Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Tips Jitu Membuat Tinjauan Pustaka Karya Ilmiah yang Sistematis

Kompas.com - 20/01/2023, 13:30 WIB
cara membuat tinjauan pustaka Sumber: pixabay cara membuat tinjauan pustaka
Rujukan artikel ini:
Panduan Praktis Menulis Karya Ilmiah
Pengarang: Mulasih, M.PD dan Winda…
|
Editor Rahmad

Siapa nih yang sedang merasa kesulitan dalam membuat Tinjauan Pustaka? Tinjauan Pustaka menjadi hal yang wajib ada di dalam sebuah karya tulis ilmiah. Adanya Tinjauan Pustaka ini supaya penelitian yang akan kita teliti tidak mempunyai permasalahan yang sama dengan penelitian sebelumnya.

Saat ini, masih banyak yang merasa kebingungan dalam membuat Tinjauan Pustaka. Bahkan, ada juga yang mengira bahwa Tinjauan Pustaka sama halnya dengan daftar Pustaka. Padahal kedua hal ini sangatlah berbeda.

Lantas, bagaimana cara membuat Tinjauan Pustaka yang secara sistematis? Berikut ini adalah cara yang bisa kamu lakukan dalam membuat Tinjauan Pustaka.

Cara Membuat Tinjauan Pustaka

cara membuat tinjauan pustaka cara membuat tinjauan pustaka

Supaya Tinjauan Pustaka yang kamu buat lebih sistematis dan baik, kamu bisa melakukan beberapa hal di bawah ini.

1. Membuat Outline

Sebelum menulis Tinjauan Pustaka, ada baiknya untuk kamu membuat outline terlebih dahulu. Outline ini berfungsi sebagai kata kunci. kata kunci sendiri bisa kamu gunakan untuk mempermudah kamu untuk mencari sumber supaya sesuai dengan topik penelitian yang kamu lakukan.

Outline juga bisa menjadi kerangka dalam penelitian. Supaya penelitian yang kamu lakukan bisa sesuai dengan topik serta pembahasan yang akan dibahas tidak akan melebar kemana-mana. Outline ini juga dapat membantu peneliti dalam menuliskan karya ilmiahnya. Supaya tulisan kamu lebih rapi serta teratur dalam pembuatannya.

2. Mencari Literatur

Apabila kamu sudah membuat outline, kamu selanjutnya perlu mencari literatur yang relevan. Literatur yang relevan bisa berupa skripsi, jurnal, tesis, artikel, atau semacamnya. Untuk mencari literatur ini, kamu bisa melakukannya secara online maupun offline.

Penulis bisa mencari literatur melalui internet. Melalui teknologi yang ada saat ini, kamu bisa mencari berbagai informasi apapun hanya dengan satu perangkat saja. Salah satunya untuk mencari literatur penelitian. Ada banyak sekali situs jurnal yang terpercaya yang bisa kamu akses secara gratis.

3. Mengelompokkan Sumber

Langkah selanjutnya adalah dengan mengelompokkan sumber yang sudah didapatkan. Pengelompokkan sumber ini bertujuan supaya sumber yang dipakai bisa sesuai dengan topik penelitian kamu.

Sumber penelitian yang dikelompokkan akan memudahkan kamu dalam menentukan sumber yang pas untuk kamu gunakan sebagai referensi.

Pengelompokkan sumber ini juga bisa kamu lakukan dengan berbagai cara. Kamu bisa mengelompokkan sumber berdasarkan pada judul penelitian, topik, masalah yang dikaji, subjek dan objeknya, dan juga kamu bisa kelompokkan berdasarkan pada metode penelitian yang digunakan.

4. Menulisnya Dengan Bahasa Sendiri

Kamu bisa menuliskan Tinjauan Pustaka yang sudah kamu dapatkan dengan memparafrasekannya. Dengan kata lain, kamu bisa menuliskannya menggunakan bahasa kamu sendiri. hal ini bertujuan supaya tulisan yang kamu buat bisa terhindar dari plagiarisme.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Selain supaya terhindar dari plagiarisme, menulis dengan menggunakan bahasa sendiri bisa menjadikan tulisan kamu lebih mudah untuk dimengerti. Supaya lebih mudah untuk dipahami, kamu buatlah penjelasan mengenai bahasa ilmiah yang lebih sederhana.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan dalam membuat Tinjauan Pustaka. Menuliskan Tinjauan Pustaka tidak akan sulit lagi jika kamu mengikuti tips di atas, sekaligus mengikuti pedoman penulisan yang sudah ada.

Tinjauan Pustaka ini sangat penting dalam suatu karya tulis ilmiah. Jadi, jangan sampai tidak ada atau bahkan kamu membuatnya dengan asal-asalan. Sebab, hal itu akan membuat karya tulis ilmiah kamu menjadi tidak bagus.

Bagi kamu yang masih bingung dalam menuliskan Tinjauan Pustaka, kamu bisa memahami lebih dalam lagi melalui buku Panduan Praktis Menulis Karya Ilmiah karya Mulasih, M.PD dan Winda Dwi Hudhana, M.Pd.

Buku ini berisikan materi tentang struktur pada karya tulis ilmiah yang terdiri dari judul, pendahuluan, latar belakang, rumusan masalah, manfaat penulisan, landasan teori, metode penelitian, hasil dan pembahasan, kesimpulan serta saran, dan juga daftar Pustaka.

Buku ini memang dibuat untuk memandu para mahasiswa untuk bisa menghasilkan suatu karya tulis ilmiah yang baik, menarik, sistematis, dan juga berbobot. Dilengkapi pula dengan seluk-beluk mengenai bahasa dan lampiran contoh supaya pembaca lebih mudah lagi untuk memahami materi di dalam buku.

Dengan begitu, pembaca bisa mempunyai keterampilan menulis karya ilmiah yang lebih apik.

Buku ini bisa langsung kamu pesan dan beli melalui gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com