Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menghilangkan Kerutan di Dahi dan Cari Tahu Penyebab Munculnya Berikut Ini

Kompas.com - 12/05/2023, 18:00 WIB
Cara Menghilangkan Kerutan di Dahi  Sumber Gambar: Freepik.com Cara Menghilangkan Kerutan di Dahi 
Rujukan artikel ini:
Atomic Habits: Perubahan Kecil yang…
Pengarang: James Clear
Penulis Okky Olivia
|
Editor Ratih Widiastuty

Kerutan atau keriput merupakan salah satu kondisi penuaan kulit yang akan terjadi seiring bertambahnya usia dan tentunya tidak akan bisa dihindari.

Masalah kulit yang satu ini paling sering terjadi di area kulit yang biasanya terpapar sinar matahari seperti wajah, leher, dan lengan.

Menurut para ahli kecantikan, kerutan pada bagian wajah terutama dahi biasanya terjadi saat seseorang telah menginjak usia 25 tahun ke atas.

Ada banyak faktor penyebab kerutan pada dahi, mulai dari usia, paparan sinar matahari, polusi, faktor genetik, sampai kebiasaan mengernyitkan dahi atau cemberut.

Meski sering kali dianggap wajar, kerutan pada wajah tentunya bisa membuat seseorang menjadi tidak percaya diri.

Saat ini, ada banyak sekali pilihan pengobatan yang bisa membantu menyamarkan penuaan dan kerutan pada dahi sekaligus menjaga kulit agar tetap kencang.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu jadikan referensi.

Cara Menghilangkan Kerutan pada Dahi

1. Usahakan untuk Melindungi Kulit dari Sinar Matahari

Efek paparan sinar UV dari matahari dalam jangka waktu yang panjang ternyata bisa menjadi penyebab terjadinya masalah penuaan dini seperti flek hitam dan kerutan.

Untuk mengatasinya, kamu harus selalu menggunakan tabir surya atau sunscreen dengan SPF 15 atau lebih untuk membantu memperlambat proses penuaan kulit, sekaligus mengurangi resiko bintik hitam, dan kerutan pada kulit.

2. Jaga Tubuh agar Tetap Terhidrasi

Kulit yang kering akan membantu pembentukan kerutan di dahi sehingga pastikan tubuh kamu tetap terhidrasi dengan cara minum air putih setidaknya 8 gelas atau 2 liter setiap hari.

Selain membantu mencegah timbulnya kerutan di dahi, rutin mengonsumsi air putih juga bisa menjaga kelembapan dan elastisitas kulit.

Saat berolahraga atau mengerjakan aktivitas yang berat, usahakan untuk meminum lebih banyak air agar tubuh kamu terhindar dari dehidrasi.

3. Tidur Telentang

Posisi tidur telentang dipercaya tidak akan menekan kulit wajah saat tidur sehingga bisa membantu menghindari kulit dari kerutan.

Selain posisi tidur, kamu juga perlu memenuhi waktu tidur yang cukup minimal 7 jam setiap malam, kebiasaan ini akan membantu memperbaiki sel kulit yang sebelumnya telah banyak terpapar polusi dan sinar matahari.

4. Mengonsumsi Makanan yang Sehat

Pola makan memiliki peran yang sangat penting dalam proses penuaan kulit, usahakan untuk selalu mengonsumsi makanan yang sehat setiap harinya.

Ada beberapa penelitian yang menyebutkan bahwa kandungan vitamin C dan asam linolenat (asam lemak omega 3) bermanfaat untuk mengurangi resiko kulit kering pada perempuan, sehingga bisa menurunkan resiko terjadinya penuaan dini.

5. Menggunakan Masker Berbahan Alami

Penggunaan masker berbahan alami juga menjadi salah satu cara mudah untuk menghilangkan kerutan di dahi.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Ada beberapa jenis bahan alami yang bisa digunakan mulai dari lidah buaya, minyak kelapa, minyak jarak, dan masih banyak lagi.

6. Menggunakan Skincare yang Mengandung Retinol

Retinol merupakan kandungan bahan pada skincare yang terkenal memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk mengurangi jerawat dan kerutan pada kulit.

Selain itu, retinol juga berfungsi untuk meningkatkan pergantian sel kulit mati dan mendukung produksi kolagen untuk orang-orang berusia 25-an ke atas.

Untuk mendapatkan hasil yang terbaik, usahakan untuk menggunakan retinol di malam hari karena bahan skincare yang satu ini tidak akan berfungsi dengan baik saat berada di bawah sinar matahari.

7. Jangan Lupa untuk Eksfoliasi

Ada banyak sekali kandungan skincare yang bermanfaat untuk mengeksfoliasi kulit, salah satunya adalah glycolic acid atau asam glikolat.

Glycolic Acid ini biasanya berfungsi untuk membantu merawat kulit, membantu agar kulit tampak lebih sehat, dan pastinya membuatmu tampak jauh lebih muda.

Tak hanya itu saja, kamu juga bisa gunakan skincare yang mengandung lactic acid atau salicylic acid untuk membantu menghilangkan kerutan sekaligus mengurangi jerawat membandel yang ada di kulit.

8. Belajar untuk Mengelola Stres

Tidak banyak yang menyadari bahwa rasa khawatir dan stres yang berlebihan juga bisa menjadi salah satu penyebab munculnya garis halus pada wajah, termasuk kerutan di area dahi.

Meski sulit menghindar dari rasa khawatir, kamu tetap bisa mengendalikannya dengan cara menjalankan berbagai kegiatan yang positif.

Beberapa kegiatan positif yang bisa kamu coba:

  • Meditasi
  • Olahraga dan yoga
  • Melatih pernapasan diafragma
  • Mengonsumsi makanan yang sehat
  • Menulis jurnal atau membaca buku

Itu dia beberapa penyebab dan cara-cara yang ampuh untuk menghilangkan kerutan pada wajah.

Setelah mengetahuinya, akan lebih baik kalau kamu mencoba untuk menerapkannya sendiri dalam kehidupan sehari-hari.

Seperti yang sudah kamu baca, stres yang berlebihan bisa menjadi penyebab munculnya kerutan pada dahi, jadi untuk mengatasinya, kamu bisa coba menjalani kebiasaan baik salah satunya dengan cara membaca buku.

Membaca buku Atomic Habits karya James Clear bisa menjadi pilihan yang tepat jika kamu ingin mengubah kebiasaan burukmu dan menggantinya dengan kebiasaan yang baik.

Buku ini menjelaskan bahwa sebuah perubahan yang kecil pun harusnya tidak boleh dianggap remeh, sebab hal itu tetap akan memiliki dampak yang baik dalam kehidupan.

Melalui buku ini, kamu akan belajar menghilangkan kebiasaan-kebiasaan buruk dan mulai menciptakan banyak kebiasaan baik sehingga nantinya kamu bisa menuai hasil yang menjanjikan di kemudian hari.

Kalau tertarik, kamu bisa dapatkan buku ini di toko buku Gramedia terdekat, atau lebih mudahnya, kamu bisa pesan melalui online di Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com