Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arti Nama Naila dan Rangkaiannya yang Menginspirasi  

Kompas.com - 17/05/2023, 13:00 WIB
Arti Nama Naila Sumber Gambar: Freepik.com Arti Nama Naila
Rujukan artikel ini:
Kamus Lengkap Nama Bayi -…
Pengarang: Nailul Huda
|
Editor Puteri

Ketika mendengar nama Naila, pastinya langsung terdapat bayangan untuk memberikan nama tersebut pada anak atau bayi perempuan karena memang terdengar indah di telinga.

Khususnya bagi calon orangtua yang sedang menantikan persalinan anak, nama Naila akan terasa sangat cocok diberikan untuk bayi perempuan yang sebentar lagi hadir di dunia ini.

Mencari dan menemukan nama untuk anak merupakan sebuah proses yang menyenangkan untuk dilakukan oleh calon orangtua karena nama adalah doa serta harapan bagi sang anak.

Pasalnya, nama yang baik bukan saja nama yang terdengar indah di telinga, tapi juga harus mempunyai arti dan makna yang positif agar bisa menjadi doa untuk sang buah hati.

Nama Naila akan terasa sangat pas untuk dipilih bagi anak perempuan karena selain terdengar modern, nama ini juga menggambarkan suatu pencapaian serta kesuksesan.

Apalagi jika nama Naila dapat dirangkai dengan nama-nama lainnya menjadi sebuah kesatuan nama yang lengkap, tentunya akan menciptakan panggilan yang positif bagi si kecil.

Setelah tahu akan arti nama Naila, tidak akan sulit untuk mencari padanan nama lainnya untuk dirangkai menjadi sebuah nama yang utuh.

Apalagi saat ini sudah sangat mudah mencari informasi dan referensi yang tepat untuk menciptakan nama Naila yang indah dan bermakna.

Apa sebenarnya arti dari nama Naila itu sendiri? Simak jawaban dan inspirasi rangkaian namanya berikut ini.

Arti Nama Naila

Nama Naila sendiri berasal dari bahasa Arab yang mempunyai arti “orang yang mencapai” atau “penerima”.

Naila merupakan bentuk feminin dari bahasa Arab ‘Nail' yang bersumber dari akar ائل.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Nama Naila sendiri masuk ke dalam nama Islami yang diperuntukkan untuk anak perempuan.

Penulisan nama ini juga kerap ditulis menjadi Nayla yang bersumber dari kata yang sama dengan cara pengucapan yang persis.

Secara keseluruhan, nama Naila mempunyai makna “Yang berprestasi dan yang sukses” serta banyak dipakai oleh orangtua muslim untuk nama anak mereka.

Berdasarkan sejarah Islam, Naila merupakan nama istri dari seorang khalifah, Usman bin Affan, yakni Nailah binti al-Farafishah.

Beliau adalah sosok istri yang dengan setia berada di samping suaminya selama berjuang sebagai pemimpin umat Islam ketika itu.

Sampai suatu ketika pemberontakan pun berlangsung di Madinah dan musuh mengepung tempat tinggal Usman bin Affan.

Saat itu, Nailah dengan sangat berani menghadang pedang yang diarahkan kepada suaminya sampai mengakibatkan beberapa jarinya terpotong.

Rangkaian Nama Naila

  • Naila Andyra Amelia: bayi perempuan yang penuh semangat serta sukses yang akan menjadi rumah untuk banyak orang.
  • Naila Elvina Chalondra: anak yang berprestasi, sukses, cerdas, bijaksana, dan ramah.
  • Naila Raisa Hanina: anak perempuan yang akan meraih kesuksesan, menjadi pemimpin teladan yang penuh dengan kasih sayang.
  • Naila Nur Dilara: anak perempuan tersayang yang kehidupannya penuh dengan cahaya kesuksesan.
  • Naila Abia Delara: anak yang berprestasi dan sukses, serta membawa kebahagiaan.
  • Naila Khansa Kalila: anak perempuan yang memperoleh kesuksesan serta disayangi oleh banyak orang.
  • Naila Belinda Adziya: anak perempuan yang baik hati, cerdas, dan rupawan, yang kehidupannya akan penuh dengan kesuksesan.
  • Naila Ghaniya Kanza: anak perempuan yang berprestasi dan sukses, serta menjadi perempuan yang bijaksana dan kaya raya.
  • Naila Kamilia Adlillah: anak perempuan yang mendapatkan kesuksesan, sempurna, serta memperoleh karunia dari Allah SWT.
  • Naila Fara Mahida: anak perempuan yang sukses, rupawan, serta menjadi penjaga yang baik.

Apabila masih ingin mencari nama-nama bayi yang memiliki makna baik untuk sang buah hati, maka buku Kamus Lengkap Nama Bayi: 9.999 Nama Bayi bisa dijadikan referensi yang tepat untuk dibaca sebagai bahan pertimbangan dalam memberikan nama kepada buah hati.

Buku ini hadir dengan tujuan untuk memudahkan para orang tua yang akan membuat serta memberi nama untuk calon putra-putrinya.

Buku ini berisi 9.999 nama bayi, baik untuk laki-laki maupun perempuan, dari berbagai bahasa, lengkap dengan artinya.

Pilihan yang melimpah dan lengkap seperti ini bisa memudahkan para orangtua untuk memilih, merangkai, dan membuat nama untuk buah hati mereka.

Bukunya bisa dipesan melalui Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com