Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Perjalanan Hidup Arsitek Alex Santoso dan Iman yang Menguatkan

Kompas.com - 29/01/2022, 08:00 WIB
Dok : Gramedia
Rujukan artikel ini:
Mukjizat Hidup Beriman
Pengarang: Alex Santoso
|
Editor Ratih Widiastuty

Peluncuran Buku Bertema Perjuangan Bangkit Dari Keterpurukan

Jakarta, 22 Januari 2022Setiap orang memiliki kisah perjuangan bangkit dari keterpurukan, mengalami mukjizat dan kehadiran Tuhan dalam hidup. Ketika diceritakan kembali, pengalaman tersebut seringkali dapat menjadi cerita penggugah semangat bagi orang lain.

Kisah inilah yang kemudian dituangkan Alex Santoso lewat buku berjudul Mukjizat Hidup Beriman, yang resmi diluncurkan oleh penerbit Gramedia Pustaka Utama secara daring pada Sabtu (22/1).

“Jalan iman kerap menjadi jalur yang paling jarang dilalui dalam perjalanan mengatasi masalah kehidupan. Iman seharusnya mengawali segala sesuatu, tetapi sering kali menjadi pilihan terakhir ketika semua upaya gagal,” tulis Alex dalam bukunya.

“Berbagi cerita tentang pengalaman ini melalui tulisan akan menjangkau luas sesama dan mudah diingat untuk diceritakan kembali. Ini ibarat kita memantik korek api untuk menyalakan lilin di tengah kegelapan. Kemudian lilin-lilin lain ikut menyala bersamanya.”

Dalam bukunya, Alex merunut kembali berbagai peristiwa yang terjadi dalam hidupnya. Mulai dari karier sebagai arsitek, kehidupan berkeluarga, pertemuan dengan komunitas yang mengubah hidupnya, periode kegagalan berat yang menimpa, usaha untuk bisa bangkit kembali dari keterpurukan, hingga pengalaman hidup beriman yang ia temukan di sepanjang perjalanan.

Pengalamannya tersebut kemudian ditelaah menggunakan berbagai pemikiran ilmiah yang ia pelajari, dipadukan dengan ayat-ayat Alkitab, dasar iman yang menjadi sumber kekuatannya berjuang. Walaupun terasa solid, tetapi Alex juga menyadari bahwa tulisannya ini bukan seperti peta penunjuk jalan yang bisa diikuti semua orang.

“Cerita tentang Tuhan dan keimanan tidak bisa dibahas dan dipahami seperti sebuah pengetahuan, tetapi harus dikenal dan dialami. Beriman haruslah dialami dan disadari oleh diri sendiri,” tutur Alex, “Seperti ungkapan: Ada banyak jalan ke Roma.

Setiap orang akan menemukan sendiri cara, dalam waktunya masing-masing, kebijaksanaan, kesadaran, keimanan, dan Tuhannya.”

Buku Mukjizat Hidup Beriman saat ini sudah bisa didapatkan di berbagai toko buku dan toko buku online. Istimewa pada hari peluncurannya, buku ini mendapatkan apresiasi dari para tokoh lintas agama, di antaranya Penulis dan Dosen Porat Antonius, Pendakwah Dicky Zaenal Arifin, Pendeta Dr. Ir. Yonathan Wiryohadi, Motivator Victor Asih, serta Romo Diosesan St. Ferry Sutrisna Wijaya Pr.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Profil Penulis



Alex Santoso dilahirkan di Bandung pada tahun 1965. Menempuh pendidikan formal di Universitas Katolik Parahyangan Bandung, Fakultas Teknik Jurusan Arsitektur. Lulus pada tahun 1990. Sejak tahun 1988–1993 bekerja di perusahaan kontraktor baja di Bandung.

Kemudian mendirikan studio Arsitektur Wastu Cipta Parama di Bandung, sejak Mei tahun 1993 sampai sekarang. Aktivitas menulisnya berawal dari hobi petualangannya di masa SMA dan Kuliah.

Menuliskan cerita-cerita perjalanan dan diterbitkan oleh Tabloid dari Grup Suara Pembaruan, majalah MODE dalam empat edisi bersambung, kemudian majalah MATRA.

Selain itu, menuliskan narasi untuk menjelaskan konsep-konsep arsitektur dari karya-karya arsitekturnya yang dipublikasikan, baik dalam media cetak seperti majalah, buku, ataupun program televisi.


Sejak didirikan pada tahun 1974, Gramedia Pustaka Utama telah menjadi salah satu penerbit terkemuka di Indonesia; rumah bagi banyak buku dan penulis pemenang penghargaan selama lebih dari 40 tahun.

Dengan fokus terbitan pada buku-buku fiksi, nonfiksi, buku anak-anak, dan buku masak, jumlah buku yang diterbitkan Gramedia Pustaka Utama telah mencapai lebih dari 1.500 judul per tahun, dan banyak di antaranya berhasil menjadi bestseller serta menerima penghargaan nasional dan internasional.

Saat ini, dengan lebih dari 30 ribu judul buku yang dimiliki serta jalinan kerja sama dengan lebih dari 200 penerbit asing terkemuka dari seluruh dunia, Gramedia Pustaka Utama telah berhasil mengukuhkan posisi sebagai salah satu penerbit buku terbaik di Indonesia.

Buku ini bisa kamu dapatkan di Gramedia.com. Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, borong semua buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com