Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebelum Beli Secara Daring, Simak Tips Beli Buku Impor Berikut Ini

Kompas.com - 23/12/2021, 10:00 WIB
Sumber Gambar: Pexels.com
Rujukan artikel ini:
Classics: Taman Rahasia (The Secret…
Pengarang: Frances Hodgson Burnett
|
Editor Almira Rahma Natasya

Siapa yang selalu menantikan karya terbaru dari penulis favorit?

Mungkin hampir sebagian besar pembaca akan selalu menanti-nantikan tulisan terbaru dari penulis favoritnya dan langsung membeli bukunya saat sudah diterbitkan.

Namun, saat buku yang akan dibeli adalah buku impor diperlukan proses dan waktu yang lebih lama untuk sampai ke tangan pembaca karena ada jarak dan regulasi yang membatasi itu semua.

Biasanya jika akan membeli buku impor secara daring, diperlukan ketelitian ekstra sebelum membelinya, karena selain harga buku dan ongkos kirimnya yang lebih mahal, kita juga dihadapkan dengan biaya pajak yang menyertainya.

Untungnya, kini sudah banyak toko daring di Indonesia yang menawarkan koleksi buku-buku impor agar mudah dibeli dan diakses oleh pembaca, baik dalam bentuk fisik maupun e-book.

Akan tetapi, meskipun sudah dipermudah kamu juga harus tetap hati-hati sebelum membelinya, mengingat harganya yang jauh lebih mahal dari buku lokal.

Berikut tips yang bisa kamu simak sebelum membeli buku impor secara online.

Tips Membeli Buku Impor Secara Daring

1. Cari Toko Daring atau Situs yang Terpercaya dan Memiliki Testimoni yang Baik

Sebelum membeli buku impor secara daring, pertama-tama usahakan untuk mencari toko buku online atau situs yang menyediakan buku impor dengan lengkap dan terpercaya.

Lihat testimoni dari para pelanggan lainnya yang akan sangat membantu kamu dalam mengambil keputusan sebelum membeli buku impor secara online.

Sekarang ini biasanya sudah banyak toko buku impor daring yang terpercaya dan memiliki nama besar, sehingga konsumen tidak perlu merasa khawatir saat akan membeli buku dari toko online tersebut.

2. Perhatikan Secara Terperinci Detail Buku yang akan Kamu Beli

Simak dan baca keterangan deskripsi buku sebelum kamu membeli agar tidak ada kesalahan pembelian saat kamu sudah melakukan check out.

Detail-detail penting seperti penerbit, cover buku, hingga edisi buku yang akan dibeli menjadi faktor penting dalam menentukan apakah buku tersebut memang buku yang kamu inginkan.

Selain itu, lihat juga keterangan dari kondisi buku tersebut, apakah masih mulus atau sudah ada beberapa kerusakan, karena biasanya buku impor tidak diberi bungkus plastik di luarnya.

3. Cek Syarat dan Ketentuan Pengiriman

Jarak dan lokasi yang berjauhan menjadi alasan yang kuat untuk kamu teliti memperhatikan syarat dan ketentuan pengiriman sebelum membeli buku impor secara daring.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Lihat ekspedisi pengiriman apa saja yang tersedia dan apakah bisa menjangkau pengiriman hingga ke lokasi kamu saat ini sehingga tidak ada salah persepsi saat membelinya.

Durasi pengiriman pun jangan lupa untuk diperhatikan agar kamu tidak perlu merasa khawatir saat menanti buku yang kamu beli, lalu pastikan harga ongkos kirimnya supaya bisa kamu sesuaikan.

4. Pastikan Garansi Pengembalian Buku Jika Terjadi Kesalahan

Penting diingat untuk memeriksa syarat dan ketentuan garansi pengembalian buku saat buku yang kamu terima tidak sesuai dengan deskripsi yang ditampilkan.

Hal-hal seperti cover buku yang penyok, kesalahan cetak, hingga salah mengirim judul atau edisi buku biasanya menjadi masalah utama saat membeli buku impor.

Ajukan pengembalian jika kamu mendapatkan buku yang tidak sesuai, maka dari itu amat penting untuk dapat memahami syarat dan ketentuan garansi pengembalian buku agar kamu tidak mengalami kerugian.

Membeli buku impor secara daring memang tampak lebih praktis dan mudah, tapi patut diperhatikan juga risiko yang akan diterima saat memutuskan untuk membelinya.

Oleh karena itu, tips yang telah diberikan bisa membantu kamu untuk meminimalisir risiko atau kerugian saat membeli buku impor secara daring.

Sebelum kamu membeli buku impor secara daring, ada satu buku terjemahan yang sepertinya akan cocok untuk dibaca sebelum memutuskan membeli buku impornya.

Buku klasik dari Inggris berjudul The Secret Garden bisa menjadi bahan bacaan yang pas untuk semua umur karena memiliki pesan dan makna positif di dalamnya.

Bercerita tentang Mary Lennox yang harus pindah dan tinggal di rumah pamannya, Mr. Archibald Craven, yang luas dan besar bak istana.

Namun, sang paman tidak pernah menunjukkan batang hidungnya karena masih merasakan kesedihan dari kepergian istrinya.

Mary yang merasa bosan selama tinggal di rumah pamannya, memutuskan untuk menjelajahi rumah tersebut, hingga akhirnya dia menemukan sebuah taman yang menurut para pekerja tidak boleh dimasuki oleh siapa pun.

Akan tetapi, rasa penasaran Mary membuat larangan tersebut tidak berarti dan membuat taman terbengkalai tersebut menjadi taman rahasia miliknya sendiri.

Buku ini memiliki nuansa cerita yang hangat dan mendalam yang mampu membawa pembaca pada jalinan cerita yang meneduhkan, sehingga bisa dibaca bersama keluarga.

Buku ini dapat dibeli di Gramedia.com dan temukan buku-buku menginspirasi lainnya di sana!

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com