Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cara Menentukan Arah Mata Angin Tanpa Kompas yang Bisa Kamu Lakukan

Kompas.com - 07/06/2023, 11:30 WIB
Cara Menentukan Arah Mata Angin Sumber: pixabay.com/Pexels Cara Menentukan Arah Mata Angin
Rujukan artikel ini:
Atlas Super Lengkap Indonesia &…
Pengarang: Atlas Super Lengkap Indonesia…
|
Editor Rahmad

Di zaman yang sudah modern seperti saat ini, banyak dari kita yang tidak memahami cara dalam menentukan arah mata angin.

Sebab, saat ini untuk menunjukkan arah kitab isa dengan mudah menggunakan smartphone dan langsung diarahkan pada tujuan kita.

Arah mata angin sendiri digunakan untuk menunjukkan posisi arah suatu tempat. Arah mata angin memiliki empat arah pokok, yaitu utara, timur, selatan, dan barat.

Lalu, ada juga tenggara yang letaknya di antara timur dan selatan dan barat daya yang letaknya di antara selatan dan barat.

Arah mata angin antara barat dan utara adalah arah barat laut, sedangkan yang terletak antara utara dan timur disebut timur laut.

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, bahwa saat ini sangat mudah dalam menentukan arah mata angin.

Salah satunya dengan fitur kompas yang bisa diakses di aplikasi smartphone. Tetapi, gimana kalau kondisinya tidak memungkinkan untuk kita mengakses kompas?

Tenang, terdapat cara mudah dalam menentukan arah mata angin tanpa menggunakan Kompas. Penasaran? Simak artikel berikut ini, ya!

Cara Menentukan Arah Mata Angin Tanpa Kompas

1. Menentukan arah mata angin dengan bantuan matahari

Matahari terbit berada di sebelah timur dan tenggelam di sebelah barat. Apabila kamu berdiri dengan menghadap kearah matahari terbit, lalu tangan kamu adalah arah selatan dan tangan kirimu adalah utara.

Maka sebaliknya, kalau kamu menghadap kearah matahari terbenam, maka tangan kanan kamu adalah utara dan tangan kiri kamu adalah selatan.

2. Bayangan batang kayu

Selain menentukan arah mata angin dengan bantuan matahari, kamu juga bisa menggunakan bantuan batang kayu, lho.

Caranya adalah dengan menancapkan sebilah kayu sepanjang setengah meter.

Kemudian, saat waktu pagi menuju ke siang hari, maka bayangan kayu akan condong ke arah barat, sedangkan saat siang menuju sore hari, bayangan dari kayu akan condong ke arah timur. dengan begitu, kamu bisa menentukan arah mata angin dengan benar.

3. Menggunakan bantuan jam tangan

Jam yang dimaksud di sini adalah jam tangan analog yang mempunyai dua jarum. Caranya adalah dengan melihat angka 12 pada jam tangan kamu, lalu kamu arahkan ke tempat arah matahari.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Dengan begitu, maka garis tengah yang membagi jarum jam dan angka 12 adalah arah utara dan juga arah selatan.

4. Menggunakan bantuan pohon di sekitar

Jika kamu tidak memiliki Kompas atau sedang tidak ada matahari, maka kamu bisa memanfaatkan bantuan pohon dalam menentukan arah mata angin.

Caranya adalah dengan memperhatikan pohon yang mempunyai batang besar.

Biasanya, batang pohon yang tidak ditumbuhi oleh lumut menunjukkan ke arah timur. lalu, sebaliknya, batang pohon yang tidak banyak ditumbuhi oleh lumut adalah menunjukkan arah barat.

Suhu pohon pada malam hari juga bisa membantu kamu dalam menentukan arah mata angin. Sisi pohon yang hangat biasanya menunjukkan arah barat.

Hal itu dikarenakan kemungkinan matahari terbenam belum lama, sehingga cahayanya masih menghangatkan bagian sisi barat dari pohon tersebut.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan jika ingin menentukan arah mata angin saat kamu tidak memiliki kompas.

Kamu bisa mempelajari tentang arah mata angin juga melalui buku atlas. Salah satunya melalui buku Atlas Super Lengkap Indonesia & Dunia.

Buku ini berisikan kumpulan peta di wilayah Indonesia berdasarkan pada sumber data yang terbaru dan juga terlengkap.

Di edisi buku ini, terdapat 34 provinsi yang ada di Indonesia. Buku atlas ini memiliki ukuran yang kecil, sehingga mudah untuk dibawa ke mana saja.

Meskipun kecil, tetapi buku atlas ini sangat lengkap, dilengkapi juga dengan informasi tentang usim, gerhana, dan juga perbedaan siang dan malam yang terjadi di wilayah Indonesia.

Jadi, buku ini sangat cocok menjadi buku panduan tata letak wilayah di Indonesia untuk para pelajar dari berbagai jenjang dan juga masyarakat umum.

Buku ini bisa langsung kamu pesan dan beli melalui gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com