Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Kerja di Jepang dan Persyaratannya

Kompas.com - 16/01/2024, 16:00 WIB
Cara Kerja di Jepang dan Persyaratannya Sumber Gambar: Freepik.com Cara Kerja di Jepang dan Persyaratannya
Rujukan artikel ini:
Mahir Bahasa Jepang untuk TKI…
Pengarang: Riskaninda Maharani
|
Editor Puteri

Selain menjadi destinasi wisata favorit banyak orang, Jepang juga menjadi salah satu negara yang banyak diminati oleh para pencari kerja.

Terdapatnya kerja sama ekonomi bilateral antara Indonesia dan Jepang membuka peluang lebih besar untuk bisa bekerja di Negeri Matahari Terbit itu.

Akibat angka kelahiran yang rendah di Jepang, membuat kebutuhan tenaga kerja menjadi tinggi dan menjadi salah satu alasan pemicu mengapa Jepang banyak membuka lowongan pekerjaan untuk orang asing.

Banyak sektor industri Jepang yang membutuhkan pekerja sehingga tidak mengherankan Indonesia menjadi salah satu negara penyumbang tenaga kerja di negara tersebut.

Selain negaranya yang maju dengan teknologi yang semakin canggih, gaji yang ditawarkan untuk bekerja di Jepang juga terbilang sangat tinggi jika dibandingkan dengan upah pekerja di Indonesia.

Maka tidak heran setiap tahunnya banyak Tenaga Kerja Indonesia yang mengadu nasib di Jepang.

Teknologi yang semakin canggih pada setiap sektor industri di Jepang tentunya dapat memberikan kompetensi serta pengalaman kerja yang sangat bermanfaat dalam karier profesional.

Lantas, bagaimana cara dan syarat untuk bekerja di Jepang? Cari tahu jawabannya berikut ini.

Cara Bekerja di Jepang

1. Program Pemerintah

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwasanya Indonesia dan Jepang menjalin kerja sama bilateral dalam bidang ekonomi dan ketenagakerjaan.

Maka dari itu, setiap tahunnya Indonesia diberi kesempatan untuk mengirimkan tenaga kerja ke Jepang, baik pekerja magang maupun tenaga ahli.

Jika ingin mengikuti program magang, maka dapat menghubungi Dinas Ketenagakerjaan setempat dan melengkapi persyaratan administrasi yang sudah ditentukan.

Terkait urusan visa, Jepang sendiri sudah memperluas pilihan visa kerja yang bisa digunakan oleh tenaga kerja asing yang bekerja di sana.

2. Jalur Swasta

Bagi lulusan SMA/sederajat atau fresh graduate bisa memilih opsi jalur swasta dengan memanfaatkan Perusahaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia (P3MI) untuk dapat bekerja di Jepang.

P3MI akan menjadi penghubung antara pencari kerja di Indonesia dan perusahaan Jepang yang membutuhkan tenaga kerja.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Tidak hanya itu, P3MI pun biasanya mempunyai fasilitas pelatihan untuk mempersiapkan para calon tenaga kerja.

Akan tetapi, karena P3MI adalah lembaga swasta, maka akan dikenakan biaya bagi setiap calon tenaga kerja.

Namun, perlu diingat dan diwaspadai untuk melakukan observasi terlebih dahulu terhadap P3MI yang akan dipilih sebab marak terjadi kasus penipuan.

Syarat Kerja di Jepang

1. Kemampuan Bahasa Jepang

Syarat pertama yang mesti dikuasai adalah mampu menggunakan bahasa Jepang.

Hal ini akan menjadi nilai tambah saat bekerja di sana sebab hampir sebagian besar masyarakat Jepang tidak dapat menggunakan bahasa Inggris.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar bisa menguasai bahasa Jepang, mulai dari kursus, menonton video di YouTube, hingga kuliah bahasa Jepang.

2. Tingkat Pendidikan

Sebenarnya tidak ada tingkat pendidikan tertentu supaya dapat bekerja di Jepang, tapi tingkat pendidikan akan menentukan jenis pekerjaan yang bisa didapatkan.

Apabila hanya lulusan SMA tentunya peluang kerja yang bisa didapatkan bukanlah pekerjaan yang membutuhkan kemampuan khusus, seperti pelayan restoran atau pegawai perkebunan.

Akan tetapi, apabila mempunyai tingkat pendidikan sarjana atau sertifikasi keahlian tertentu, maka pekerjaan spesialis bisa didapatkan, seperti engineer, software, programmer, mekanik, dan lain sebagainya.

3. Medical Check Up

Jepang sangat ketat jika sudah menyangkut soal kesehatan fisik dan kesehatan mental calon pekerja.

Maka dari itu, calon pekerja mesti melakukan medical check up sebagai salah satu syarat untuk bekerja di sana.

Bagi kamu yang berminat bekerja di Jepang dan ingin belajar bahasa Jepang, maka buku Mahir Bahasa Jepang untuk TKI Jepang bisa menjadi media belajar yang tepat.

Buku ini merupakan panduan bahasa ketika bekerja sebagai TKI Jepang yang dibagi menjadi empat pembahasan, mulai dari panduan pergi ke Jepang secara umum, pedoman menjadi perawat di Jepang, pedoman menjadi peserta magang di Jepang, dan panduan menjadi tenaga profesional atau keterampilan khusus di Jepang.

Buku ini disusun setahap demi setahap dan secara mendetail yang disesuaikan dengan hal-hal termudah serta mendasar mengenai bahasa Jepang.

Langsung pesan bukunya sekarang juga di Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com