Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Contoh Latar Belakang Makalah dan Tips Pembuatan Makalah Sesuai dengan Kaidah Penulisan Karya Ilmiah

Kompas.com - 01/06/2023, 18:16 WIB
Contoh Latar Belakang Makalah Sumber Gambar: Freepik.com Contoh Latar Belakang Makalah
Rujukan artikel ini:
Panduan Karya Tulis Ilmiah dengan…
Pengarang: Kristian Agung Prasetyo dan…
Penulis Okky Olivia
|
Editor Ratih Widiastuty

Para guru, dosen, peneliti, mahasiswa, maupun siswa pasti pernah mendapatkan tugas untuk membuat karya tulis ilmiah berupa makalah.

Saat membuat makalah, kita sering kali merasa kesulitan untuk mencari dan menentukan tema makalah yang nantinya akan dijadikan sebagai pokok permasalahan yang akan dibahas dengan tetap memperhatikan kaidah penulisan yang baik dan benar.

Selain tema pokok yang akan dibahas, latar belakang juga termasuk salah satu bagian makalah yang kerap membuat para penulis merasa kebingungan.

Untungnya, canggihnya teknologi saat ini semakin mempermudah manusia untuk mencari informasi terutama yang berkaitan dengan penulisan makalah.

Berikut ini adalah beberapa contoh teks latar belakang makalah yang bisa kamu jadikan sebagai referensi tambahan.

Contoh Latar Belakang Makalah dalam Berbagai Tema

1. Makalah Singkat dengan Tema Pancasila

Judul: Pancasila sebagai Ideologi Bangsa Indonesia

Seperti yang sudah kita ketahui, Pancasila adalah dasar ideologi dan pandangan hidup bangsa Indonesia.

Pancasila ini terdiri dari 5 sila yang pada hakikatnya merupakan sebuah sistem filsafat yang membentuk suatu kesatuan dan pada akhirnya saling berhubungan untuk satu tujuan tertentu.

Kesetiaan, Nasionalisme, dan Patriotisme dari warga negara Republik Indonesia nantinya bisa diukur melalui bentuk kesetiaan mereka terhadap filsafat negaranya yang secara formal diwujudkan dalam Undang-Undang Dasar 1945 dan peraturan perundang-undangan lainnya.

Kesetiaan warga negara Republik Indonesia ini bisa tampak dalam tindakan dan sikapnya sehari-hari, terutama saat menghayati dan mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

2. Makalah dengan Tema Internet

Judul: Perkembangan Internet untuk Transaksi Jual-Beli

Di era modern seperti sekarang, perkembangan internet dan teknologi tentunya sudah semakin canggih.

Dengan adanya internet, hampir semua aktivitas manusia bisa dengan mudah dilakukan melalui jarak jauh, misalnya seperti berkomunikasi dengan keluarga yang tinggal di kota atau negara lain, memesan transportasi online, sampai melakukan proses atau transaksi jual-beli.

Transaksi jual-beli ini biasanya tidak hanya terpaku di satu kota saja, melainkan bisa mencakup antar kota dan antar negara dengan biaya yang sangat terjangkau.

Dengan begitu, tidak sedikit perusahaan yang akhirnya ikut menawarkan berbagai macam produk dan jasanya melalui internet, mulai dari jasa pengiriman barang, penjualan produk makanan, penjualan produk tekstil, dan masih banyak lagi.

Transaksi jual-beli melalui online ini sudah memiliki platformnya sendiri yang dinamakan E-Commerce.

Di dunia, E-Commerce sudah ramai sejak tahun 2010, bahkan pada tahun 2019, Indonesia sempat dinobatkan sebagai negara dengan adopsi E-Commerce tertinggi di dunia.

Pengguna internet saat ini sangat beragam mulai dari usia 15 sampai 65 tahun dan sebagian besar diantaranya sudah pernah melakukan transaksi di E-Commerce.

Sampai saat ini, Indonesia telah memiliki beberapa pilihan E-Commerce seperti Shopee, Bukalapak, Tokopedia, Lazada, dan masih banyak lagi.

Selain harga yang jauh lebih murah dan lebih praktis karena tidak perlu keluar rumah hanya untuk berbelanja, E-Commerce juga dianggap sebagai media yang paling aman untuk kedua belah pihak yakni penjual dan pembeli.

Di sisi lain, keberadaan E-Commerce juga bisa membantu para penjual karena mereka tidak perlu mengeluarkan banyak uang hanya untuk menyewa toko, dan lain-lain.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

3. Makalah dengan Tema Internet

Judul: Manfaat Pembuatan Lubang Serapan Air Hujan di Sekolah

Makalah ini akan membahas mengenai manfaat pembuatan lubang serapan air hujan di sekolah, khususnya di SMAN Mollo, Nusa Tenggara Barat yang termasuk salah satu provinsi yang rawan mengalami kekeringan di musim kemarau.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat ada lebih dari 1.900 desa di 79 kabupaten dan 7 provinsi yang terdampak kekeringan. Ke-7 provinsi tersebut adalah Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, D.I. Yogyakarta, Jawa Barat, dan Bali.

