Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Review Buku Segala-galanya Ambyar: Sebuah Buku Tentang Kehidupan dan Harapan

Kompas.com - 11/01/2022, 16:00 WIB
Sumber gambar: instagram.com/grasindo_id
Rujukan artikel ini:
Segala-galanya Ambyar
Pengarang: Mark Manson
Penulis Okky Olivia
|
Editor Almira Rahma Natasya

Banyaknya waktu luang yang kita punya di masa pandemi ini haruslah kita gunakan dengan sebaik-baiknya, salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah dengan membaca buku.

Selain untuk mengusir kebosanan yang sering datang di situasi pandemi, membaca buku juga akan menambah pengetahuan baru dan bahkan bisa membantu kita untuk menjadi manusia yang lebih baik lagi.

Masa pandemi ini memang membuat segala aspek dalam kehidupan kita terkena dampaknya.

Banyak orang yang terpaksa dirumahkan atau di PHK dari kantornya, anak-anak yang harus belajar secara daring, ditambah juga dengan keadaan ekonomi negara yang terpuruk setiap harinya.

Berbagai masalah yang datang ini membuat tingkat stres masyarakat juga ikut naik, terlebih lagi bagi anak-anak yang terpaksa harus belajar lewat jarak jauh yang membuat mereka jadi malas dan tidak termotivasi.

Nah, bagi kamu yang sedang merasa kecewa dengan semua masalah yang terjadi belakangan ini, kamu bisa mencari inspirasi lewat buku Segala-galanya Ambyar yang ditulis oleh Mark Manson.

Kehidupan memang terasa sangat sulit tapi kita akan selalu punya harapan di setiap kesulitan yang kita hadapi

Begitulah Mark Manson menjelaskan sedikit kalimat yang akan dibahas dalam buku ini.

Bagian I: Harapan

Tidak adanya harapan dalam hidup akan membuat kita tenggelam dalam kehampaan.

Mark Manson menjelaskan bahwa “harapan” akan selalu lahir saat kita mengejar hal-hal yang lebih baik dan meninggalkan hal-hal yang kita anggap sudah “rusak” serta tidak bisa diubah lagi.

Dalam hidup ini, tidak ada satupun orang yang selalu merasa bahagia sepanjang hidupnya.

Saat kita merasa kesulitan dalam menghadapi masalah dan memilih untuk menyerah, maka kita tidak akan pernah mendapatkan “harapan”.

Bagian II: Segala-galanya Ambyar

Mark Manson akan menunjukkan bagaimana cara menghadapi penderitaan dalam hidup, yaitu dengan menemukan nilai-nilai dan makna yang terselubung dari setiap kejadian yang terjadi dalam hidup kita.

Setiap kesulitan dan penderitaan yang kita alami dalam hidup ini sebenarnya juga menjadi salah satu cara kita untuk bisa menentukan nilai kehidupan.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Semakin kuat dan tenangnya kita dalam mengontrol emosi, akan membuat kita semakin memiliki kendali atas diri kita untuk bisa berjalan dan menemukan prinsip-prinsip dalam kehidupan.

Dua Bagian Otak

Otak manusia sejatinya terbagi menjadi dua bagian, yang disebut “otak pemikir” dan ”otak perasa”.

Keduanya memiliki kekuatan dan kekurangannya masing-masing.

Bagian otak pemikir biasanya bersifat hati-hati, akurat, rasional, tapi cenderung lamban sehingga harus sering-sering dilatih.

Sementara otak perasa merupakan bagian otak yang lebih sering mengambil keputusan secara cepat, tapi cenderung tidak akurat dan tidak rasional.

Inti pembahasan dari poin ini sebenarnya adalah kita harus bisa menyeimbangkan kedua bagian otak ini supaya segala yang kita lakukan bisa merata dan berjalan dengan baik.

Ulasan atau Review Buku Segala-galanya Ambyar

Setelah sukses dengan buku Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat, kita kembali akan disuguhkan dengan ide-ide menarik mengenai kehidupan dari Mark Manson pada buku keduanya ini.

Pada bab pertama yang membahas mengenai harapan, Mark Manson menulis bahwa harapan ini bersifat destruktif, artinya tergantung dari penolakan kita terhadap apa yang terjadi saat ini.

Pada bab kedua, ada satu kalimat yang berkesan dalam buku ini, yang berbunyi “jangan mengharapkan kehidupan yang lebih baik, tapi cukuplah bagi kamu untuk hidup dengan baik”.

Membaca buku ini rasanya seperti kita sedang ditimang-timang dengan kata-kata halus yang menyejukkan, tapi kemudian dibanting keras dengan beberapa kalimat yang relate dengan kehidupan yang saat ini kita jalani.

Mark Manson dalam buku ini secara tersirat ingin mengajak kita untuk selalu percaya pada harapan, tapi juga jangan sampai terlena dan tidak berbuat apa-apa untuk melakukan perubahan.

Bagi kamu yang tertarik ingin membaca lebih lanjut, buku Segala-galanya Ambyar karya Mark Manson ini bisa kamu pesan di Gramedia.com. Kamu juga bisa membeli versi digitalnya di Gramedia Digital.

Dapatkan Diskonnya! Dapatkan Diskonnya!

Karena kamu sudah membaca artikel ini, kamu bisa mendapatkan voucher diskon untuk membeli bukunya di Gramedia.com dengan harga yang lebih hemat! Dapatkan vouchernya sekarang juga dengan klik di sini.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com