Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Doa Sehari-hari yang Penting untuk Diamalkan

Kompas.com - 03/08/2023, 15:30 WIB
doa sehari-hari Photo by Thirdman on Pexels doa sehari-hari
Rujukan artikel ini:
151 Doa Sehari-Hari
Pengarang: Esti Utami Azahra
|
Editor Rahmad

Sebagai seorang muslim, kita pasti sudah tidak asing dengan berdoa bukan? Yap, doa jadi salah satu amalan yang penting untuk menjaga hubungan kita dengan Allah SWT.

Sebenarnya semua doa itu baik dan penting. Namun, ada beberapa doa sehari-hari yang penting kamu tahu dan amalkan karena keutamaan dan pahalanya.

Yuk, simak apa saja doa sehari-hari yang penting dan baik diamalkan secara rutin.

Doa Sehari-hari

Sebagai umat Muslim, ada beberapa doa sehari-hari yang sangat penting untuk diamalkan karena mereka mencerminkan kesadaran dan ketundukan kita kepada Allah dalam setiap aspek kehidupan kita.

Berikut ini beberapa doa penting sebaiknya diamalkan setiap hari:

1. Doa Subuh

Doa ini dibaca setelah menyelesaikan shalat Subuh. Doa Subuh adalah ungkapan rasa syukur atas kesempatan hidup yang diberikan Allah pada pagi hari.

Selain menyempurnakan ibadah, doa ini juga mendatangkan banyak berkah loh bagi mereka yang rutin melakukannya. Berikut ini Doa Subuh yang bisa kamu amalkan setiap pagi:

اللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّي، لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ، خَلَقْتِنِي وَأَنَا عَبْدُكَ، وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ، أَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ، أَبُوءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلِيَّ، وَأَبُوءُ بِذَنْبِي، فَاغْفِرْ لِي فَإِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلَّا أَنْتَ

Artinya: "Ya Allah, tiada tuhan selain Engkau penciptaku dan aku adalah hamba-Mu. Aku akan tetap dalam ikatan-Mu dan perjanjian-Mu dengan semampuku. Aku berlindung pada-Mu dari kejahatan buatanku. Ku akui semua dosaku pada-Mu dan aku mengakui nikmat-Mu atasku. Maka ampunilah aku karena sesungguhnya tidak ada yang bisa mengampuni dosaku kecuali Engkau".

2. Doa Ayat Kursi

Doa Ayat Kursi ini masuk dalam doa sehari-hari yang penting karena nilainya yang memiliki derajat tinggi. Ayat Kursi masuk bagian surah Albaqarah ayat yang ke-255 dalam Alquran.

Ada banyak keutamaan loh bagi kamu yang rutin mengamalkan doa ini, terutama jiwa dan keimananmu. Berikut ini Doa Ayat Kursi yang bisa kamu amalkan setiap hari:

ٱللَّهُ لَآ إِلَـٰهَ إِلَّا هُوَ ٱلۡحَىُّ ٱلۡقَيُّومُ‌ۚ

لَا تَأۡخُذُهُ ۥ سِنَةٌ۬ وَلَا نَوۡمٌ۬‌ۚ لَّهُ ۥ مَا فِى ٱلسَّمَـٰوَٲتِ وَمَا فِى ٱلۡأَرۡضِ‌ۗ

مَن ذَا ٱلَّذِى يَشۡفَعُ عِندَهُ ۥۤ إِلَّا بِإِذۡنِهِۦ‌ۚ يَعۡلَمُ مَا بَيۡنَ أَيۡدِيهِمۡ وَمَا خَلۡفَهُمۡ‌ۖ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَىۡءٍ۬ مِّنۡ عِلۡمِهِۦۤ إِلَّا بِمَا شَآءَ‌ۚ

وَسِعَ كُرۡسِيُّهُ ٱلسَّمَـٰوَٲتِ وَٱلۡأَرۡضَ‌ۖ

وَلَا يَـُٔودُهُ ۥ حِفۡظُهُمَا‌ۚ وَهُوَ ٱلۡعَلِىُّ ٱلۡعَظِيمُ

Artinya: “Tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal dan selalu mengurus (makhluk-Nya). Tidak mengantuk juga tidak tidur. Kepunyaan-Nya adalah apa yang di langit dan di bumi. Tidak ada yang bisa memberi syafa’at di sisi Allah tanpa seizin-Nya. Sesungguh Allah mengetahui semua yang ada di hadapan dan di belakang mereka. Mereka tidak tahu apa-apa dari ilmu Allah, melainkan dari apa yang telah dikehendaki-Nya. Kursi Allah SWT meliputi seluruh langit dan bumi serta Allah tidak keberatan memelihara keduanya karena Allah SWT Maha Tinggi lagi Maha Besar.”

