Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Menjadikan Feed Instagram Tampak Cantik dan Menarik

Kompas.com - 30/07/2023, 09:00 WIB
Feed Instagram  Sumber Gambar: Freepik.com Feed Instagram 
Rujukan artikel ini:
Instagram Untuk Bisnis, Hobi, Dan…
Pengarang: Jubilee Enterprise
|
Editor Ratih Widiastuty

Untuk menarik minat dan atensi banyak orang, biasanya para pengguna media sosial Instagram akan berusaha untuk membuat feed Instagram mereka tampak rapi dan cantik.

Tidak ketinggalan dihadirkan pula pola warna dan konten yang menarik untuk menambah ketertarikan audiens terhadap akun Instagram yang dibuat.

Menyusun feed Instagram yang rapi dan menarik banyak dilakukan oleh para influencer serta akun bisnis dengan tujuan untuk menggaet pengikut agar tertarik pada konten-konten yang dibuat.

Tidak hanya diperlukan konten yang menarik, feed Instagram yang rapi dan bertema juga menjadi salah satu kunci untuk mengembangkan akun media sosial yang satu ini.

Biasanya para pengguna Instagram akan memilih untuk memakai desain, warna, dan gambar yang sama untuk menciptakan feed Instagram yang rapi dengan ciri khas tersendiri.

Dalam dunia bisnis, feed Instagram merupakan salah satu hal yang paling krusial untuk diperhatikan karena menjadi media promosi lewat konten-konten yang dilihat oleh banyak orang.

Bagi para kreator, feed Instagram merupakan wajah atau identitas mereka untuk ditampilkan supaya bisa mengembangkan akun tersebut.

Mulai dari menambah pengikut, engagement, personal branding, hingga menggaet audiens baru.

Maka dari itu, penting sekali untuk mulai memikirkan membuat feed Instagram yang tampak cantik dan menarik.

Bagaimana cara membuat feed Instagram yang terlihat cantik dan menarik? Simak beberapa tipsnya berikut ini.

Menciptakan Feed Instagram yang Cantik dan Menarik

1. Menentukan Konsep Feed Instagram

Hal pertama yang harus dilakukan jika ingin membuat feed Instagram terlihat rapi dan menarik adalah dengan menetapkan konsep.

Pilih salah satu hal yang paling kita sukai dan pahami untuk dijadikan konten yang konsisten, seperti makanan, fashion, buku, film, make-up, gadget, dan lain sebagainya.

Membuat konten dengan satu konsep yang sama secara tidak langsung akan membuat feed Instagram terlihat jauh lebih rapi dan menarik.

Audiens akan melihat jika konten yang kita buat merupakan konten yang kredibel karena hanya membahas satu tema tertentu saja.

2. Memilih Pola Warna Feed Instagram

Feed Instagram akan menampilkan konten-konten yang telah diunggah, baik foto maupun video sehingga akan tampak seperti kolase.

Maka dari itu, penting sekali untuk membuat setiap konten tersebut terlihat senada agar feed Instagram bisa tampak jauh lebih rapi dan cantik.

Salah satu caranya adalah dengan memilih tema warna yang senada, seperti tema warna yang hangat, dingin, atau lembut.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Memilih tema warna yang sesuai akan membangun personal branding yang kuat sehingga feed Instagram akan terlihat lebih harmonis.

3. Membuat Konten yang Bagus dan Menarik

Tidak lengkap rasanya apabila feed Instagram tidak dilengkapi dengan konten-konten yang tidak hanya menarik, tapi juga bermanfaat.

Usahakan untuk mengambil foto atau membuat video dengan kualitas resolusi yang tinggi dengan menggunakan beberapa teknik pengambilan gambar dan proses editing yang mumpuni.

Oleh karena itu, penting sekali untuk terus mau belajar tentang cara membuat konten Instagram yang bagus dan menarik.

Pasalnya, konten yang bagus dan menarik bisa menjadi nilai tambah yang mampu menarik perhatian audiens untuk mau mengikuti akun Instagram kita.

4. Mengatur Tata Letak Konten

Untuk menciptakan feed Instagram yang cantik dan rapi, maka tata letak setiap konten pun mesti diperhatikan.

Sebelum membuat konten tertentu, lihat terlebih dahulu tampilan konten kita sebelumnya agar bisa menciptakan konten dengan tema yang selaras.

Kemampuan dalam menggunakan berbagai teknik pengambilan gambar hingga proses editing adalah kunci untuk membuat tata letak konten menjadi lebih harmonis.

Aturlah jadwal untuk mengunggah setiap konten supaya tidak membuat tampilan feed Instagram menjadi berantakan.

5. Mengatur Background Konten

Background ketika mengambil foto ataupun video mesti dipikirkan secara masak-masak demi menyelaraskan feed Instagram.

Usahakan untuk memilih background yang sederhana agar produk yang ditampilkan bisa lebih menonjol.

Pasalnya, background yang terlalu ramai justru malah menimbulkan distraksi yang bisa membuat produk tidak terlihat.

Jika ingin menonjolkan produk yang ingin ditampilkan di setiap konten, maka memilih background yang tepat harus sudah ditentukan sebelumnya.

Menarik bukan, bagaimana media sosial kini sudah menjadi portofolio yang membantu kita dalam membangun personal branding yang diinginkan.

Untuk membantu memahami seluk beluk dalam mengembangkan akun Instagram, buku Instagram untuk Bisnis, Hobi, dan Desain Grafis bisa dijadikan referensi belajar yang tepat.

Buku ini akan mengupas langkah-langkah teknis dan non-teknis dalam mengoptimalkan akun Instagram.

Beberapa bagian penting dalam Instagram, baik fitur maupun aplikasi pendukung, untuk mengembangkan bisnis, menekuni hobi, hingga membuat desain grafis, lengkap dibahas di dalamnya.

Pesan bukunya di Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com