Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak Pengertian Planet, Nama, dan Posisinya di Tata Surya Berikut Ini

Kompas.com - 24/02/2022, 11:00 WIB
Sumber Gambar: Pexels.com
Rujukan artikel ini:
Kosmos: Aneka Ragam Dunia
Pengarang: Ann Druyan
|
Editor Novia Putri Anindhita

Bumi merupakan salah satu planet dalam sistem tata surya yang dihuni makhluk hidup.

Begitu luas ukuran tata surya sehingga mampu menampung banyak sekali planet-planet lainnya.

Alam semesta seakan menyimpan begitu banyak rahasia yang tidak mampu dipahami oleh manusia, sehingga masih banyak misteri dan pertanyaan yang menggantung seputar keberadaan tata surya dan planet-planet yang ada di dalamnya.

Tata surya sendiri tidak hanya berisi planet saja, tapi terdapat pula benda-benda luar angkasa, seperti komet, asteroid, dan meteor yang tidak jarang menghantam permukaan bumi.

Tidak hanya itu, tata surya juga memiliki satelit-satelit, seperti bulan yang memiliki peranan penting dalam kelangsungan berbagai makhluk hidup yang menempati bumi.

Namun, tahukah kamu, apa pengertian dari planet itu sendiri beserta nama dan posisinya di tata surya? Penting sekali rasanya untuk bisa mengetahui sedikit tentang informasi ini agar kita bisa lebih menghargai alam semesta.

Daripada bingung dan bertanya-tanya, simak pengertian planet beserta nama dan posisinya di tata surya berikut ini yang akan menambah ilmu dan wawasan baru untuk kamu pahami.

Pengertian Planet

Menurut Wikipedia, planet atau bintang siarah adalah benda astronomi yang mengorbit sebuah bintang yang cukup besar untuk mempunyai gravitasi sendiri.

Benda langit yang dapat dikategorikan sebagai sebuah planet harus memiliki tiga kriteria, yaitu planet harus mengorbit sebuah bintang, planet harus memiliki ukuran yang cukup besar agar gravitasinya bisa membentuknya menjadi bulat, dan ukuran planet harus cukup besar agar gravitasinya mampu membersihkan objek lain di sekitar matahari.

Sehingga bisa disimpulkan, planet merupakan benda langit yang mengorbit dan memutari matahari yang memiliki massa yang cukup untuk membentuk gaya gravitasi.

Istilah planet sendiri berasal dari bahasa Yunani, yaitu “Planetai” yang memiliki arti pengembara, di mana planet beredar memutari matahari, yang dapat disimpulkan planet memiliki posisi yang tidak konstan.

Sebuah planet juga biasanya memiliki satelit alami yang mengelilinginya, contohnya seperti bulan yang merupakan satelit dari bumi yang beredar bersama-sama mengelilingi matahari.

Nama dan Posisi Planet di Tata Surya

1. Merkurius

Planet yang memiliki jarak terdekat dengan Matahari adalah Merkurius yang berjarak sekitar 58 juta kilometer dengan diameter planet sekitar 4.800 Km yang memiliki ciri utama tidak mempunyai cincin di sekitar planetnya.

2. Venus

Venus merupakan planet kedua yang memiliki jarak terdekat dengan matahari, yakni sekitar 108 juta km dengan diameter planet sebesar 12.092 km yang ciri utamanya adalah permukaan planetnya berbatu, sama seperti bumi.

3. Bumi

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Planet ketiga yang memiliki jarak terdekat dengan Matahari adalah planet tempat di mana kita tinggal, yaitu Bumi, yang mempunyai jarak sekitar 150 juta km dengan Matahari dengan diameter sebesar sekitar 12.750 km.

4. Mars

Mars atau yang kerap disebut sebagai Planet Merah adalah planet selanjutnya yang mempunyai jarak terdekat dengan Matahari, yakni sekitar 228 juta km dan mempunyai diameter sebesar 6.779 km dengan tampilan planet yang berwarna kemerah-merahan.

5. Jupiter

Di posisi kelima ada Jupiter yang menjadi planet paling besar di Tata Surya yang mempunyai jarak dengan Matahari sejauh 778 juta km dan memiliki diameter planet sebesar sekitar 143.000 km serta untuk bisa mengelilingi Matahari, Jupiter memerlukan waktu selama 12 tahun lamanya.

6. Saturnus

Saturnus adalah planet terbesar kedua di Tata Surya setelah Jupiter dengan ukuran diameter sebesar sekitar 120.000 km dan memiliki jarak dengan Matahari sejauh sekitar 1.400 km dengan ciri khas yang mencolok, yakni cincin yang mengitari planetnya yang terdiri dari debu dan benda angkasa lainnya.

7. Uranus

Planet Uranus mempunyai jarak sekitar 2.800 juta km dengan Matahari dan memiliki ukuran diameter sekitar 50.000 km serta memiliki warna permukaan yang tampak hijau kebiruan.

8. Neptunus

Di urutan terakhir ada Neptunus yang berjarak sejauh sekitar 4.400 juta km dengan Matahari dan mempunyai diameter sebesar sekitar 48.500 km dengan memiliki suhu rata-rata minus 223 derajat celcius.

Pengertian planet, nama, dan letaknya ini bisa menjadi sumber informasi yang mungkin bisa bermanfaat, tapi jika kamu ingin tahu lebih lanjut soal Tata Surya dan Alam Semesta, buku berikut ini akan sangat cocok untuk dinikmati.

Buku Kosmos: Aneka Ragam Dunia yang ditulis oleh Ann Druyan bisa menjadi bahan bacaan yang akan memuaskan rasa penasaran kamu akan beberapa keajaiban alam semesta yang mungkin belum banyak diketahui oleh banyak orang.

Ann Druyan mampu memberikan informasi dan gambaran yang menakjubkan seputar tata surya, alam semesta, dan masa depan yang dia prediksikan sesuai dengan fakta dan data ilmiah yang ada saat ini.

Tidak hanya berisi uraian, buku ini pun dilengkapi dengan beberapa foto berwarna yang tampak indah, mengagumkan, dan menarik yang akan semakin membuat pembaca awam sekali pun akan betah untuk membacanya.

Buku Kosmos: Aneka Ragam Dunia bisa kamu beli dan dapatkan di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, borong semua buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com