Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Review Buku Ikigai: Rahasia Hidup Bahagia dan Panjang Umur Orang Jepang

Kompas.com - 21/11/2021, 19:00 WIB
Sumber foto: Dok. Gramedia.com
Rujukan artikel ini:
IKIGAI: Rahasia Hidup Bahagia dan…
Pengarang: HECTOR GARCIA DAN FRANCESC
|
Editor Almira Rahma Natasya

Gaya hidup masyarakat Jepang memang sudah terkenal mampu membuat kualitas hidup manusia menjadi lebih bahagia dan sehat.

Bagaimana banyak kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan oleh orang Jepang membuat kualitas kehidupan mereka menjadi jauh lebih bermakna, baik bagi diri sendiri maupun lingkungannya.

Istilah Ikigai pun kini tengah ramai diperbincangkan karena mampu membuat tujuan hidup kita menjadi lebih jelas dan bermakna, yang akan membuat kita melakukan hal-hal yang berarti bagi diri sendiri.

Apa Itu Ikigai?

Ikigai terdiri dari dua kata, yaitu iki yang berarti kehidupan dan gai yang berarti menjadi bahagia.

Diartikan secara menyeluruh, ikigai memiliki makna sebagai alasan kita untuk menjadi bahagia dengan menjalani kehidupan yang memiliki tujuan.

Ikigai di sini menekankan pada kita agar percaya, jika kita hidup di dunia ini pasti memiliki makna serta tujuan, dan untuk menjalani kehidupan tersebut, kita harus terus mencari tujuan itu dengan makna yang berarti bagi kita.

Jadi, intinya ikigai ini adalah gaya hidup sederhana ala orang Jepang yang biasanya kerap dianut oleh masyarakat pedesaan.

Di mana di balik rahasia umur panjang mereka, ada kepercayaan ikigai di dalam diri yang membuat mereka menjalani kehidupan ini secara sederhana dan sebaik-baiknya.

Ulasan Buku Ikigai: Rahasia Hidup Bahagia dan Panjang Umur Orang Jepang

Buku ini terdiri dari 9 bab yang disertai dengan prolog dan epilog, serta mindmapping ikigai yang akan semakin memudahkan kita untuk memahami konsep ikigai itu sendiri.

Tidak hanya sekadar membahas tentang ikigai, tapi di sini juga akan dijelaskan metode terapi, seperti logoterapi dan terapi morita.

Secara garis besar, ikigai merupakan alasan mengapa kita membuka mata setiap pagi untuk menjalani kehidupan.

Ikigai sendiri bersemayam dan tersembunyi di dalam diri setiap manusia, hingga kita dapat menemukan dan memaknainya, karena makna hidup tidak diciptakan, tapi ditemukan.

Mindset atau pola pikir yang dimiliki oleh orang-orang yang berusia panjang biasanya selalu positif dengan kesadaran emosional yang tinggi.

Mereka memiliki tujuan yang pasti dalam hidup, sehingga mampu menghargai dan menjalani hidup dengan cara yang lebih sederhana serta bermakna.

Di sini, ditekankan jika manusia hidup dengan melakukan segala sesuatunya secara berulang-ulang, sehingga tidak ada kiat khusus untuk menemukan kebahagiaan, selain kemampuan untuk mencapai flow.

Flow sendiri merupakan kesadaran saat menikmati dan memaknai rutinitas sehari-hari sebagai sesuatu yang bermakna.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Pada intinya, ikigai mengajak kita sebagai manusia untuk dapat mencari makna akan tujuan hidup yang sederhana, bahagia, dan bermanfaat, baik bagi diri sendiri maupun lingkungan sekitar.

Kesimpulan

Sebagai penutup, buku ini akan sangat cocok untuk dibaca oleh berbagai kalangan, karena memang pembahasannya terkesan sederhana dan mudah diimplementasikan.

Ikigai mengajak kita untuk selalu menjaga kesehatan dan mengatur pola makan agar mendoakan kehidupan yang sehat dan panjang umur.

Menjalani hidup dengan aktif dan beraktivitas secara positif adalah makna lainnya dari ikigai yang dijamin mampu meningkatkan kualitas hidup.

Cari lingkungan dan orang-orang yang positif untuk semakin memperkuat makna akan kehidupan yang ternyata sangat indah.

Jangan batasi kemampuan dengan bermain aman, tantang diri sendiri untuk menerima challenge dan hal-hal baru agar dapat memperkaya pengalaman serta mengeksplorasi dinamika kehidupan.

Jika belum menemukan tujuan hidup, teruslah untuk mencarinya, karena tidak ada kata terlambat sama sekali.

Kejar impian yang mampu membuat bahagia dan bisa memberikan makna yang mendalam dalam kehidupan kita.

Bagaimana? Ternyata untuk menjalankan hidup yang bermakna dan bahagia mudah diaplikasikan jika kita mau terus berusaha untuk mencari, bukan?

Kehidupan yang berjalan secara singkat dan hanya sementara ini akan jauh lebih berarti jika kita mampu menemukan ikigai di dalam diri kita sendiri.

Tidak hanya berisi penjelasan, buku ini juga ikut memasukkan beberapa gambar, ilustrasi, dan tabel yang akan semakin memudahkan kita untuk memahaminya.

Tidak lupa penulis juga menyertakan poin-poin penting untuk setiap penjelasannya sehingga akan mudah untuk dipahami.

Walaupun buku ini ditulis oleh orang asing, tapi isi di dalam bukunya sendiri dijamin valid, karena berdasarkan fakta dan data, bukan hanya sekadar opini belaka.

Beberapa quote yang dikutip pun memberi pengaruh tersendiri, karena dapat menyalurkan makna dari setiap penjelasan yang dijabarkan.

Tidak heran jika buku ini pun diberi gelar international best seller, karena memang isi dan dampak yang diberikan teramat sangat menginspirasi serta mudah untuk diaplikasikan ke dalam kehidupan sehari-hari.

Untuk kamu yang ingin membaca dan membeli buku ini juga, bisa langsung membeli buku Ikigai: Rahasia Hidup Bahagia dan Panjang Umur Orang Jepang di Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com