi, padahal sejak tahun 2002 sudah ada Undang-Undang yang mengatur mengenai manajemen konflik partai ini, yang harusnya bisa dijadikan sebagai pedoman untuk memperbaiki keadaan.

Melalui buku ini, pembaca akan dijelaskan apa saja dampak yang akan ditimbulkan jika terjadi perpecahan partai politik dan apa hal-hal yang sebenarnya bisa menimbulkan munculnya konflik internal di dalam parlemen legislatif.

4. Gagasan Pembubaran Partai Politik Korup di Indonesia – Erlanda Juliansyah

Setiap partai politik pada dasarnya hidup dan dihidupi oleh masyarakat, tapi sayangnya masih banyak partai politik yang belum bisa menjadi cermin yang baik bagi masyarakat karena terbukti melakukan tindakan korupsi.

Walaupun begitu, belum pernah ada sejarahnya partai politik di Indonesia yang dibubarkan karena terbukti korupsi, padahal praktek korupsi yang terus dilegalkan ini akan merusak proses demokrasi di Indonesia yang sudah berjalan berpuluh-puluh tahun.

Melalui buku ini, penulis akan memberikan gagasan mengenai pembubaran partai politik yang anggotanya terjaring kasus korupsi, dan apa saja yang bisa dijadikan tuntutan untuk memberatkannya dalam persidangan nanti.

Buku ini sangat cocok untuk dibaca oleh berbagai kalangan terutama bagi kamu yang tertarik dengan demokrasi dan ketatanegaraan politik di Indonesia.

Itulah beberapa rekomendasi buku mengenai partai politik yang ada di Indonesia.

Jika kamu tertarik untuk mendalami pengetahuan mengenai politik, tata negara, dan partai politik, kamu bisa mendapatkan buku-buku ini melalui Gramedia.com, atau kamu juga bisa membeli versi e-booknya melalui Gramedia Digital.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, borong semua buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

Dapatkan Diskonnya! Dapatkan Diskonnya!

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com