Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Makanan Khas Sunda yang Simple dan Menggugah Selera

Kompas.com - 14/12/2023, 13:00 WIB
Makanan Khas Sunda yang Simple Sumber Gambar: Kompas.com Makanan Khas Sunda yang Simple
Rujukan artikel ini:
Jago Masak ala Dapur Bekal…
Pengarang: CLARISSA NOVIANY
|
Editor Puteri

Selain terkenal dengan tempat wisatanya yang segudang, wilayah Jawa Barat juga mempunyai makanan khas Sunda yang tidak hanya menggugah selera, tapi juga bercita rasa luar biasa.

Makanan khas Sunda ini sangat beragam dan mempunyai beberapa ciri khas tersendiri dengan makanan dari daerah lainnya.

Makanan khas Sunda sudah sangat terkenal memiliki cita rasa yang didominasi rasa gurih dan asin, dan biasanya dilengkapi dengan lalapan sebagai pendamping.

Akan tetapi, nyatanya, makanan khas Sunda sendiri mempunyai cita rasa yang kaya dengan berbagai olahan yang akan menggoyang lidah penikmatnya.

Banyak orang biasanya akan cocok dengan makanan khas Sunda yang memang bisa memanjakan siapa saja dari beragam usia, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa.

Selain itu makanan khas Sunda juga sudah sangat mudah ditemukan sehingga memang sudah tidak asing lagi bagi lidah masyarakat Indonesia.

Makanan khas Sunda juga tergolong mudah dan simple, baik dari segi bahan maupun pengolahan.

Meskipun demikian, cita rasa yang ditawarkan makanan khas Sunda sulit sekali dilewatkan karena memang sangat memanjakan lidah.

Apa saja makanan khas Sunda yang simple dan menggugah selera? Simak beberapa pilihannya berikut ini.

5 Makanan Khas Sunda yang Simple

1. Surabi

Surabi merupakan salah satu kuliner tradisional khas Sunda dari kota Bandung.

Surabi terbuat dari tepung beras dan santan kelapa sehingga mempunyai tekstur yang lembut dengan cita rasa gurih yang memanjakan lidah.

Surabi dulu hanya memiliki dua pilihan rasa, yakni rasa asin dengan taburan topping oncom serta cabai rawit, dan rasa manis dengan saus kinca.

Namun, saat ini surabi sudah mempunyai berbagai macam pilihan topping dan menjadi salah satu kuliner kekinian.

Surabi kerap disantap sebagai menu sarapan atau kudapan sore hari, untuk menambah kenikmatan biasanya surabi asin dimakan dengan kerupuk putih sebagai pelengkap.

2. Nasi Tutug Oncom

Olahan nasi dengan oncom ini memiliki cita rasa yang sangat khas dengan aroma yang dijamin bikin perut keroncongan.

Nasi tutug oncom biasanya turut disantap dengan berbagai macam pilihan lauk pauk, seperti ayam goreng, tahu goreng, tempe goreng, lalapan, dan sambal.

Proses memasaknya diawali dengan menanak nasi putih terlebih dahulu yang didinginkan sementara untuk selanjutnya ditumbuk dalam cobek.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Setelah itu nasi akan dicampur dengan oncom yang sudah dibumbui sebelumnya untuk menciptakan rasa dan aroma yang menggugah selera.

3. Nasi Timbel

Nasi timbel merupakan nasi yang dibungkus daun pisang dan dibentuk menjadi bulat lonjong.

Selain berfungsi sebagai pembungkus, daun pisang juga memberikan aroma pada nasi timbel sehingga semakin menambah cita rasanya.

Nasi timbel biasanya akan disantap dengan lauk pendamping, seperti ikan goreng, sayur asem, tahu, tempe, ayam goreng, dan dilengkapi pula dengan sambal serta sayur lalapan.

Seiring perkembangan zaman, nasi timbel kini sudah dimodifikasi cara penyajiannya, contohnya seperti disajikan dalam bakul nasi yang dialasi daun pisang.

4. Batagor

Batagor adalah jajanan khas Bandung yang keberadaannya selalu dicari oleh banyak orang

Batagor sendiri merupakan akronim dari bakso tahu goreng yang disajikan dengan guyuran saus kacang, kecap manis, dan perasan jeruk nipis.

Tekstur bakso tahu yang garing di luar dan kenyal di dalam ditambah lagi dengan aroma ikan tenggiri yang semerbak sesudah digoreng menciptakan rasa yang lezat.

Tidak mengherankan jika banyak sekali pedagang, baik di restoran maupun kaki lima, yang menjajakan batagor di penjuru kota Bandung.

5. Kue Cucur

Kue cucur adalah kue berbentuk bulat pipih yang memiliki tekstur empuk dan kenyal dengan rasa manis yang legit dari gula aren.

Kue cucur terbuat dari tepung beras dan gula merah yang dijadikan adonan untuk selanjutnya digoreng.

Kudapan yang satu ini memang bisa dibilang sedikit tricky ketika akan digoreng karena harus mengembang dengan tekstur yang bersarang di dalamnya.

Kue cucur akan sangat cocok dijadikan camilan di sore hari dengan didampingi secangkir teh atau kopi.

Makanan khas Sunda memang tidak pernah gagal memanjakan lidah setiap orang.

Namun, bagi kamu yang memerlukan ide untuk menu santapan sehari-hari, maka buku Jago Masak ala Dapur Bekal – 50+ Resep Menu Sehari-Hari bisa menjadi sumber referensi yang tepat.

Dalam buku ini akan didapati resep-resep Clarissa Novianty dengan kategori bahan olahan nasi, pasta, tahu, mi, tempe, sosis, telur, daging, dan sayuran.

Resep-resep yang ada di dalam buku ini sudah dijamin lezat dan teruji karena sudah diuji coba serta dibagikan di Instagram maupun TikTok @dapurbekal dengan ratusan ribu pengikut.

Tunggu apa lagi, segera miliki bukunya sekarang juga dengan memesannya melalui Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com