Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menghilangkan Kebiasaan Buruk, Bantu Hidupmu Jadi Lebih Baik

Kompas.com - 06/06/2023, 10:00 WIB
Cara Menghilangkan Kebiasaan Buruk Sumber Gambar: Freepik.com Cara Menghilangkan Kebiasaan Buruk
Rujukan artikel ini:
Atomic Habits: Perubahan Kecil yang…
Pengarang: James Clear
Penulis Okky Olivia
|
Editor Puteri

Setiap manusia biasanya memiliki kebiasaan buruk yang bisa merugikan dirinya sendiri dan orang lain.

Kebiasaan buruk ini juga bisa mempengaruhi karier, kesehatan, dan hubungan seseorang dengan orang-orang di sekitarnya.

Beberapa kebiasaan buruk yang seringkali dijumpai dalam kehidupan sehari-hari adalah merokok, tidak menghargai waktu, malas belajar, suka menunda-nunda pekerjaan, dan masih banyak lagi.

Kebiasaan buruk yang terus dibiarkan ini tentunya bisa membuat orang lain menjadi muak dan ilfeel, sehingga harus segera dihilangkan.

Meski tidak mudah, menghilangkan kebiasaan buruk perlu dilakukan secara bertahap.

Berikut adalah beberapa cara untuk menghilangkan kebiasaan buruk yang bisa kamu lakukan.

Cara Menghilangkan Kebiasaan Buruk

1. Menyadari Kebiasaan Buruk yang sering Kamu Lakukan

Hal pertama yang kamu butuhkan adalah memberikan alasan pada diri sendiri untuk menghentikan kebiasaan buruk yang sering kamu lakukan.

Dalam buku Atomic Habits karya James Clear, kebiasaan diibaratkan sebagai sebuah pedang dengan 2 sisi.

Kebiasaan bisa menguntungkan dan menjadikanmu teman, tapi juga bisa merugikan dan menjadikanmu sebagai lawan.

Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk menyadari kebiasaan-kebiasaan buruk yang kamu miliki, supaya tidak memberikan dampak negatif bagi dirimu sendiri dan orang lain.

2. Cari Tahu Pemicunya

Tingkah laku dan kebiasaan akan memiliki pola khusus.

Saat kebiasaan buruk yang kamu lakukan sudah terlalu parah, sinyal-sinyal pada otak biasanya akan memberikan isyarat yang membuatmu berpikir ulang.

Dalam banyak hal, kebiasaan buruk biasanya dipicu oleh stres yang berlebihan sehingga tubuh membutuhkan cara untuk bisa melepaskan ketegangan.

3. Tetapkan Tujuan yang Ingin Dicapai

Setelah kamu mengetahui pemicunya, kamu juga perlu merencanakan bagaimana caranya menghentikan kebiasaan buruk tersebut.

Salah satu caranya adalah dengan menetapkan tujuan dan menuliskan langkah-langkah spesifik untuk bisa mencapai tujuan tersebut.

Dalam bukunya, James Clear memiliki istilah sendiri dimana tujuan diibaratkan sebagai sasaran sementara cara untuk mencapainya diibaratkan sebagai sistem.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Kebanyakan orang saat ini hanya fokus pada sasaran tanpa mementingkan sistem sehingga banyak keinginannya yang akhirnya tidak tercapai.

Padahal, sistem memiliki pengaruh yang lebih besar dalam perubahan kehidupan ketimbang sasaran.

Akibatnya, ada banyak masalah yang timbul karena seseorang terlalu memikirkan sasarannya tanpa menyediakan waktu untuk merancang sistem yang efisien.

4. Singkirkan Hal-Hal yang Berpotensi Mengganggu

Menyingkirkan hal-hal yang berpotensi mengganggu juga termasuk bagian dari proses menghilangkan kebiasaan buruk.

Sebagai contoh, misalnya kamu ingin berhenti merokok, maka kamu harus menyingkirkan asbak dan korek api supaya tidak tergoda untuk kembali merokok.

5. Ambil Satu Langkah dan Konsisten

Menghilangkan kebiasaan buruk tentu tidak bisa terjadi dalam satu malam, jadi jangan pernah memaksakan atau menyiksa diri sendiri.

Diperlukan waktu berminggu-minggu, berbulan-bulan, atau bahkan bertahun-tahun untuk benar-benar bisa menjauh dari kebiasaan buruk.

Yang terpenting adalah seberapa besarnya niatmu dan seberapa konsistennya usahamu untuk berubah menjadi lebih baik.

Buku Atomic Habits menjelaskan bahwa, apabila seseorang belajar untuk menjadi lebih baik sebanyak 1% dalam satu tahun, maka dia akan menjadi 37 kali lebih baik pada akhir tahun.

Sebaliknya, jika seseorang menjadi lebih buruk sebanyak 1% dalam satu tahun, dia tidak akan mendapatkan kebaikan apapun di akhir tahun atau bahkan di tahun-tahun mendatang.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kalau kamu merasa kesulitan untuk mengubah kebiasaan buruk yang kamu miliki, mungkin masalahnya tidak terletak pada diri kamu melainkan pada sistem yang kamu jalankan.

Kebiasaan buruk terus menerus berulang bukan karena kamu tidak mau berubah, tapi karena ada sistem yang keliru saat merencanakan perubahan.

Jika kamu ingin tahu lebih lanjut, seluruh tips untuk menghilangkan kebiasaan-kebiasaan buruk ini bisa kamu temukan secara lengkap dalam buku Atomic Habits yang ditulis oleh James Clear.

Buku ini juga menjabarkan beberapa cara untuk memulai sebuah kebiasaan baik dari hal-hal yang dianggap sederhana oleh sebagian orang.

Tidak lupa, James Clear juga menyisipkan beberapa kisah inspiratif dari para tokoh dunia yang sukses setelah berhasil menerapkan konsep perubahan yang ada dalam buku ini.

Kalau tertarik, kamu bisa dapatkan buku ini di toko buku Gramedia atau melalui online di Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com