Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Contoh Ikigai dan Bagaimana Cara Menemukannya di Dalam Diri Kamu

Kompas.com - 27/12/2021, 10:00 WIB
Sumber Gambar: Freepik.com
Rujukan artikel ini:
The Book of Ikigai
Pengarang: Ken Mogi
|
Editor Almira Rahma Natasya

Apa sebenarnya tujuan yang ingin kita capai di dalam hidup ini? Jawabannya pasti kehidupan yang seimbang dan bahagia.

Namun, bagaimana kita bisa meraihnya?

Salah satu konsep atau prinsip yang paling cocok untuk menjawab itu semua adalah ikigai.

Sebuah konsep dari Negeri Matahari Terbit, yaitu Jepang, yang sedang naik daun di kalangan generasi milenial dan gen Z.

Kebanyakan orang mencoba untuk menerapkan prinsip ikigai ini ke dalam kehidupan mereka untuk memperoleh keseimbangan dalam menjalani hidup dan pekerjaan yang sering kali bentrok dan tidak harmonis.

Melalui ikigai, kita akan ditunjukkan untuk memperoleh tujuan hidup melalui arti dan makna akan kegiatan atau perbuatan yang kita lakukan sehari-hari.

Agar bisa merasakan ikigai sendiri tidak dibutuhkan sesuatu hal yang mewah, mahal, dan rumit.

Hal-hal sederhana seperti makanan yang enak, bisa olahraga secara teratur, hingga memelihara kucing sebenarnya bisa memunculkan konsep ikigai di dalam diri.

Namun, bagaimana cara untuk menemukan dan memperdalam prinsip ikigai dalam diri? Berikut empat aspek yang bisa menumbuhkan prinsip ikigai beserta contohnya.

4 Aspek dari Prinsip Ikigai Beserta Contohnya

1. Apa yang Kamu Senangi

Eksplor atau cari tahu hal apa yang paling kamu suka dan nikmati untuk dilakukan, bisa berupa hobi atau minat yang dapat memunculkan semangat dan gairah di dalam diri.

Beberapa contoh hal atau hobi yang mungkin bisa menjadi passion yang kamu miliki adalah bermain musik, menjahit, menggambar, memasak, atau bermain bulu tangkis.

2. Apa yang Kamu Kuasai atau Ahli dalam Bidang Tersebut

Memiliki pekerjaan yang kita kuasai dan cintai saat melakukannya bisa menjadi sebuah profesi yang mulai menuju ke arah prinsip ikigai.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Di mana ketika kamu melakukan sesuatu yang kamu senangi dan dibayar karenanya, memunculkan sebuah tujuan baru, yaitu seberapa bergunanya kamu untuk diri sendiri dan orang lain.

Sebagai contoh, saat kamu suka bermain bulu tangkis dan menjadi seorang atlet badminton profesional dengan penghasilan yang memuaskan, maka tinggal dua langkah lagi kamu bisa menemukan ikigai.

3. Apa yang Diperlukan oleh Lingkungan dan Orang Sekitar

Tahap berikutnya adalah saat kamu sudah menemukan apa yang kamu suka dapat menjadi profesi yang kamu lakoni.

Kini saatnya untuk mencari manfaat di balik itu semua agar bisa dirasakan makna dan daya dari hal tersebut untuk dunia dan orang-orang sekitar.

Ketika kamu sudah sukses menjadi seorang atlet bulu tangkis, maka kamu bisa membanggakan bangsa dan negara saat memenangkan kejuaraan atau kamu pun bisa menyumbangkan sedikit penghasilan yang kamu peroleh untuk keberlangsungan pelestarian lingkungan.

4. Apa Imbalan atau Manfaat yang Kamu Peroleh dari Semua Itu

Saat ketiga aspek sebelumnya bisa kamu capai dan rasakan maknanya, maka di tahap terakhir kamu telah mencapai misi dengan merasakan daya dan manfaat dari apa yang telah kamu lakukan selama ini.

Saat kamu bekerja sesuai dengan passion dan bisa membantu lingkungan serta orang-orang sekitar, maka akan tumbuh perasaan gembira dan berdaya akan eksistensi kamu di dunia ini, sehingga akan terus merasa bahagia saat melakukan aktivitas sehari-hari.

Jika kamu masih merasa bingung dan ingin terus mencari tahu tentang makna dan cara memahami konsep ikigai, berikut ada satu rekomendasi buku yang bisa kamu baca sebagai pedoman tentang prinsip hidup ala orang Jepang ini.

Buku The Book of Ikigai yang ditulis oleh Ken Mogi akan memberikan insight baru tentang sebuah konsep kehidupan yang mampu membawa keseimbangan antara hidup dan bekerja, sehingga menciptakan kehidupan yang bermakna dan penuh kegembiraan.

Buku ini menghadirkan contoh-contoh dari berbagai jenis profesi orang Jepang supaya pembaca dapat dengan mudah memahami dan mengerti akan konsep ikigai yang dibahas.

Tak hanya itu, Mogi juga turut menyuguhkan beragam kisah dan pengetahuan tentang kepercayaan masyarakat Jepang, sejarah Jepang, hingga hal-hal yang membuat masyarakat Jepang dapat hidup panjang umur, disiplin, pekerja keras, tertib, dan lain sebagainya.

Buku ini akan membahas konsep ikigai mulai dari dasar, sehingga akan dengan mudah dapat dipahami pembaca dengan detail yang tidak terlalu bertele-tele dan memusingkan kepala.

Buku ini bisa kamu pesan di Gramedia.com dan masih banyak buku-buku tentang ikigai lainnya yang bisa kamu borong di sana.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com