Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Biaya Hidup di Kota Jakarta? Cari Tahu di Sini Yuk!

Kompas.com - 22/06/2023, 12:00 WIB
Biaya Hidup di Jakarta Sumber Gambar: Pexels.com Biaya Hidup di Jakarta
Rujukan artikel ini:
Seni Mengatur Keuangan Keluarga dalam…
Pengarang: Richard Mahaputra
Penulis Krisna
|
Editor Ratih Widiastuty

Ibukota Jakarta merupakan pusat seluruh aktivitas ekonomi dan juga pemerintahan di Indonesia, oleh karena itu tidak heran kalau banyak orang yang merantau ke Jakarta untuk bekerja ataupun berbisnis.

Menurut Badan Pusat Statistik bahwa penduduk DKI Jakarta pada tahun 2022 berjumlah 10,7 Juta atau sejumlah 3,6% dari jumlah seluruh penduduk Indonesia.

Dengan luas daerah 661,5 km2 sehingga setiap km2 di DKI Jakarta dihuni oleh 16125 jiwa yang artinya berada pada level sangat padat.

Hal geografis tersebut yang menjadi pengaruh besar terhadap ekonomi di DKI Jakarta mulai dari harga barang, makanan, hingga tempat huni juga gaya hidup yang menjadikan DKI Jakarta sebagai kota dengan biaya hidup termahal di Indonesia.

Rincian Biaya Hidup di Jakarta

1. Tempat Tinggal

Tempat tinggal adalah kebutuhan utama untuk hidup dimana tempat tinggal adalah tempat kita mengisi tenaga, beristirahat dari lelahnya aktivitas, dan juga tentunya sebagai tempat berlindung.

Tempat tinggal di Jakarta sendiri berada pada kisaran Rp1.000.000 hingga Rp4.000.000 per bulannya untuk penyewaan kos tergantung fasilitas, lingkungan, dan juga daerah kos itu sendiri.

Selain penyewaan kos ada pula penyewaan apartemen atau kontrakan yang berada pada kisaran harga Rp4.000.000 hingga Rp10.000.000 per bulannya yang juga tergantung dengan fasilitas, lingkungan, dan daerah yang ditempati.

2. Makanan

Untuk biaya makanan sendiri menghabiskan sekitar Rp15.000 hingga Rp25.000 untuk satu porsi makanan yang bisa dibeli di warteg atau warung nasi biasa.

Sedangkan makanan yang dijual sekitaran food court biasanya berkisar dari harga Rp50.000 hingga Rp100.000 untuk satu porsinya tergantung dari jenis makanannya sehingga untuk estimasi kebutuhan makan pokok sehari berkisar dari Rp45.000 hingga Rp200.000

Jika dihitung per bulan maka pengeluaran untuk makanan sebesar Rp1.350.000 hingga Rp6.000.000

3. Komunikasi

Kebutuhan komunikasi sudah menjadi kebutuhan pokok untuk sekarang ini karena hampir semua orang berkomunikasi melalui internet sehingga kebutuhan akan pulsa ataupun kuota internet merupakan suatu kebutuhan pokok.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Untuk biaya internet berupa kuota paket internet per bulannya berada pada kisaran Rp150.000 hingga Rp500.000 namun untuk penggunaan Wi-Fi untuk paket termurah berada di sekitar Rp300.000

4. Transportasi

Transportasi umum di Jakarta menjadi fasilitas kota yang sangat membantu karena dapat mempersingkat waktu dengan menghindari kemacetan serta menghemat biaya perjalanan.

Biaya KRL atau Commuter Line diperkirakan Rp5.000 untuk satu kali perjalanan tergantung jarak atau untuk kisaran harganya mulai dari Rp3.000 hingga Rp8.000 sehingga untuk per bulannya jika menggunakan KRL maka uang yang harus dikeluarkan adalah sekitar Rp200.000.

5. Gaya Hidup

Jakarta yang merupakan pusat dari segala urusan menjadikan gaya hidup di Jakarta yang modis dan trendy sehingga pasti terdapat pengeluaran untuk berbelanja baik itu bulanan yang berupa pakaian ataupun barang-barang lainnya.

Sehingga dari rincian diatas untuk dikatakan cukup maka pengeluaran yang dikeluarkan per bulannya sekitar Rp4.000.000.

Jika dibandingkan dengan Upah Minimum Regional (UMR) yang berada di Rp4.901.798 dapat dikatakan hanya cukup untuk menghidupi satu orang di Jakarta itupun belum termasuk dengan biaya kesehatan atau biaya darurat lainnya apalagi tabungan sehingga kamu perlu mengatur keuangan kamu sebaik mungkin untuk hidup di Jakarta.

Untuk pengeluaran rumah tangga sendiri yang bisa dianggap beranggotakan 4 orang dalam satu keluarga maka pengeluaran untuk per bulannya yaitu sebesar Rp6.000.000 - Rp10.000.000 yang berarti jika dalam keluarga tersebut penghasilan yang dihasilkan hanya dari seorang dan masih berada dibawah nilai tersebut maka harus mengatur dan menghemat pengeluaran.

Kebutuhan untuk pendidikan anak dan lain sebagainya yang mengharuskan memiliki tabungan juga harus dipenuhi sehingga pengelolaan keuangan yang sangat baik diperlukan untuk hidup di Jakarta.

Keahlian mengatur keuangan bisa kamu pelajari untuk kamu implementasikan untuk kehidupan sehari-hari seperti yang dibahas pada buku Seni Mengatur Keuangan Keluarga dalam Segala Situasi karya Richard Mahaputra.

Dalam buku ini membahas efek luar biasa dari pengelolaan keuangan yang efektif yang berdasar dari Keluarga atau seseorang tanpa perencanaan keuangan yang matang akan tersendat dalam menggapai cita-cita terlebih lagi menghadapi situasi ekonomi yang semakin sulit diprediksi.

Dapatkan buku Seni Mengatur Keuangan Keluarga dalam Segala Situasi secara online melalui Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com