Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tren Bisnis Online yang Menjanjikan di Saat Pandemi

Kompas.com - 05/01/2022, 14:17 WIB
Sumber Gambar : Freepik.com
Rujukan artikel ini:
Bisnis Online Revolution - Cover…
Pengarang: Iwan Kenrianto
|
Editor Novia Putri Anindhita

Di masa pandemi seperti saat ini yang melumpuhkan banyak sektor pekerjaan telah membuat masyarakat kekurangan hingga kehilangan pendapatan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Oleh karena itu, diperlukan strategi untuk menyiasatinya dengan mencari pendapatan tambahan yang bisa menutupi kekurangan tersebut dan salah satu cara yang paling efektif adalah dengan berbisnis online.

Banyak tren yang lahir saat pandemi sedang berlangsung, mulai dari bersepeda, memelihara tanaman, hingga gaya hidup sehat yang bisa dijadikan peluang dalam berbisnis.

Bisnis online dengan produk atau jasa yang kita tawarkan dengan membaca tren serta selera konsumen saat pandemi seperti saat ini, selain bisa menambah penghasilan, tapi omset yang didapatkan pun bisa berkali-kali lipat.

Hanya dengan kemampuan pemasaran dan finansial yang mumpuni, kita sudah bisa memulai bisnis online dengan cara yang mudah dan murah saat sedang di rumah saja.

Berikut beberapa rekomendasi bisnis online yang menjanjikan di kala pandemi yang bisa kamu coba dan jalankan.

Rekomendasi Bisnis Online yang Menjanjikan di Saat Pandemi

1. Distributor Perlengkapan Olahraga

Kala pandemi, gaya hidup sehat menjadi pilihan bagi banyak orang agar bisa terhindar dari berbagai macam penyakit, salah satu caranya adalah dengan berolahrga.

Kini, banyak tren olahraga yang mulai berkembang saat pandemi, seperti bersepeda, yoga, exercise di rumah, hingga bermain bulu tangkis saat gelaran Olimpiade berlangsung.

Melihat peluang ini, kita bisa menjual perlengkapan berbagai macam jenis olahraga, seperti helm sepeda, matras olahraga, barbel, raket bulu tangkis, shuttlecock, hingga jersey untuk pesepeda yang dijamin akan diburu oleh banyak orang.

2. Menjual Tanaman Hias

Tidak hanya berolahraga saja yang sedang menjadi primadona di saat pandemi, tren berkebun di rumah juga sedang naik daun dan digemari oleh banyak kalangan, baik anak muda maupun orang tua.

Tren memelihara dan merawat tanaman hias seperti aglaonema, monstera deliciosa, dan alocasia plant menjadi pilihan tanaman yang banyak diminati.

Tidak hanya tanaman hias, kamu juga dapat menjual bibit sayuran yang mudah untuk ditanam dan dirawat di rumah sebagai opsi lain untuk berkebun di kala pandemi.

3. Menjual Jasa Foto Produk

Di saat pandemi, banyak toko-toko online yang bermunculan untuk menjual berbagai produk, kehadiran mereka ini bisa kamu manfaatkan untuk menawarkan jasa foto bagi produk yang mereka jual.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Kehadiran foto atau visual yang dibuat menarik dengan kualitas yang mumpuni akan membuat produk yang dijual terlihat menggiurkan untuk segera dicoba dan dibeli.

Oleh karena itu, kehadiran jasa foto produk mutlak diperlukan.

Kamu cukup meminta produk dan konsep apa yang diinginkan klien secara daring, sehingga peluang usaha online yang satu ini terlihat amat menjanjikan.

4. Menjual Makanan Ringan Kekinian

Pandemi juga membuat banyak orang menjadi mager alias malas gerak dan banyak ngemil, maka dari itu peluang untuk menjual makanan ringan yang sedang tren saat ini bisa menjadi peluang bisnis online berikutnya.

Cari pasar atau tren makanan ringan apa yang sedang banyak digemari dan diminati banyak orang ketika pandemi seperti saat ini, contohnya basreng, keripik kaca, mi lidi, atau kerupuk seblak kencur.

Usahakan untuk mencari resep yang enak dengan cara trial and error agar produk makanan ringan yang kamu buat bisa laris dan bertahan lama di pasaran.

5. Distributor Makanan Hewan Peliharaan

Lebih banyak waktu luang untuk diam di rumah ketika pandemi membuat tren memelihara kucing dan anjing menjadi opsi yang paling pas untuk membunuh waktu selama di rumah saja.

Maka, memilih menjadi distributor makanan hewan peliharaan bisa menjadi peluang bisnis online yang menggiurkan, karena kamu tidak hanya bisa menjual pakannya saja, tapi aksesoris, sampo, hingga vitamin untuk hewan peliharaan.

Kalau kamu masih merasa bingung dan memerlukan bimbingan untuk memulai bisnis online, berikut satu rekomendasi buku yang bisa kamu baca dan aplikasikan untuk memulai bisnis online kamu sendiri.

Buku Bisnis Online Revolution yang ditulis oleh Iwan Kenrianto merupakan buku yang akan memberikan penjelasan bagaimana cara untuk memulai sebuah bisnis online dengan baik dan benar.

Melalui pengalaman penulis, sebagai seorang karyawan swasta yang harus mengalami masalah keuangan pada akhirnya memotivasi dirinya untuk memulai bisnis online yang harus jatuh bangun sebelum mencapai kesuksesan.

Secara keseluruhan buku ini mampu memberikan tips-tips untuk memulai bisnis online, seperti mempersiapkan modal, cara memasarkan produk, dan masih banyak lagi.

Bagi kamu yang tertarik dan berminat untuk membelinya, buku ini bisa didapatkan di Gramedia.com.

Selamat membaca dan memulai bisnis online!

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com