Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kumpulan Ucapan Belasungkawa kepada Teman yang Menenangkan

Kompas.com - 29/05/2023, 12:00 WIB
Ucapan Belasungkawa kepada Teman Sumber Gambar: Pexels.com Ucapan Belasungkawa kepada Teman
Rujukan artikel ini:
Bittersweet
Pengarang: Susan Cain
|
Editor Ratih Widiastuty

Sejatinya, kehidupan tidak melulu berisi suka cita belaka karena tentunya akan ada momen duka yang datang dalam setiap fase hidup manusia.

Rasa duka akibat kehilangan sosok yang dicinta atau harta benda merupakan proses yang sudah pasti akan membuat hati menjadi terluka dan merana.

Dibutuhkan support system yang menjadi garda terdepan dalam mendukung serta menguatkan orang yang tengah berduka supaya mereka tidak merasa sendiri ketika kesedihan sedang mendominasi hati.

Cara yang bisa dilakukan untuk menguatkan orang yang sedang berduka salah satunya adalah dengan mengucapkan belasungkawa yang tulus beserta doa-doa baik yang menyertainya.

Ucapan belasungkawa bukan hanya sekadar bentuk perhatian dan dukungan kita untuk teman yang sedang berduka, tapi juga bisa menjadi doa bagi orang yang sudah pergi meninggalkan dunia supaya memperoleh tempat terbaik di sisi Tuhan Yang Maha Esa.

Tidak hanya itu, ucapan belasungkawa pun bisa membantu menenangkan perasaan teman yang sedang dilanda perasaan kalut akibat berduka.

Penting sekali bagi kita untuk dapat memilih kosakata yang tepat agar ucapan belasungkawa yang diucapkan dapat membantu menenangkan perasaan teman yang tengah berduka.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Kata-kata yang dirangkai dengan ketulusan untuk memberikan dukungan serta harapan untuk teman yang berduka bisa menjadi sedikit penghiburan bagi mereka.

Apa saja ucapan belasungkawa yang bisa diucapkan untuk teman yang sedang berduka cita? Berikut kumpulan ucapan belasungkawa untuk teman yang bisa digunakan.

Ucapan Belasungkawa kepada Teman

  • “Aku ikut berbelasungkawa atas kepergian saudaramu. Jika kamu membutuhkan sesuatu, aku akan ada di sini menemanimu.”
  • “Turut berbelasungkawa. Aku akan selalu mendoakan semoga Tuhan bisa segera memberikan dirimu kesembuhan hati dan perasaan damai di sepanjang hidupmu.”
  • “Aku turut berduka cita. Semoga kehilangan dan kesedihan yang kamu rasakan sekarang dapat segera terlewati dan beliau bisa diberikan tempat terbaik di sisi Tuhan Yang Maha Esa.”
  • Innalillahi wa inna ilaihi rajiun. Aku ikut berbelasungkawa. Seluruh makhluk yang bernyawa sudah Allah tetapkan batas waktunya masing-masing. Maka dari itu, bersabarlah akan peristiwa yang menimpamu sekarang. Di balik setiap musibah pasti akan ada hikmah yang bisa didapatkan.”
  • “Selama beliau masih hidup, almarhum/almarhumah merupakan sosok yang sangat baik hati. Semoga seluruh amal ibadahnya bisa diterima dan diberikan balasan yang setimpal di sisi Tuhan Yang Maha Esa.”
  • “Semuanya merupakan rencana Tuhan yang terbaik. Aku doakan semoga almarhum/almarhumah mendapatkan ketenangan serta tempat paling baik di sisi-Nya.”
  • “Kehilangan adalah ujian terberat yang diberikan oleh Tuhan. Tapi, ingatlah satu hal, sejatinya tidak akan ada cobaan yang diberikan oleh Tuhan melampaui kemampuan dari hamba-Nya. Cepat atau lambat kamu bisa bangkit dan melewati rasa kehilangan ini.”
  • Innalillahi wa inna ilaihi rajiun, aku ikut berbelasungkawa atas apa yang kamu lalui. Semoga kamu bisa segera mendapatkan yang terbaik serta beliau bisa diterima di sisi-Nya. Tetap tabah dan kuat untuk melalui ini semua.”
  • Innalillahi wa inna ilaihi rajiun. Aku ikut berduka cita yang sedalam-dalamnya. Semoga almarhum/almarhumah dapat diampuni seluruh kesalahannya dan diterima semua amal ibadahnya oleh Allah SWT. Untuk kamu dan keluarga bisa diberikan kekuatan dan ketabahan untuk menghadapi semua ini.”
  • “Turut berdukacita, aku harap kesedihan yang kamu rasakan sekarang dapat secepatnya terlewati dan beliau bisa diberikan tempat paling nyaman serta indah di sisi Allah SWT.”

Kesedihan dan kehilangan akan menjadi perasaan yang mendominasi tatkala ditinggalkan oleh sosok yang kita sayang serta cintai.

Agar kita bisa lebih memahami dan memaknai arti kesedihan dan kehilangan, maka buku Bittersweet yang ditulis oleh Susan Cain bisa dijadikan bacaan yang akan menambah wawasan.

Dalam mahakarya terbarunya ini, Susan Cain mengungkapkan kekuatan pandangan pahit mengenai kehidupan, serta mengapa kita begitu buta akan nilai yang ada di dalamnya.

Di sepanjang buku ini akan diilustrasikan poin penting tentang apabila kesedihan dan kerinduan bukanlah hal yang gampang untuk diabaikan, tetapi mempunyai potensi untuk menuntun pada beberapa momen paling indah dan bermakna dalam hidup kita.

Pesan sekarang juga bukunya di Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com