Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Review? Simak Pengertian dan Jenis-Jenisnya Berikut Ini

Kompas.com - 02/08/2023, 13:30 WIB
Apa Itu Review Sumber Gambar: Freepik.com Apa Itu Review
Rujukan artikel ini:
TULISLAH! Mengembangkan Proses Kreatif Menulis…
Pengarang: Pepih Nugraha
|
Editor Puteri

Review merupakan kegiatan yang dilakukan oleh seseorang untuk memberikan penilaian terhadap suatu hal yang sudah mereka coba atau rasakan.

Saat ini aktivitas dalam memberikan review sudah semakin banyak dilakukan karena selain mudah untuk dilakukan, hasil review pun bisa disebarluaskan melalui media sosial.

Memberikan ulasan atau review juga menjadi aktivitas yang mampu menghasilkan pundi-pundi uang jika bisa dikemas secara menarik dengan hasil review yang jujur dan tidak merugikan pihak mana pun.

Namun, tentunya dalam memberikan review terhadap barang ataupun jasa tidak boleh dilakukan sembarangan karena diperlukan analisis dan fakta yang tidak hanya berlandaskan pendapat pribadi belaka.

Review juga bisa digunakan untuk meningkatkan penjualan, baik itu produk maupun jasa sehingga sebelum melakukan review sebaiknya harus memahami produk atau jasa yang akan di-review.

Apalagi saat ini terdapat banyak sekali bidang yang bisa dirambah untuk mulai melakukan review sebagai bentuk kepedulian terhadap sesuatu yang kita sukai.

Melalui jam terbang dan personal branding yang tepat, mampu menjadikan seseorang ahli dalam memberikan review pada suatu produk.

Lalu, apa sebenarnya review itu sendiri? Apa saja jenis-jenisnya? Cari tahu jawabannya berikut ini.

Pengertian Review

Review merupakan istilah yang berasal dari bahasa Inggris yang jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia bermakna ulasan atau tinjauan.

Jadi bisa diartikan bahwa review adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh seseorang untuk memberikan ulasan terhadap suatu hal yang sudah pernah dicoba sebelumnya.

Review ini berisi kelebihan atau kekurangan dari suatu produk atau jasa.

Orang-orang yang melakukan review biasanya kerap disebut sebagai reviewer, mereka sharing pengalaman saat mencoba dan menggunakan produk atau jasa.

Review sendiri sangat dibutuhkan oleh para pelaku usaha sebagai bentuk promosi dan perkembangan dalam bisnis yang dijalankan.

Perkembangan teknologi dan informasi sudah menjadikan reviewer sebagai sebuah profesi yang menjanjikan karena biasanya banyak audiens yang menonton ulasan mereka.

Akan tetapi, dibutuhkan pengalaman dan pemahaman dalam bidang tersebut karena sebuah review tidak hanya berlandaskan opini pribadi, tapi juga harus disertai analisis dan fakta.

Jenis-Jenis Review

1. Review Buku

Membaca buku merupakan aktivitas yang menyenangkan karena selain bisa menambah ilmu dan wawasan, buku juga mengajak pembacanya untuk berimajinasi.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Di era digital seperti sekarang, mengulas buku sudah semakin mudah dilakukan lewat beberapa platform, seperti media sosial dan blog.

Apalagi kini mengulas buku tidak melulu hanya dalam bentuk tulisan yang diterbitkan dalam koran atau majalah, foto dan video sudah menjadi media resensi buku yang terasa jauh lebih efektif menjangkau audiens.

Istilah-istilah seperti bookstagram, booktoker, ataupun booktweet sudah semakin menjamur di berbagai platform media sosial.

2. Review Film

Selain buku, film juga menjadi karya yang sering diulas oleh banyak orang karena memang memiliki peminat yang sangat tinggi.

Kurang lengkap rasanya jika tidak membahas secara lebih mendalam sebuah film ketika sudah disaksikan.

Beberapa aspek yang dibahas biasanya seperti sutradara, para pemain, jalan cerita, hingga kelebihan dan kekurangan dari film tersebut.

Review film akan sangat membantu banyak orang untuk menentukan film mana yang sekiranya seru dan menarik untuk ditonton.

3. Review Makanan dan Minuman

Berkembangnya media sosial berhasil memunculkan para food blogger yang kini sudah sangat banyak.

Profesi food blogger memang menjanjikan karena tentunya setiap orang sangat membutuhkan ulasan makanan dan minuman sebelum mencicipinya.

Mulai dari YouTube, TikTok, hingga Instagram mampu menjadi wadah untuk melakukan review makanan dan minuman.

Review yang jujur amat diperlukan karena makanan merupakan hal yang krusial untuk disantap oleh setiap orang.

Itulah pengertian dan beberapa jenis review yang ada.

Jika ingin meningkatkan kemampuan copywriting untuk menunjang ulasan yang unik dan menarik, maka buku Tulislah! Mengembangkan Proses Kreatif Menulis bisa menjadi bahan bacaan yang tepat.

Buku ini berisi cara bagaimana dalam mengembangkan proses kreatif menulis yang lebih luas dan inovatif. Membahas proses kreatif menulis berita, proses kreatif menulis feature, proses kreatif menulis fiksi, hingga proses kreatif menulis buku.

Dikemas dengan gaya bertutur dan isinya merupakan pengalaman puluhan tahun penulis yang berkecimpung di dunia jurnalistik dan kepenulisan.

Bukunya bisa dipesan dan dibeli melalui Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com