Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Review Buku Sang Alkemis: Kisah Anak Laki-laki yang Mencari Harta Karun

Kompas.com - 05/01/2022, 16:00 WIB
Sumber gambar: instagram.com/zafira.sys
Rujukan artikel ini:
Sang Alkemis
Pengarang: Paulo Coelho
|
Editor Almira Rahma Natasya

Setiap manusia pastinya memiliki mimpi yang masing-masing ingin mereka raih.

Namun sayangnya, banyak dari kita yang pada akhirnya menyerah dan berhenti di tengah jalan bahkan sebelum bisa mewujudkannya.

Tidak dapat dipungkiri bahwa proses untuk menggapai sebuah mimpi tidak akan pernah mudah dan akan selalu penuh dengan hambatan.

Hal ini yang ingin disampaikan oleh Paulo Coelho melalui kisah Santiago, seorang anak laki-laki Spanyol dalam perjalanannya untuk mencari harta karun hingga ke negeri seberang.

Dari petualangan Santiago ini, kamu akan belajar banyak hal mengenai kebijaksanaan dalam hidup.

Sinopsis Buku Sang Alkemis

Santiago merupakan seorang anak laki-laki yang gemar membaca buku sejak ia masih kecil.

Karena kegemarannya akan buku inilah, ia bercita-cita untuk menjadi seorang pengembara agar dapat memuaskan keingintahuannya mengenai dunia.

Santiago kemudian menjadi seorang penggembala domba dan sering kali berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lainnya.

Suatu ketika, selama beberapa hari berturut-turut, ia kerap memimpikan hal yang sama mengenai sebuah harta karun.

Pertemuannya dengan seorang perempuan Gipsi yang menafsirkan mimpinya dan seorang laki-laki yang mengaku dirinya adalah Raja, mendorong Santiago untuk mengejar mimpinya dan mencari harta karun yang terpendam di piramida-piramida Mesir itu.

Santiago lantas menjual domba-domba miliknya dan memulai petualangannya melintasi selat untuk menuju ke padang pasir Mesir.

Ia tidak pernah menyangka sebelumnya, bahwa pengembaraannya kali ini akan menjadi perjalanan panjang yang penuh dengan lika-liku.

Ulasan atau Review Buku Sang Alkemis

Kisah petualangan Santiago dalam buku Sang Alkemis ditulis dengan ringan namun sarat akan makna.

Sang penulis mengibaratkan pengembaraan yang dilalui oleh Santiago dalam mencari harta karun sebagai sebuah proses yang juga akan dijalani oleh setiap orang saat mereka berusaha untuk menggapai impiannya.

Meskipun Santiago adalah seorang pengembara, namun ia belum pernah bepergian jauh hingga melintasi selat.

Ia bahkan harus merelakan domba-domba yang telah ia gembala selama bertahun-tahun untuk mendapatkan uang sebagai ongkos perjalanan.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Hal ini menggambarkan pengorbanan yang terkadang perlu kita relakan saat ingin memulai untuk mengejar mimpi.

Namun tidak hanya ada kesulitan yang menanti Santiago, selama perjalanan itu ia juga bertemu dengan banyak orang yang membuatnya belajar mengenai arti penting dari hidup.

Ia belajar untuk tidak pantang menyerah dan percaya akan firasat yang diberikan oleh semesta, seperti bunyi salah satu kutipan yang terkenal dalam buku ini.

Dan saat engkau menginginkan sesuatu, seluruh jagat raya bersatu padu untuk membantumu meraihnya.”

Selain berfokus untuk mengejar mimpi, Santiago juga diingatkan oleh salah seorang pengelana yang ditemuinya saat mengarungi padang pasir untuk tidak lupa menikmati momen dan hidup di saat ini.

Meskipun kehidupan di tengah padang pasir tidak begitu menarik dan menyenangkan, namun Santiago dengan baik meresapi petuah tersebut.

Ia pun kemudian bertemu dengan gadis yang menjadi pujaan hatinya dan meminta gadis itu untuk menunggu Santiago menyelesaikan perjalanan pencarian harta karunnya.

Karena banyaknya pelajaran hidup yang dapat diambil dari buku ini, tidak heran jika Sang Alkemis menjadi salah satu buku paling populer yang ditulis oleh Paulo Coelho dan telah mengubah hidup banyak orang.

Keistimewaan Buku Sang Alkemis

Meskipun buku ini telah terbit sejak tahun 1988, namun tema yang diusung di dalamnya masih akan terus selaras dan dapat dinikmati sampai sepanjang masa.

Karena gaya bahasanya yang ringan, buku ini tidak hanya cocok untuk dibaca oleh orang dewasa, tetapi juga baik untuk dibaca dan dinikmati oleh remaja.

Dengan tebal buku sebanyak 220 halaman, buku ini tidak memiliki konflik yang terlalu rumit.

Meskipun begitu, alur ceritanya tetap menarik dan sulit untuk ditebak.

Tidak hanya kamu akan larut dalam petualangan Santiago yang unik dan mendebarkan, namun hati dan pikiran kamu juga akan ikut tergerakkan dengan pesan-pesan moral yang dipaparkan tanpa kesan menggurui.

Bagi kamu yang sedang patah semangat, buku ini akan menjadi bacaan yang pas untuk memberikan motivasi dan mengembalikan semangat kamu yang hilang.

Kamu boleh mengambil waktu sejenak untuk beristirahat, namun tidak untuk menyerah.

Yuk, jangan sampai ketinggalan dan ikuti kisah perjalanan Santiago dalam mengarungi padang pasir Mesir untuk mencari harta karun ini!

Kamu bisa mendapatkan buku Sang Alkemis dengan mudah di Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com