3. Doa Masuk dan Keluar Rumah

Doa ini mencakup permohonan perlindungan kepada Allah ketika masuk ke dalam rumah atau meninggalkan rumah.

Kebiasaan berdoa ini mungkin terdengar remeh dan kita mungkin sering lupa melakukannya. Padahal amalan doa ini sangat penting loh.

Berikut ini doa masuk dan keluar rumah yang bisa kamu amalkan setiap hari:

Doa Masuk Rumah

اللّٰهُمَّ إنِّي أَسْأَلُكَ خَيْرَ المَوْلِجِ وَ خَيْرَ المَخْرَجِ, بِاسْمِ اللّٰهِ وَ لَجْنَا، بِاسْمِ اللّٰهِ خَرَجْنَا، وَ عَلَى اللّٰهِ رَبِّنَا تَوَكَّلْنَا

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Artinya: Ya Allah, sesungguhnya aku memohon pada-Mu kebaikan tempat masuk dan kebaikan tempat keluar, dengan menyebut nama-Mu kami masuk, dengan menyebut nama-Mu kami keluar, dan hanya kepada Allah, kami bertawakal.

Doa Keluar Rumah

بِاسْمِ اللهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ، لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ

Artinya: Dengan menyebut nama Allah SWT, maka aku bertawakal pada-Mu, tiada daya dan tiada kekuatan kecuali pertolongan Allah SWT.

4. Doa Saat Kesulitan dan Kecemasan

Ketika kamu menghadapi kesulitan, kecemasan, atau cobaan, maka berdoalah kepada Allah untuk mendapatkan bantuan dan kekuatan. Berikut ini doa yang bisa kamu baca saat merasa kesulitan dan cemas:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّجَالِ

Artinya: "Ya Allah, aku berlindung Pada-Mu dari kebingungan dan rasa sedih. Aku berlindung pada-Mu dari lemah dan malas. Aku berlindung pada-Mu dari pengecut dan kikir. Dan aku juga berlindung pada-Mu dari lilitan hutang dan kesewenang-wenangan manusia.

5. Doa untuk Orang Tua dan Sesama Muslim

Selalu berdoalah untuk orang tua, keluarga, teman, dan seluruh umat Muslim agar diberikan kesehatan, keberkahan, dan kebahagiaan seperti berdoa berikut ini:

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَلِجَمِيْعِ الْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ الْأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالْأَمْوَاتِ

Artinya: “Ya Allah, ampunilah aku, orang tuaku, dan seluruh umat muslimin dan muslimat, baik yang masih hidup maupun yang sudah meninggal dunia.”

6. Doa Pengampunan Dosa

Teruslah meminta ampun pada Allah SWT, itulah sebabnya doa ini penting diamalkan sehari-hari. Selalu memohon ampunan atas dosa-dosa yang telah dilakukan sebagai bentuk kerendahan hati dan kesadaran atas kesalahan.

رَبِّ اغْفِرْ لِي، وَتُبْ عَلَيَّ، إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيْمُ

Artinya: "Ya Rabbi, ampuni dan terimalah taubatku, sungguh Engkau Maha Penerima taubat juga Maha Penyayang" (HR Abu Dawud & Tirmidzi, dari Ibnu Umar)

7. Doa untuk Kematian Dalam Keadaan Husnul Khatimah

Selain berdoa untuk dunia, sebaiknya kita juga memohon untuk akhir kematian yang pasti. Nah, berdoalah agar Allah memberikan kematian yang baik dengan iman yang kuat dan amal yang saleh seperti doa dari ayat Al-Qur’an berikut ini:

رَبَّنَآ اَفْرِغْ عَلَيْنَا صَبْرًا وَّتَوَفَّنَا مُسْلِمِيْنَ

Artinya: "Ya Rabbi, limpahkanlah kesabaran pada kami dan matikanlah kami dalam keadaan muslim (dengan berserah diri pada-Mu)" (QS Al-A'raf: 126).

Nah, itulah beberapa doa sehari-hari yang penting dan bisa kamu amalkan secara rutin.

Berdoa jadi salah satu cara utama berkomunikasi dengan Allah, sehingga disarankan untuk selalu berdoa dengan hati yang tulus dan khusyuk dalam segala keadaan.

Semoga amalan doa ini menjadi bekal kita dalam menjalani kehidupan sehari-hari dan mendapatkan keberkahan dari Allah SWT.

Yuk ketahui lebih banyak doa sehari-hari yang penting lewat buku 151 Doa Sehari-hari yang ditulis Esti Utami Azzahra.

Buku ini recomended untuk kamu yang ingin mulai kebiasaan berdoa setiap hari sesuai agama islam dengan banyak keutamaan dan pahala.

Buku ini bisa kamu pesan dan beli di Gramedia.com!

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com