Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Tontonan yang Dilarang Saat Hamil Demi Menjaga Kondisi Psikologis

Kompas.com - 22/08/2023, 14:00 WIB
 Tontonan yang Dilarang Saat Hamil  Sumber Gambar: Pexels.com Tontonan yang Dilarang Saat Hamil 
Rujukan artikel ini:
Hamil Tanpa Galau
Pengarang: Teman Bumil
|
Editor Novia Putri Anindhita

Menghabiskan waktu dengan menonton film atau acara televisi merupakan aktivitas menyenangkan yang biasa dilakukan oleh semua orang, tak terkecuali ibu hamil.

Namun, apakah ada daftar tontonan yang harus dihindari oleh ibu hamil? Tentu saja jawabannya tidak, sebab tak ada dampak secara langsung yang memengaruhi kondisi kehamilan.

Akan tetapi, ibu hamil tetap saja harus selektif dalam memilih jenis tontonan karena demi menjaga kestabilan kondisi psikologis selama menjalani proses kehamilan yang penting bagi kesehatan ibu dan jabang bayi.

Pasalnya, tontonan yang dapat memicu stres dikhawatirkan bisa memberikan dampak yang kurang baik untuk perkembangan janin.

Meskipun secara langsung tidak ada hubungan antara jenis tontonan dengan janin, tapi tidak mustahil jika hal tersebut dapat memengaruhi kondisi kesehatan ibu dan janin.

Di satu sisi, emosi dan suasana hati ibu hamil akan mempunyai pengaruh pada kondisi janin.

Masalahnya, wanita yang tengah mengandung mempunyai kecenderungan perubahan suasana hati yang begitu cepat.

Sementara perbuatan suasana hati ini salah satunya bisa ditimbulkan oleh jalan cerita dalam sebuah film yang ditonton.

Apa saja daftar tontonan yang dilarang ketika hamil? Cari tahu jawabannya di bawah ini.

Daftar Tontonan yang Dilarang Saat Hamil

1. Film yang Mengundang Rasa Sedih

Film drama dan romansa tentunya sudah menjadi genre favorit yang ditonton oleh sebagian besar wanita.

Biasanya film drama dan romansa akan memberikan jalan cerita yang penuh dengan emosi sehingga mampu mengaduk-aduk perasaan penonton hingga meneteskan air mata.

Hal ini mampu memicu perubahan suasana hati penonton karena emosi dari film tersebut dapat membuat mood penontonnya ikut berubah.

Apalagi ibu hamil sangat sensitif dan mudah terbawa perasaan sehingga menonton film yang memunculkan kesedihan atau emosi negatif dikhawatirkan akan memengaruhi kondisi psikologis mereka.

2. Film Horor

Film horor rasanya sudah menjadi bagian dari kebudayaan Indonesia karena banyak sekali sosok-sosok hantu ikonik dari Indonesia yang diangkat ke layar lebar.

Tidak mengherankan jika pasar film horor memang selalu laris manis karena banyak masyarakat Indonesia yang menyukainya.

Tak terkecuali dengan ibu hamil yang mungkin memiliki kegemaran dalam menyaksikan film horor.

Namun, alangkah lebih baik jika ibu hamil menghindari jenis tontonan seperti ini karena dikhawatirkan akan memperlihatkan beberapa adegan mengerikan yang memancing ketegangan dan rasa takut yang berlebihan.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

3. Film yang Mengangkat Masalah Kehamilan

Film-film bertemakan kehamilan sebenarnya lumayan menarik untuk disaksikan karena mungkin akan terasa relate dengan kondisi ibu hamil.

Namun, biasanya, film dengan tema seperti ini akan menyajikan konflik yang berhubungan dengan permasalahan saat mengandung.

Tentu saja hal ini dikhawatirkan bisa menjadi trigger bagi ibu hamil sehingga membuat mereka menjadi overthinking.

Takutnya, film-film seperti ini bisa membuat kondisi psikologis ibu hamil menjadi tidak stabil yang berisiko membahayakan kondisi kesehatan sang ibu dan janinnya.

4. Film yang Terlalu Berisik dan Penuh dengan Jumpscare

Film yang menghadirkan efek audio yang keras tentunya bisa memberikan pengalaman menonton yang menarik.

Apalagi jika disaksikan di bioskop, efek audio yang menggelegar tentunya semakin menambah intensitas keseruan saat menonton film.

Akan tetapi, hal ini tidak disarankan untuk ibu hamil karena takutnya justru malah akan menimbulkan stres.

Ditambah lagi beberapa adegan jumpscare yang terdapat pada film dengan audio yang berisik bisa membuat kesehatan janin menjadi terganggu.

5. Film yang Penuh Adegan Menegangkan

Film-film yang berisikan adegan-adegan menegangkan sebaiknya dihindari terlebih dahulu oleh ibu hamil.

Alasannya karena sama seperti film horor, film dengan adegan yang menegangkan takutnya dapat memicu stres bagi ibu hamil.

Stres pada ibu hamil bisa memicu kenaikan tekanan darah yang tentunya akan berdampak kurang baik bagi kondisi kandungan.

Tekanan darah yang naik selama kehamilan meningkatkan risiko terjadinya preeklampsia yang bisa membuat bayi lahir secara prematur.

Penting sekali untuk menjaga kondisi kesehatan saat tengah mengandung dengan banyak mencari informasi seputar kehamilan.

Salah satunya adalah dengan membaca buku Hamil Tanpa Galau yang berisi informasi lengkap dan terpercaya seputar kehamilan.

Melalui buku ini, para calon orangtua dapat memperoleh informasi lengkap dan bermanfaat untuk mempersiapkan kehamilan sampai persalinan.

Beberapa pembahasan yang terdapat di dalamnya, seperti informasi tentang tahapan kehamilan per trimester, tes kehamilan yang mesti dijalani, mitos-mitos seputar kehamilan, hubungan suami istri selama kehamilan, hingga persiapan persalinan.

Yuk, tunggu apa lagi, pesan bukunya sekarang juga di Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com