Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Menjadi Orang Kaya di Usia Muda yang Bisa Kamu Terapkan

Kompas.com - 20/01/2022, 21:00 WIB
Sumber Foto: Freepik.com
Rujukan artikel ini:
Psychology of Money
Pengarang: Morgan Housel
|
Editor Novia Putri Anindhita

Menjadi sukses dan memiliki banyak uang bisa dibilang merupakan impian dari semua orang.

Saat ini, menjadi orang kaya di usia muda bukan lagi hal yang mustahil untuk dilakukan.

Jika kamu bermimpi untuk memiliki kekayaan finansial di usia muda, berikut ini lima cara yang bisa kamu lakukan untuk meraihnya.

5 Cara Menjadi Kaya di Usia Muda

1. Tetapkan Tujuan dan Visi Misi

Untuk bisa menjadi seseorang yang sukses, tentunya kamu perlu memiliki tujuan jelas yang ingin kamu gapai melalui visi misi yang kamu rencanakan.

Tuliskan tujuan dan visi misi tersebut sespesifik mungkin dan bukan hanya sekadar gambaran besar saja.

Memiliki lingkungan yang sering melakukan impulsive buying atau mengalami kegagalan dalam karier merupakan contoh hambatan yang mungkin akan kamu alami saat sedang berproses untuk mencapai kesuksesan.

Nantinya tujuan dan visi misi yang kamu tuliskan tadi akan membantu kamu untuk tetap fokus dan terus termotivasi sampai kamu bisa meraih kekayaan finansial di usia muda.

2. Memperbanyak Sumber Penghasilan

Berdasarkan penelitian, orang kaya biasanya memiliki banyak sumber penghasilan.

Selain penghasilan utama dari gaji, kamu juga bisa menambah kekayaan melalui investasi, reksa dana, kepemilikan aset, menjadi freelancer, membuka usaha, menjadi blogger, dan lain-lain.

Dengan memiliki banyak sumber penghasilan, tentunya akan semakin cepat untuk kamu bisa mengumpulkan pundi-pundi keuangan dan menjadi kaya di usia muda.

3. Memperbanyak Investasi

Investasi merupakan salah satu cara yang bisa membantu kamu untuk melipat gandakan uang yang telah kamu miliki.

Terdapat berbagai macam bentuk investasi, seperti investasi emas, trading forex, investasi properti, cryptocurrency, saham, deposito, reksa dana, dan lain-lain yang bisa kamu pilih sesuai dengan keinginan kamu.

Meskipun kamu bisa memperoleh keuntungan yang besar melalui investasi, namun tidak dapat dipungkiri bahwa berinvestasi juga memiliki beberapa risiko.

Oleh karena itu, penting untuk kamu mengetahui seluk-beluk mengenai masing-masing bentuk investasi terlebih dahulu sebelum terjun ke dalamnya agar bisa terhindar dari kerugian.

4. Mau Berkorban dan Pantang Menyerah

Menjadi kaya di usia muda mengharuskan kamu untuk berani mengorbankan beberapa hal demi mencapai kekayaan finansial yang kamu impikan.

Kamu jadi tidak bisa terlalu banyak berfoya-foya dan menghamburkan uang untuk membeli hal-hal yang tidak benar-benar kamu butuhkan.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Kamu juga jadi tidak bisa hang out sesering teman-teman yang lain karena hal tersebut juga akan menghabiskan banyak uang.

Kamu perlu belajar untuk hidup dengan sederhana dan tidak termakan oleh gengsi supaya bisa memprioritaskan pendapatan yang kamu miliki untuk ditabung.

Selain itu, kamu juga harus memiliki jiwa pantang menyerah ketika mengalami kesulitan dalam pekerjaan dan selalu ingat akan tujuan yang ingin kamu capai.

5. Merencanakan dan Mencatat Anggaran Pengeluaran Secara Rutin

Selain memiliki banyak sumber pendapatan, untuk menjadi orang kaya di usia muda kamu juga perlu memperhatikan pengeluaran yang kamu gunakan.

Dengan membuat rencana dan mencatat anggaran pengeluaran secara rutin tiap minggu, bulan ataupun tahun, kamu jadi bisa membuat prioritas untuk pengeluaran-pengeluaran penting dan bisa mengeliminasi pengeluaran yang tidak terlalu dibutuhkan.

Mencatat anggaran pengeluaran juga bisa membantu kamu untuk jadi lebih sadar dan lebih awas dalam menggunakan uang.

Kamu jadi tidak mudah untuk menghambur-hamburkan uang karena selalu mencatat secara detail dan menghitung nominal pengeluaran yang kamu keluarkan setiap bulannya.

Nah, itulah kelima cara untuk menjadi orang kaya di usia muda yang bisa kamu praktikkan.

Untuk membantu kamu dalam meraih kekayaan finansial di usia muda, kamu bisa membaca buku The Psychology of Money yang ditulis oleh Morgan Housel ini.

Melalui buku ini, penulis memaparkan tentang bagaimana perilaku seseorang akan mempengaruhi kesuksesannya dalam mengelola keuangan.

Morgan Housel juga membagikan 19 cerita pendek yang mengeksplorasi berbagai hal mengenai uang dan aspek-aspek kehidupan.

Tiap cerita yang disampaikan menghadirkan sudut pandang yang unik dan menarik terkait uang yang bisa memperluas wawasan kamu dalam memahami kompleksitas dunia yang kamu tinggali saat ini.

The Psychology of Money akan membantu kamu untuk memiliki pandangan keuangan yang lebih baik dan membuat kamu menyadari bahwa perilaku yang kamu lakukan lebih penting daripada pengetahuan yang kamu miliki.

Buku The Psychology of Money ini bisa kamu beli dengan mudah melalui online di Gramedia.com.

Selain itu ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com