Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Rekomendasi Buku R.A. Kartini untuk Lebih Mengenal Jasa dan Kisah Hidupnya

Kompas.com - 30/06/2023, 13:30 WIB
 Rekomendasi Buku R.A. Kartini Sumber: pixabay/LubosHouska Rekomendasi Buku R.A. Kartini
Rujukan artikel ini:
Seri Pahlawan Nasional : R.A.…
Pengarang: Watiek Ideo & Nindia…
|
Editor Rahmad

Siapa yang tidak mengenal sosok Kartini?

R.A. Kartini menjadi sosok wanita yang banyak dipuja oleh wanita Indonesia. Berkat beliau, wanita yang ada di negeri ini dapat merasakan kesamaan derajat dengan kaum pria.

Masa hidup R.A Kartini bisa dibilang begitu singkat, yaitu 25 tahun. Walaupun begitu, R.A. Kartini sudah banyak mengutarakan berbagai pendapatnya. Apa yang telah dilakukan olehnya berhasil membuka lebar pintu emansipasi.

Untuk mengenal lebih jauh dengan sosok R.A. Kartini, kamu bisa membaca berbagai buku yang membahas tentang biografi R.A. Kartini. Berikut rekomendasi buku tentang biografi R.A. Kartini yang seru untuk kamu baca.

Rekomendasi Buku Biografi R.A. Kartini

1. Seri Pahlawan Nasional : R.A. Kartini

Rekomendasi buku tentang biografi R.A. Kartini yang pertama berjudul Seri Pahlawan Nasional : R.A. Kartini karya Watiek Ideo & Nindia Maya. Buku ini mengisahkan tentang R.A. Kartini sebagai seorang aktivis Indonesia yang terkemuka.

Didalamnya juga dijelaskan cara R.A. Kartini dalam mengadvokasi berbagai hak-hak perempuan, termasuk tentang Pendidikan perempuan. Buku yang memiliki 32 halaman ini membahas secara singkat dan lengkap kisah hidupnya.

2. Raden Ajeng Kartini Pelopor Kebangkitan Perempuan Indonesia

Kalau buku rekomendasi berikut ini, berjudul Raden Ajeng Kartini Pelopor Kebangkitan Perempuan Indonesia karya Malika Savitri. Sesuai dengan judulnya, buku ini membahas tentang perjuangan R.A. Kartini dalam memperjuangkan hak-hak para wanita.

Setiap orang, mulai dari kanak-kanak, hingga orang tua, terutama kaum wanita, tentunya mengenal sosok R.A. Kartini, karena tanggal kelahirannya, yaitu 21 April dijadikan sebagai sebuah hari peringatan.

Buku ini juga dilengkapi dengan biografi R.A. Kartini sejak dirinya masih kanak-kanak sampai dirinya dewasa. Termasuk tentang surat-surat yang dibuat oleh Kartini kepada teman-temanya serta handai taulannya yang ada di negeri Belanda.

3. Buku Saku Tempo: Kartini

Kisah tentang Kartini dimuat dalam Buku Saku Tempo: Kartini. Kisah Kartini adalah jilid perdana dari seri “Perempuan-perempuan Perkasa”, yang diangkat dari liputan khusus Majalah Berita Mingguan Tempo April 2013.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Nah, serial ini mengupas, mengangkat, serta mengisahkan tentang sisi lain kehidupan dari para tokoh perempuan yang mempunyai peranan besardi setiap zamannya.

4. Seri Tempo Kartini 2022

Kartini merupakan kontradiksi, dia adalah seorang wanita yang cerdas tetapi juga lemah hati. Kartini banyak menyerap ide masyarakat Barat, tetapi dia tidak pernah takluk pada adat.

Dalam buku berjudul Seri Tempo Kartini 2022 ini merupakan jilid perdana dari seri-seri Perempuan Perkasa yang diangkat melalui sebuah liputan khusus Majalah Berita Mingguan Tempo, April 2013.

Seri ini mengisahkan, mengangkat, serta mengupas sisi lain dari kehidupan para tokoh perempuan yang mempunyai peranan besar dalam setiap zamannya.

Pada buku ini, digambarkan tentang kehidupan seorang R.A. Kartini dalam bentuk yang lebih kompleks lagi. Para pembacanya akan disuguhkan pada perempuan-perempuan tanah air.

Selain itu, buku ini juga memberikan inspirasi kepada para pembacanya melalui pengalaman yang luar biasa yang bisa diambil dari sosok Kartini.

Lalu, buku yang berjumlah 158 halaman ini juga berisikan banyak sekali fakta menarik yang berhasil dikemas dengan sangat menarik oleh tim penulis dari redaksi Tempo.

5. Celoteh R.A. Kartini: 232 Ujaran Bijak Sang Pejuang Emansipasi

R.A. Kartini merupakan seorang perempuan Jawa yang merupakan sosok pemikir feminis awal yang ada di Indonesia. Dia adalah sosok perempuan yang setiap gagasannya mampu mencerahkan serta mengilhami banyak kalangan, terutama pada kaum wanita.

Secara garis besar, buku yang berjudul Celoteh R.A. Kartini: 232 Ujaran Bijak Sang Pejuang Emansipasi karya Ahmad Nurcholish terdiri dari 4 bagian yang dibagi berdasarkan pada tema uraian bijak yang disampaikan.

Pada bagian pertama buku ini berjudul “Pendidikan dan emanipas Perempuan, lalu untuk bagian keduanya, berjudul “Cita-cita, Perjuangan, dan Kebangsaan”, kemudian pada bagian ketiga berjudul “Cinta, Agama, dan Kemanusiaan”, dan pada bagian terakhir, berjudul “Motivasi Hidup dan Sosial-Kemsyarakatan.”

Nah, itulah beberapa rekomendasi buku yang memuat biografi R.A. Kartini yang menarik untuk dibaca untuk lebih mengenal sosoknya. Semua buku rekomendasi tersebut bisa dengan mudah kamu pesan dan beli melalui gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com