Padahal air merupakan salah satu kebutuhan paling mendasar bagi seluruh makhluk hidup terutama manusia.

Pembuatan resapan air hujan ini merupakan salah satu cara yang bisa diambil untuk menghadapi musim kemarau yang akan datang.

Resapan air hujannya nanti bisa langsung dibuang dengan mudah. Dalam hal ini, pembuatan resapannya tentu tidak terlalu sulit karena bisa dilakukan oleh semua orang.

Tips Membuat Makalah yang Sesuai dengan Kaidah Karya Ilmiah

1. Mempersiapkan Segala Hal yang Diperlukan

Dalam tahap persiapan pembuatan makalah ini, ada beberapa hal penting yang harus kamu perhatikan, yaitu:

  • Mengumpulkan berbagai macam referensi atau sumber yang berkaitan dengan tema atau judul makalah yang akan kamu buat.
  • Membaca buku, majalah, jurnal, atau artikel yang akan kamu jadikan sebagai referensi, tujuannya untuk membentuk kerangka rumusan sekaligus memperluas pengetahuanmu terkait dengan materi makalah yang akan dibuat.
  • Memastikan supaya laptop atau PC yang akan kamu pakai berada dalam kondisi sehat sehingga bisa dengan mudah menyimpan segala jenis data dan file yang dibutuhkan.
  • Pastikan memiliki jaringan internet yang stabil.
  • Cari orang-orang yang ahli dalam bidang yang akan kamu teliti supaya nantinya kamu bisa mendapatkan kritik atau opini mengenai materi yang sudah kamu buat dalam makalah.

2. Penulisan Harus Sesuai dengan Pedoman

Tahap ini biasanya merupakan tahap pengembangan kerangka makalah yang nanti akan disusun dengan lebih kompleks.

Beberapa hal yang bisa kamu lakukan adalah:

  • Mengkali berbagai macam sumber yang sudah kamu dapatkan sebelumnya.
  • Memperhatikan teknik penulisan dalam pembuatan makalah.

3. Menentukan dan Membuat Judul Makalah

Langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah menentukan dan membuat judul untuk makalah yang akan kamu buat.

Pemilihan judul ini tentunya harus sesuai dengan isi yang akan dibahas dalam makalah dan usahakan membuat judul yang menarik agar orang-orang penasaran dan mau membaca makalahmu.

4. Coba Tulis Makalah Sesuai dengan Kerangka Makalah

Dikutip dari Badan Standarisasi Nasional atau BSN, menulis sebuah karya tulis berupa makalah ini memiliki beberapa syarat seperti harus menggunakan pemikiran sendiri, hasil tulisannya belum pernah dipublikasikan sebelumnya, dan bersifat ilmiah.

Dalam penulisan dan penyusunan makalah, ada beberapa hal yang harus kamu penuhi, diantaranya seperti:

  • Cover
  • Kata Pengantar
  • Daftar Isi
  • BAB I (Pendahuluan)
  • Latar Belakang
  • Rumusan Masalah
  • Tujuan Penulisan Makalah
  • Bab II (Isi atau Pembahasan)
  • Bab III (Penutup)
  • Kesimpulan
  • Saran
  • Daftar Pustaka

5. Memeriksa Hasil Tulisan di Akhir

Pada tahap terakhir, kamu juga harus memeriksa hasil tulisanmu yang berkaitan dengan ejaan, penggunaan kata atau istilah, penggunaan tanda baca, dan masih banyak lagi.

Kegiatan memeriksa kembali hasil tulisan yang telah dibuat ini memiliki beberapa tujuan, salah satunya agar setiap kata dan kalimat dalam makalah sudah sesuai dengan PUEBI yang baik dan benar.

Tak hanya itu, proses pemeriksaan akhir ini juga penting supaya kamu bisa mengetahui jika nantinya ada kata-kata yang typo, kesalahan saat menulis format makalah, dan masih banyak lagi.

Jika kamu masih membutuhkan berbagai panduan tambahan dalam penulisan makalah dan karya tulis ilmiah lainnya, kamu bisa coba membaca buku Panduan Karya Tulis Ilmiah dengan Microsoft Word 365 dan 2019.

Dalam pembuatan berbagai karya tulis ilmiah, Microsoft Word tentunya menjadi program pengolah kata yang selalu digunakan.

Buku ini akan mengupas tuntas cara pembuatan makalah, skripsi, tesis, dan disertasi agar jauh lebih efisien dan tidak membuang banyak waktu.

Tidak hanya itu, buku ini juga memberikan panduan tentang hal-hal mendasar dalam penulisan karya ilmiah misalnya cara mengolah gambar secara otomatis, cara membuat tabel otomatis, cara membuat catatan kaki (footnote), dan masih banyak lagi.

Setelah memahami cara penggunaan Microsoft Word, pekerjaan kamu yang berhubungan dengan tulis menulis tentunya akan menjadi jauh lebih ringan dari sebelumnya.

Kalau kamu tertarik untuk memiliki buku ini, kamu bisa dengan mudah menemukanya melalui online di Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com