Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu MLM dan Apa Saja Contoh Bisnisnya? Simak Penjelasan Lengkapnya Berikut Ini

Kompas.com - 03/02/2022, 17:00 WIB
Sumber Foto: Freepik.com
Rujukan artikel ini:
Success Guaranteed - Garansi Sukses…
Pengarang: Mlm Leaders
Penulis Okky Olivia
|
Editor Novia Putri Anindhita

Industri bisnis saat ini terus mengalami perkembangan dengan munculnya berbagai jenis bisnis baru yang ternyata bisa menarik perhatian masyarakat.

Apalagi ditambah dengan perkembangan teknologi yang semakin membuat masyarakat semakin mudah untuk berbisnis.

Salah satu jenis bisnis yang terus mengalami perkembangan dan semakin diminati masyarakat adalah bisnis MLM.

Tapi sayangnya, bisnis MLM juga masih dianggap sebagai bisnis yang negatif bagi sebagian orang karena mereka berpendapat kalau bisnis ini suka menipu para pengikutnya, ditambah lagi semakin banyaknya oknum yang tidak bertanggung jawab dan menggunakan MLM sebagai bisnis untuk menipu masyarakat.

Padahal sebenarnya, masih banyak sekali tempat bisnis MLM yang terpercaya dan bisa memberikan keuntungan yang besar jika kamu serius menjalaninya.

Sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan bisnis MLM?

Multi-Level Marketing atau biasa disebut MLM adalah sebuah strategi bisnis atau pemasaran yang sistemnya berantai, di mana tenaga penjual atau sales ini tidak hanya mendapat keuntungan dari penjualan yang ia hasilkan, tapi juga akan mendapatkan keuntungan tambahan jika berhasil merekrut orang lain untuk ikut menjadi sales.

MLM ini juga bisa disebut sebagai sebuah konsep pemasaran yang memberikan kesempatan kepada konsumen atau pelanggan untuk bisa ikut terlibat dalam penjualan sehingga bisa mendapatkan keuntungan dari bisnis ini.

Semakin banyak orang yang berhasil direkrut, maka jangkauan bisnisnya juga akan semakin luas.

Bahkan jika omzet perusahaan berhasil mendapatkan keuntungan yang maksimal, perusahaan juga akan memberikan komisi tambahan kepada para sales.

Dari penjelasan di atas sebenarnya kamu sudah bisa mengetahui bagaimana sistem bisnis MLM ini berjalan, karena kamu hanya tinggal menjual produk sekaligus mengajak sebanyak mungkin orang untuk bergabung supaya kamu mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

Contoh Bisnis MLM

1. Oriflame

Oriflame ini merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang kosmetik, yang berasal dari Swedia dan sudah lama berdiri sejak puluhan tahun lalu.

Saat ini, Oriflame menjadi salah satu bisnis yang melakukan pemasaran produknya dengan menggunakan sistem MLM karena dinilai bisa lebih memberikan keuntungan yang signifikan.

Keuntungan yang besar ini didapatkan dari nama produk yang memang sudah terkenal, sekaligus juga karena kinerja para sales-nya yang sangat baik dalam mempromosikan produk.

Selain itu, mereka mengklaim bahwa seluruh produknya menggunakan bahan-bahan alami sehingga aman digunakan.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Ide pemasaran ini juga membuat bisnis MLM yang satu ini semakin laris manis di pasaran.

2. Herbalife Nutrition

Jenis bisnis yang satu ini bergerak dalam bidang nutrisi dan weight management yang menjual berbagai macam suplemen kesehatan dan berbagai produk perawatan kulit.

Dengan semakin banyaknya program diet dan program pengenalan pola hidup sehat, bisnis Herbalife Nutrition ini pun sempat booming di Indonesia karena mereka menawarkan berbagai produk yang diklaim bisa membantu diet dan membantu menjaga pola hidup agar tetap sehat serta bugar setiap saat.

3. Tupperware

Bisnis MLM yang satu ini masih menjadi salah satu bisnis yang laris manis di pasaran.

Selain karena nama brand-nya yang sudah terkenal, sistem penjualannya juga ternyata sangat memberikan keuntungan bagi para konsumen.

Jika ada konsumen yang mendaftar menjadi member, pihak perusahaan atau sales Tupperware ini tidak segan-segan untuk memberikan potongan harga yang besar setiap kamu membeli produknya.

Di Indonesia sendiri, brand Tupperware masih menjadi brand favorit terutama bagi para ibu rumah tangga.

Walaupun harga satuannya masih tergolong mahal, tapi itu sebanding dengan kualitas bahannya yang terbukti bagus dan tidak mudah rusak.

Untuk lebih memahami lagi bagaimana dunia MLM yang sesungguhnya, kamu bisa mencoba untuk membaca buku Success Guaranteed - Garansi Sukses di Bisnis MLM yang ditulis oleh MLM Leaders.

Menurut buku ini, semua orang yang sudah sukses berbisnis MLM sebenarnya memiliki cara kerja yang sama, sehingga mereka juga bisa menemukan berbagai macam kegagalan yang sama.

Buku ini akan memberikan kamu pengetahuan baru mengenai 50 pola kegagalan yang nantinya bisa menjegal bisnis MLM yang sedang kamu jalani.

Oleh karena itu, kamu harus mempelajari cara-cara untuk menghindarinya melalui buku ini.

Buku ini akan memudahkan kamu dalam menghemat waktu, tenaga, dan modal yang akan kamu gunakan dalam bisnis MLM, kamu juga akan mendapatkan peluang besar untuk memperoleh keuntungan.

Untuk mendapatkan buku ini, kamu bisa membelinya melalui Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com