Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ngobrolin Kegagalan ala Failosophy di Taman Langsat Bareng Grasindo

Kompas.com - 30/07/2023, 12:00 WIB
Buku Failosophy Sumber Gambar: Dok. Gramedia Widiasarana Indonesia Buku Failosophy
Rujukan artikel ini:
Failosophy
Pengarang: Elizabeth Day
Penulis Aulia Azizah
|
Editor Ratih Widiastuty

Apa yang ada di benak ketika berbicara mengenai kegagalan? Akhir dunia? Sesuatu yang diusahakan untuk tidak boleh terjadi dalam hidup? Pada Minggu, 16 Juli 2023, Grasindo berkolaborasi dengan Baca Bareng Silence Book Club untuk mengadakan piknik buku santai dan membahas kegagalan dari perspektif buku Failosophy.

Buku Failosophy adalah buku terjemahan unggulan yang telah menjadi international best-seller.

Elizabeth Day sang penulis merupakan pemilik dari siniar How to Fail yang telah mewawancarai berbagai tokoh terkenal mengenai bagaimana mereka menghadapi kegagalan dalam hidup.

Ada Tujuh Prinsip Kegagalan ala Day yang bisa kamu temukan dalam buku ini, yang kemudian diulas oleh Hestia Istiviani, inisiator Baca Bareng Silence Book Club di acara piknik buku santai hari Minggu itu.

Acara dibuka oleh Hestia, selaku moderator acara yang membicarakan kegagalan sebagai topik utama buku ini, yang sering dianggap sebagai momok kehidupan oleh banyak orang.

Lalu diselingi dengan ceritanya ketika mengalami kegagalan dalam hidup, sebelum akhirnya topik tersebut dilempar kepada audiens yang menyimak paparan mengenai kegagalan ala Failosophy.

Acara yang berdurasi dua jam di Taman Langsat tersebut disambut antusias oleh audiens yang kemudian bergantian menceritakan tentang kisah-kisah kegagalan mereka.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Ada banyak cerita personal dibagi pada orang-orang yang tadinya asing–semua orang baru bertemu satu sama lain untuk pertama kali di piknik santai ini, namun akhirnya saling kenal karena berkumpul untuk membahas buku Failosophy.

Selain banyak kisah pribadi tentang kegagalan yang muncul, ada juga cerita-cerita tentang kegagalan kecil dan sederhana yang mengesankan turut hadir dalam sesi sharing tersebut.

Setelah sharing berakhir, acara kembali diambil-alih oleh Hestia dan ia menjelaskan bahwa sesi tersebut merupakan salah satu implementasi dari prinsip kegagalan ala Failosophy, yaitu proses berbagi mengenai kegagalan yang kita alami kepada orang lain adalah salah satu cara menerima kenyataan dan mendapat kekuatan dari orang sekitar.

Di akhir acara, ditutup dengan kuis seru dari Grasindo dengan hadiah berupa merchandise bagi peserta yang berhasil menjawab pertanyaan kuis dengan benar.

Selain diwarnai oleh kuis seru, acara piknik ini juga kedatangan peserta tak terduga, yaitu soang penghuni Taman Langsat dan diakhiri dengan sesi foto dan video singkat bersama para peserta.

Tak lupa juga ada tagline #ItsOktoFail.

Sampai jumpa pada piknik buku santai lainnya bersama Grasindo, ya!

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com