Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Buku Tentang Kehidupan yang Bisa Membuat Hidup Lebih Bermakna dan Bahagia

Kompas.com - 06/01/2022, 16:00 WIB
Sumber Gambar: Freepik.com
Rujukan artikel ini:
Think And Grow Rich
Pengarang: Napoleon Hill
|
Editor Almira Rahma Natasya

Masing-masing dari kita pastinya ingin menjalani kehidupan dengan bahagia dan bermakna, agar apapun yang kita dapatkan atau lakukan bisa bermanfaat bagi diri sendiri maupun lingkungan sekitar.

Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menemukan cara dalam menjalani hidup yang lebih bahagia dan bermakna, salah satunya adalah dengan membaca buku motivasi self improvement yang akan menambah wawasan.

Berbagai macam pembahasan tentang kehidupan yang dibahas dalam buku-buku self improvement bisa menjadi pemicu ataupun acuan bagi kita dalam mengubah pola pikir dan tindakan kita selama ini.

Banyak ilmu, cara, dan wawasan yang akan semakin memperkaya diri kita dalam memandang dunia serta kehidupan yang memang pada dasarnya penuh dengan lika-liku dan permasalahan.

Merubah mindset tentang cara dunia bekerja adalah salah satu kunci yang diberikan oleh buku tentang kehidupan yang biasanya dihadirkan dalam buku self improvement.

Namun, rekomendasi buku self improvement apa saja yang cocok untuk membuat hidup yang lebih bermakna dan bahagia?

Berikut enam rekomendasi buku tentang kehidupan.

6 Buku Tentang Kehidupan

1. Think and Grow Rich

Buku klasik yang satu ini memang tidak pernah lekang oleh zaman, karena isi yang disampaikan oleh Napoleon Hill memang terasa relate dan dapat menjadi inspirasi bagi buku-buku pengembangan diri yang ada saat ini.

Buku ini berisi tiga belas filosofi yang dijabarkan oleh Napoleon Hill untuk bisa mencapai kebebasan finansial dalam kehidupan yang dia tulis berdasarkan hasil wawancaranya dengan beberapa tokoh terkenal.

2. Wabi Sabi

Konsep estetika dari Jepang yang menawan disebut wabi sabi ini menawarkan rasa syukur dari setiap hal dalam kehidupan yang memang penuh dengan ketidaksempurnaan, di mana setelah membaca buku ini, kamu dapat menemukan makna dan keindahan dari setiap keping kehidupan.

Beth Kempton menawarkan beberapa cara menarik agar kita mampu memahami dan meresapi konsep wabi sabi, salah satunya adalah dengan terapi hutan yang bisa memberikan kedamaian dan ketenangan di tengah hiruk pikuk kehidupan.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

3. Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat

Gema dari buku self improvement yang ditulis oleh Mark Manson ini memang sudah terdengar di mana-mana karena isinya yang bisa dibilang cukup kontroversial, tapi efektif untuk membuat hidup jadi lebih bermakna lagi.

Terlalu banyaknya hal yang kita pikirkan dan urus menjadi penyebab mengapa hidup terasa begitu berat dan sulit untuk dinikmati, maka Manson menyarankan agar kamu mampu menyeleksi hal-hal penting saja yang layak mendapatkan perhatian.

4. Jangan Membuat Masalah Kecil Jadi Masalah Besar

Buku ini bisa menyadarkan kita akan kebiasaan dalam membesar-besarkan masalah yang pada kenyataannya tidak perlu dipikirkan secara mendalam dan menguras emosi, sehingga hanya akan menumpuk emosi negatif di dalam diri.

Richard Carlson menunjukkan beberapa contoh kasus yang disajikan dalam narasi yang pendek-pendek, sehingga dapat diserap dan dipahami dengan mudah oleh pembaca.

5. You Do You: Discovering Life through Experiments & Self-Awarness

Buku ini akan membantu kamu dalam mencari dan menemukan eksistensi diri yang kerap dipertanyakan oleh diri sendiri akibat tekanan lingkungan sekitar, sehingga memunculkan keraguan terhadap diri sendiri.

Meskipun tidak bisa memberikan jawaban secara langsung, tapi buku ini akan membantu merefleksikan diri agar mampu menemukan jawabannya di dalam diri kita sendiri.

6. How to Win Friends and Influence People in the Digital Age

Buku klasik yang sudah terbukti dapat membantu banyak orang dalam menggapai kesuksesan, baik dalam bisnis maupun kehidupan pribadi yang akan membawa pembaca mendaki anak tangga menuju kesuksesan.

Kini buku klasik yang sudah melegenda ini diperbaharui dengan kondisi dan keadaan masa kini yang semuanya sudah serba digital, sehingga akan menambah wawasan baru dalam membangun kesuksesan hidup.

Buku-buku ini bisa menjadi bahan atau media untuk kamu memahami dan menjalani kehidupan dengan lebih bermakna agar mampu menikmatinya.

Semua buku ini bisa kamu beli dan dapatkan di Gramedia.com. Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, borong semua buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

Selamat menambah wawasan baru untuk kehidupan yang jauh lebih baik!

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com