Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Kerja di Luar Negeri yang Mudah Dilakukan

Kompas.com - 15/09/2023, 10:05 WIB
Cara Kerja di Luar Negeri  Sumber Gambar: Pexels.com Cara Kerja di Luar Negeri 
Rujukan artikel ini:
The Art Of Dealing With…
Pengarang: Les Giblin
|
Editor Puteri

Saat ini banyak sekali orang yang ingin bekerja di luar negeri mengingat prospek dan penghasilannya yang tentunya jauh lebih besar jika dibandingkan dengan bekerja di Indonesia.

Orang-orang yang mencari nafkah di luar negeri ini biasa lebih dikenal dengan sebutan TKI (Tenaga Kerja Indonesia) yang identik dengan menjadi asisten rumah tangga.

Namun, nyatanya, banyak sekali pekerjaan yang bisa digeluti di luar negeri, mulai dari bidang industri, konstruksi, transportasi, pertambangan, manufaktur, kesehatan, dan lain sebagainya.

Tidak bisa disangkal, tawaran gaji yang tinggi pastinya sangat menarik banyak orang untuk bisa memperbaiki kualitas hidup mereka.

Akan tetapi, sebelum memutuskan untuk bekerja di luar negeri, kita juga harus mempersiapkan segala sesuatunya secara matang, salah satunya adalah persiapan finansial.

Pasalnya, selain memerlukan skill yang mumpuni, bekerja di luar negeri pun membutuhkan modal finansial untuk bisa meniti karier yang cemerlang di negeri orang.

Setelah segala sesuatunya sudah dipersiapkan dengan baik, kini saatnya untuk mencari cara untuk bekerja di luar negeri.

Apalagi saat ini bekerja di luar negeri sudah sangat mudah, sebab seluruh informasi yang dibutuhkan bisa ditemukan di dunia maya, termasuk persyaratan serta jenis pekerjaan yang dibutuhkan di era saat ini.

Lalu, bagaimanakah cara bekerja di luar negeri? Simak penuturannya berikut ini.

Cara Kerja di Luar Negeri

1. Program Internship

Cara kerja di luar negeri yang pertama adalah melalui program internship yang biasanya akan diadakan oleh perusahaan luar dan ditujukan pada orang-orang di seluruh dunia.

Biasanya program internship ini akan sangat cocok dicoba oleh mahasiswa tingkat akhir atau fresh graduate yang tengah mencari pengalaman.

Akan tetapi, perlu diingat, jika proses rekrutmennya tentunya akan jauh lebih ketat apabila dibandingkan dengan proses rekrutmen di Indonesia.

Maka dari itu, persiapkan diri terlebih dahulu sebelum memutuskan mengikuti program internship dengan cara mempelajari profil perusahaan dan budaya kerjanya agar peluang diterima bisa lebih besar.

2. Program Volunteer

Cara kerja di luar negeri yang kedua adalah dengan mengikuti program volunteer yang biasanya banyak diadakan oleh lembaga-lembaga di beberapa negara.

Meskipun menjadi volunteer tidak mendapatkan gaji tetap, tapi ini bisa dijadikan kesempatan untuk menambah pengalaman kerja.

Walaupun begitu, lembaga-lembaga yang membuka program volunteer biasanya akan memberikan keuntungan lainnya berupa tunjangan serta akomodasi.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Apalagi bagi kamu yang baru lulus SMA, program volunteer bisa dijadikan batu loncatan yang tepat untuk meniti karier di luar negeri.

3. Melalui Job Portal

Layaknya mencari kerja di Indonesia, mencari lowongan pekerjaan di luar negeri pun bisa dilakukan melalui job portal.

Apabila mau rajin dan tekun akan ada banyak pekerjaan di luar negeri yang bisa ditemukan melalui job portal.

Job portal dapat dimaksimalkan dalam mencari pekerjaan di luar negeri sesuai dengan minat dan keahlian yang dimiliki.

Jika sudah menemukan pekerjaan yang cocok di job portal, persiapkan syarat dan langkah selanjutnya untuk bisa melamar pekerjaan tersebut.

4. Menjadi Freelancer

Menjadi pekerja lepas atau freelancer adalah salah satu cara kerja di luar negeri tanpa perlu mengeluarkan banyak biaya.

Pasalnya, menjadi freelancer bisa bekerja di mana saja dan kapan pun juga.

Menjadi freelancer akan sangat cocok bagi kamu yang ingin bekerja di luar negeri, tapi masih belum siap untuk pindah dan tinggal di negara tersebut.

Sama halnya seperti pekerjaan lainnya, tentunya kamu juga harus mempunyai keahlian yang sesuai untuk bisa menjadi freelancer.

5. Lewat Agen

Apabila kamu hanya lulusan SMA, jangan khawatir tidak bisa bekerja di luar negeri karena banyak lowongan pekerjaan yang tersedia untuk berbagai jenjang pendidikan.

Salah satu cara paling mudah untuk mendapatkan pekerjaan di luar negeri adalah melalui agen penyalur.

Agen penyalur biasanya akan membantu mencarikan pekerjaan di luar negeri, mulai dari mengurus berkas sampai mencarikan tempat tinggal.

Akan tetapi, perlu diingat untuk tetap waspada dalam memilih agen penyalur yang terpercaya supaya tidak menjadi korban penipuan.

Selain harus memiliki keahlian agar bisa bekerja di luar negeri, salah satu soft skill paling penting yang harus dimiliki yaitu membina hubungan dengan orang lain pun harus terus diasah.

Buku The Art of Dealing with People merupakan buku rujukan yang lengkap bagi mereka yang mau mengembangkan keterampilan dalam membina hubungan.

Buku ini akan membagikan metode yang sudah teruji untuk menjalin relasi dengan orang-orang agar ego kita dan ego mereka bisa tetap utuh.

Miliki sekarang juga bukunya dengan membelinya di Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com