Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rekomendasi 5 Buku Cerita Pendek Seram yang Bisa Buat Bulu Kuduk Merinding

Kompas.com - 10/02/2022, 16:00 WIB
Sumber Foto: Pexels.com
Rujukan artikel ini:
Kumpulan Budak Setan
Pengarang: Eka Kurniawan, Dkk.
|
Editor Almira Rahma Natasya

Buku dapat menyajikan berbagai sajian bacaan yang mampu menghibur dan menghipnotis pembacanya untuk ikut larut dalam jalinan cerita, yang akan memberikan pengalaman menarik selama proses membaca.

Berbagai jenis genre seperti romance, science-fiction, fantasy, thriller, misteri, hingga horor adalah beberapa pilihan bacaan yang dapat dinikmati dalam bentuk fiksi, sehingga meskipun hanya rekaan penulis, tapi isinya mampu membawa kita ke dunia imajinasi yang membuai.

Selain untuk mencari penghiburan, membaca buku juga bisa memberikan pengalaman lain yang tidak kalah menarik, seperti memacu adrenalin dan keberanian melalui cerita horor yang biasanya melibatkan sosok-sosok makhluk astral di setiap kisahnya.

Cerita horor memang tidak pernah gagal dalam memuaskan hasrat para penikmatnya yang mencari sosok, kejadian, hingga atmosfer yang menyeramkan untuk bisa ikut dirasakan melalui rangkaian kata dan kalimat yang dipersatukan.

Tidak kalah menarik dengan novel, cerita pendek seram pun masih mampu memberikan sensasi horor yang akan membuat bulu kuduk pembaca menjadi merinding dibuatnya.

Namun, buku cerita pendek seram apa saja yang seru dan memikat untuk dibaca? Cari tahu jawabannya lewat lima rekomendasi buku cerita pendek seram yang bikin bulu kuduk merinding berikut ini.

Rekomendasi 5 Buku Cerita Pendek Seram

1. Lewat Tengah Malam – Ganjil

Kumpulan cerita pendek misteri yang ditulis oleh Sweta Kartika ini berisi lima cerpen yang masing-masing ceritanya mampu menghadirkan kengerian yang berbeda-beda, sesuai dengan gaya bercerita Sweta yang kerap menyusupkan ilustrasi dalam setiap cerita yang ada.

Di sini, kamu akan banyak menemukan cerita horor berbalut keserakahan manusia akan harta dan kekuasaan, di mana biasanya mereka akan menghalalkan segala cara untuk mendapatkan itu semua secara instan, salah satunya adalah dengan cara pesugihan.

2. Kumpulan Budak Setan

Kumpulan Budak Setan merupakan sebuah kompilasi buku cerpen yang ditulis oleh Eka Kurniawan, Intan Paramaditha, dan Ugoran Prasad.

Berisi 12 cerpen dengan tema-tema khas dari Abdullah Harahap, seperti pembunuhan, balas dendam, hingga ‘bergaul’ dengan unsur-unsur berupa objek gaib, setan, arwah penasaran, dan manusia jadi-jadian.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Kumpulan Budak Setan juga memiliki sentuhan sosial dan moral yang dikemas secara sederhana, tapi sarat akan makna yang mendalam dengan kesan yang berbeda-beda di setiap cerita pendek yang ada.

3. Korean Horror Stories II: Kunjungan Hantu

Sesuai dengan judul bukunya, kisah-kisah horor yang disajikan dalam buku ini berasal dari Negeri Ginseng, Korea, yang ditulis berdasarkan kisah nyata, baik yang dialami langsung oleh penulis maupun orang lain yang diceritakan kembali, sehingga efek merinding dari setiap ceritanya mampu tersampaikan dengan baik kepada pembaca.

Terdapat 32 cerita horor dengan kisah-kisah yang beragam namun memiliki tingkat seram yang hampir setara, seperti jenazah di kamar gas pelatihan tentara, hantu di kamar mandi, hantu perempuan di kolam renang, dendam hantu kucing, surel horor, dan masih banyak lagi cerita-cerita lainnya.

4. Merinding

Buku yang ditulis oleh Tuti Kasih ini berisikan kisah-kisah di luar logika yang diceritakan ulang oleh penulis berdasarkan kisah nyata yang pernah ia dengar, kemudian dikumpulkan dan dirangkum untuk ditulis di dalam buku ini.

Kisah-kisah yang ditulis mempunyai keragaman tema yang akan membuat bulu kuduk merinding, sama seperti judul bukunya, di antaranya adalah pernikahan dunia gaib, bayi yang lahir dalam kubur, gambar dewa yang murka, arwah yang menagih janji, serta kisah-kisah lainnya yang tak kalah seram dan membuat merinding.

5. Sihir Perempuan

Tidak hanya berkontribusi dalam Kumpulan Budak Setan, Intan Paramaditha juga menulis buku cerpen horornya sendiri dalam Sihir Perempuan yang berisi kumpulan dongeng tentang perempuan-perempuan yang tidak patuh dan terdiri dari 11 cerita pendek.

Intan banyak mengeksplorasi seputar horor, mitos, dan feminis dari cerita-cerita lama yang semuanya melibatkan perempuan di dalamnya, sehingga banyak cerita seram menarik yang akan memberikan sensasi dan pengalaman horor baru saat menikmati buku ini sendirian.

Kelima buku cerita pendek seram ini bisa menjadi teman yang cocok untuk menemani malam Jumat kamu supaya tidak berjalan membosankan, tapi tertantang dengan adrenalin yang ditawarkan.

Kelima buku ini bisa kamu beli dan dapatkan di Gramedia.com dan selamat bertualang bersama kisah-kisah horor yang menyeramkan.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, borong semua buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

Dapatkan Diskonnya! Dapatkan Diskonnya!

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com