Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga Bermodal Kecil

Kompas.com - 26/03/2024, 12:00 WIB
Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga Sumber Gambar: Freepik.com Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga
Rujukan artikel ini:
Ide Bisnis Kekinian Modal 1…
Pengarang: Evita P. Purnamasari
|
Editor Ratih Widiastuty

Seiring perkembangan zaman, biaya kehidupan pun ikut melonjak sehingga dibutuhkan penghasilan tambahan agar bisa tetap bertahan.

Hal ini tentunya sangat dirasakan oleh para ibu rumah tangga yang harus pintar-pintar dalam mengelola uang agar bisa mencukupi berbagai kebutuhan.

Maka dari itu, saat ini sudah banyak ibu rumah tangga yang mencoba untuk membuka usaha sampingan supaya memperoleh penghasilan tambahan.

Pasalnya, di era digital seperti sekarang sudah banyak peluang usaha bagi ibu rumah tangga yang mampu menghasilkan keuntungan yang menggiurkan.

Usaha sampingan yang dapat dilakukan di rumah juga tidak perlu membutuhkan modal yang besar sehingga bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga.

Tanpa perlu meninggalkan urusan di rumah, para ibu rumah tangga kini dapat menghasilkan uang untuk membantu kondisi finansial keluarga.

Tidak hanya mampu mendatangkan penghasilan, bisnis-bisnis ini pun dapat membuat ibu rumah tangga menjadi lebih produktif.

Tidak usah mengeluarkan modal yang besar karena memulai usaha sampingan dapat dilakukan dari hal-hal yang kecil.

Apa saja ide usaha sampingan yang bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga? Berikut 5 usaha sampingan ibu rumah tangga yang dapat dicoba.

5 Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga

1. Katering

Usaha sampingan pertama yang bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga adalah membuka jasa katering.

Apalagi jika mempunyai hobi memasak, usaha sampingan yang satu ini akan sangat cocok untuk dipilih.

Ibu rumah tangga dapat menggunakan dapur di rumah untuk memulai usaha katering dan tinggal membeli bahan-bahan masakan sesuai dengan menu katering yang dipesan pelanggan.

Untuk mempromosikan jasa katering yang dijalani dapat memanfaatkan media sosial hingga orang-orang terdekat.

2. Menjadi Penulis Lepas

Jika memasak bukanlah keahlian yang dimiliki, maka menjadi penulis lepas bisa dijadikan opsi lainnya bagi ibu rumah tangga untuk memulai usaha sampingan.

Apalagi di era digital seperti saat ini, kehadiran penulis amat sangat dicari untuk memenuhi konten, baik di website, aplikasi, maupun media sosial.

Jika sudah memiliki kemampuan menulis, pekerjaan sebagai penulis lepas adalah peluang yang menjanjikan bagi ibu rumah tangga.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Bekerja sebagai penulis lepas bisa dilakukan di rumah hanya dengan bermodalkan gadget serta softskill dalam hal menulis.

3. Jasa Menjahit Pakaian

Apabila memiliki keterampilan dalam hal menjahit, maka jangan disia-siakan karena hal ini bisa dimanfaatkan untuk membuka usaha sampingan.

Bermodalkan mesin jahit yang saat ini sudah banyak sekali ragamnya dengan harga yang terjangkau, membuka jasa menjahit pakaian bisa dipilih sebagai opsi bagi ibu rumah tangga.

Jasa menjahit pakaian bisa dilakukan di rumah dengan pengerjaan waktu yang fleksibel sesuai dengan permintaan pelanggan.

Sebagai permulaan, tawarkan jasa menjahit ini pada saudara atau tetangga sekitar agar mereka dapat mempromosikannya dari mulut ke mulut.

4. Berjualan Gorengan

Siapa yang tidak menyukai gorengan karena hampir semua masyarakat Indonesia sangat menggandrungi kudapan yang satu ini.

Gorengan merupakan kudapan yang dapat disantap kapan saja, baik saat sarapan, makan siang, maupun makan malam.

Jenisnya yang bervariasi juga menjadikan gorengan sebagai jajanan yang tidak akan pernah sepi pembeli.

Apalagi menjual gorengan sendiri tidak memerlukan modal usaha yang tidak terlalu besar sehingga cocok dipilih sebagai usaha sampingan bagi ibu rumah tangga.

5. Membuka Warung

Usaha sampingan terakhir yang bisa dipilih oleh ibu rumah tangga adalah membuka warung kelontong.

Pasalnya, warung kelontong akan menyediakan berbagai macam kebutuhan sehari-hari yang dicari oleh banyak orang sehingga menjanjikan penghasilan yang lumayan.

Berbagai macam kebutuhan seperti sabun, sampo, beras, minyak, hingga mi instan bisa menjadi dagangan yang dijajakan di warung kelontong.

Membuka warung kelontong juga bisa dilakukan di rumah sehingga tidak mengganggu tugas sehari-hari ibu rumah tangga.

Apabila masih membutuhkan ide atau referensi usaha sampingan lainnya, maka buku Ide Bisnis Kekinian Modal 1 Jutaan bisa dijadikan pilihan.

Pasalnya, di dalam buku ini berisi ide-ide bisnis dengan modal kecil, tapi mampu mengikuti tren dan zaman.

Selain memberikan lebih dari 60 ide bisnis yang menguntungkan sekaligus cuman bermodal tipis satu jutaan, penulis pun menjabarkan bagaimana menerapkan strategi bisnis, menghadapi setiap hambatan yang dihadapi oleh pebisnis pemula, serta tips berwirausaha yang tidak diketahui banyak orang.

Pesan dan dapatkan buku Ide Bisnis Kekinian Modal 1 Jutaan sekarang di Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com