Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cara Menjadi Orang yang Jujur agar Kamu Disukai oleh Banyak Orang

Kompas.com - 30/01/2022, 18:00 WIB
Sumber Foto: Freepik.com
Rujukan artikel ini:
Berani Tidak Disukai
Pengarang: Ichiro Kishimi dan Fumitake…
|
Editor Ratih Widiastuty

Kejujuran merupakan salah satu sifat atau kepribadian yang penting untuk dimiliki oleh setiap orang dalam membentuk sebuah relasi dan hubungan dengan orang lain.

Dengan memiliki sikap yang jujur, orang lain akan mudah memberikan kepercayaan kepada kamu yang nantinya juga bisa berdampak terhadap makin eratnya hubungan di antara kalian.

Sayangnya, dalam mengembangkan sikap jujur ini terkadang tidak selalu mudah untuk dilakukan.

Berikut adalah cara menjadi orang yang jujur yang bisa kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

4 Cara Menjadi Orang yang Jujur

1. Jujur Kepada Diri Sendiri

Sebelum berkata jujur kepada orang lain, kamu harus belajar untuk bersikap jujur kepada diri kamu sendiri terlebih dahulu.

Kenali diri kamu dengan lebih dalam dan berusahalah untuk menerima diri sendiri dengan apa adanya.

Kamu bisa memulai dengan mengajukan beberapa pertanyaan, seperti apa yang kamu rasakan saat ini?

Apa hal yang bisa membuat kamu bahagia, dan sebaliknya, apa hal yang bisa membuat kamu kesal?

Dengan berlatih untuk bersikap jujur kepada diri sendiri, maka akan lebih mudah bagi kamu nantinya untuk bersikap jujur kepada orang lain juga.

2. Memahami Alasan Sebenarnya yang Membuat Kamu Ingin Berbohong

Biasanya tanpa kamu sadari ada maksud lain yang membuat kamu ingin berbohong, seperti menghindari masalah, tidak ingin mengakui perbuatan yang telah kamu lakukan karena malu, dan lain-lain.

Kamu perlu mencari tahu alasan ini untuk bisa mengatasinya.

Karena jika tidak, sekali kamu mengatakan kebohongan maka kamu akan terus berbohong untuk menutupi kebohongan sebelumnya dan seterusnya begitu.

Sebelum kebohongan yang kamu ucapkan semakin runyam, akan lebih baik jika kamu berusaha untuk mengatasi alasan sebenarnya yang membuat kamu ingin berbohong.

Untuk bisa melakukan hal ini, kamu perlu menguasai terlebih dahulu langkah sebelumnya, yaitu jujur kepada diri sendiri.

3. Menjadi Diri Sendiri

Jika alasan yang membuat kamu ingin berbohong adalah karena ingin terlihat baik di hadapan orang lain, maka sadarilah bahwa cara yang kamu gunakan bukanlah hal yang benar.

Kamu tidak perlu membuat orang lain terkesan dengan sebuah kebohongan.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Jadilah diri kamu sendiri, karena orang yang tepat akan menerima dan menghargai diri kamu apa adanya.

Justru jika kamu berbohong dan kebohonganmu suatu saat terbongkar, kemungkinan besar adalah kamu akan semakin dijauhi oleh orang-orang dan mendapat cap yang buruk sebagai seorang pembohong.

Oleh karena itu, bersikaplah jujur dan jadilah diri kamu sendiri saat berteman atau berhubungan dengan orang lain.

4. Mengakui Kesalahan yang Diperbuat

Jika alasan yang membuat kamu ingin berbohong adalah karena malu mengakui kesalahan yang telah kamu perbuat, maka kamu perlu memiliki kebesaran hati untuk memaafkan diri kamu sendiri dan mau mengakui serta bertanggung jawab atas hal yang telah kamu lakukan.

Memang ini bukanlah hal yang mudah untuk dipraktikkan, namun percayalah, jika kamu mau mengakui kesalahan yang kamu lakukan, kamu bisa menyelesaikan masalah tersebut dengan lebih cepat dibandingkan jika kamu terus menutupinya dengan kebohongan.

Kamu juga akan merasakan perasaan lega dan nyaman karena tidak perlu bersembunyi di balik kebohongan.

Orang lain yang terlibat pun tentunya akan lebih menghargai kejujuran kamu dan jadi lebih mudah untuk memahami serta memaafkan kesalahan yang telah kamu lakukan.

Kamu tidak perlu menyalahkan diri sendiri secara berlebihan, karena membuat kesalahan merupakah hal yang manusiawi dan pasti pernah dialami oleh setiap orang.

Nah, itulah keempat cara yang bisa kamu lakukan untuk menjadi orang yang jujur sehingga kamu bisa disukai oleh banyak orang.

Salah satu alasan yang bisa membuat kamu berbohong adalah karena ingin membuat orang lain terkesan, karena kamu takut jika tidak disukai oleh orang lain.

Jika kamu menghadapi permasalahan ini, membaca buku Berani Tidak Disukai yang ditulis oleh Ichiro Kishimi dan Fumitake Koga bisa membantu kamu memperoleh pemahaman baru akan hubungan antar manusia.

Kedua penulis yang menyukai teori psikologi yang disampaikan oleh Alfred Adler ini ingin membagikan sebagian pemikiran Adler mengenai pandangan hidup, khususnya hubungan antar manusia, agar semakin diketahui oleh banyak orang.

Dengan membaca buku ini, kamu akan memahami konsep terkait memaafkan diri sendiri, mencintai diri, dan menyingkirkan berbagai hal yang tidak penting dari pikiran berdasarkan teori psikologi yang dikemukakan oleh Adler.

Melalui konsep pembagian tugas dalam hubungan interpersonal yang disampaikan di dalam buku ini, kamu akan mendapatkan cara berpikir yang lebih membebaskan sehingga memungkinkan kamu untuk mengubah dan mengabaikan batasan yang mungkin selama ini telah kamu terapkan dalam diri kamu sendiri.

Jika tertarik, kamu bisa mendapatkan buku Berani Tidak Disukai dengan mudah melalui online di Gramedia.com.

Selain itu, dapatkan juga gratis voucher diskon yang dapat kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Klik di sini untuk segera dapatkan vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com