Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buku Puisi Hujan Bulan Juni Karya Sapardi Djoko Damono Terbit di Rusia

Kompas.com - 28/01/2022, 15:20 WIB
Dok : Gramedia
Rujukan artikel ini:
Hujan Bulan Juni - Sepilihan…
Pengarang: Sapardi Djoko Damono
|
Editor Ratih Widiastuty

Buku Terbitan Gramedia Pustaka Utama Yang Pertama Kali Terbit Dalam Bahasa Rusia

Jakarta, 27 Januari 2022Karya sastra terbaik Indonesia kembali mewarnai pasar perbukuan dunia. Mulai 17 Januari 2022, buku puisi Hujan Bulan Juni karya penyair Sapardi Djoko Damono telah dapat dinikmati oleh pembaca Rusia. Buku ini diterbitkan di Rusia oleh Penerbit Vodolei dengan judul дождь в июне. Penerjemahan diprakarsai oleh Oksana Kotkina, warga Rusia yang memiliki kecintaan terhadap bahasa dan karya sastra Indonesia.

"Vodolei tertarik untuk memperkenalkan sastra Indonesia terutama puisi-puisi karya Sapardi Djoko Damono kepada pembaca di Rusia," kata Wedha Stratesti, Foreign Rights Manager Gramedia International, representatif resmi buku-buku terbitan Gramedia untuk pasar luar negeri. “Proses penerbitan buku ini yang sangat komunikatif dan penuh antusiasme, membuat kami optimistis buku ini akan diterima dengan baik di Rusia.”

Sajak-sajak dan esai Sapardi Djoko Damono saat ini telah diterjemahkan ke dalam belasan bahasa, termasuk bahasa Inggris, Jerman, Prancis, Belanda, Arab, Jepang, Cina, Jawa, Bali, Italia, Portugis, Korea, Tagalog, Thai, Malayalam, Rusia, serta Urdu. Untuk kumpulan puisi Hujan Bulan Juni sendiri terakhir diterbitkan dalam bahasa Mandarin pada 2017 lalu.

Kebahagiaan juga turut diungkapkan oleh Mirna Yulistianti, Editor bidang Sastra Gramedia Pustaka Utama, “Banyak jalan menuju penerjemahan karya sastra Indonesia ke bahasa asing. Dalam konteks ini, Hujan Bulan Juni telah membawa nama Indonesia ke negara-negara yang lebih luas. Sebelumnya Hujan Bulan Juni telah terbit dalam bahasa Jepang, Arab, dan Mandarin, berikutnya akan terbit dalam bahasa Thailand dan Serbia.”

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

“Ini pertama kali buku Gramedia Pustaka Utama terbit dalam bahasa Rusia melalui Gramedia Internasional. Sebuah pencapaian yang sangat layak diapresiasi. Jika selama ini penerjemahan kebanyakan ke bahasa Inggris, Prancis, dan Jerman, maka sudah saatnya pintu-pintu terjemahan ke bahasa lain kita buka,” lanjutnya.

Hujan Bulan Juni terbitan Rusia memiliki desain sampul yang kental nuansa Indonesia dengan menampilkan lukisan dua kepala wayang. Buku ini juga semakin terasa spesial, karena menghadirkan beberapa ilustrasi karya Sapardi Djoko Damono di antara puisi-puisinya.

Profil Penyair


Sapardi Djoko Damono lahir di Solo tanggal 20 Maret 1940 dan wafat di Tangerang Selatan pada 19 Juli 2020. Sapardi telah menerbitkan lebih dari 50 buku berbagai jenis: puisi, cerpen, dan teori sastra, dan telaah budaya – karya asli maupun terjemahan. Buku puisi pertama yang berjudul duka-Mu abadi (1969) diterbitkan oleh sahabatnya, Jeihan Sukmantoro; sesudah itu berturut-turut yang terbit dua buku, Mata Pisau dan Akuarium (1974) oleh sebuah penerbit indie, Puisi Indonesia. Kumpulan puisi Hujan Bulan Juni, Melipat Jarak, Perahu Kertas, Sihir Hujan, Ayat-ayat Api, Namaku Sita, Sutradara itu Menghapus Dialog Kita, Kolam, Perihal Gendis dan mBoel terbit berturut-turut sampai tahun 2020.

Sapardi juga telah menerbitkan dua trilogi novel, Trilogi Soekram dan Hujan Bulan Juni, dan dua novel, Suti dan Segi Tiga di samping beberapa buku cerpen antara lain Sepasang Sepatu Tua dan Menghardik Gerimis. Sejak tahun 1968 ia menerbitkan beberapa buku esai dan buku teori sastra antara lain Sosiologi Sastra, Tirani Demokrasi, dan Ideologi, Politik, dan Sastra Hibrida, serta Sihir Rendra: Permainan Makna. Ia pernah menjadi koresponden sebuah jurnal ilmiah terbitan SOAS, London, dan menjabat sebagai dekan FIB-UI.

Kegiatannya itu telah memberinya penghargaan, antara lain Life-time Achiement Awards dari Freedom Institute (2013), Akademi Jakarta (2012), Majlis Sastera Asia Tenggara (2014), The Habibie Center (2016), dan Ubud Writers and Readers Festival (2018).

Semua buku karyanya bisa didapatkan di Gramedia.com. Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, borong semua buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com