Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Manfaat Susu untuk Kesehatan dan Kecantikan yang Harus Kamu Ketahui!

Kompas.com - 03/05/2023, 10:30 WIB
manfaat susu Photo by Couleur on Pixabay manfaat susu
Rujukan artikel ini:
Manfaat & Khasiat Teh Kopi…
Pengarang: Risky Wulandari
|
Editor Rahmad

Kamu pasti sudah tidak asing dengan susu yang memang memiliki banyak khasiat. Manfaat susu sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan.

Itulah sebabnya, kamu perlu mengenalnya agar semakin paham pentingnya mengkonsumsi susu secara rutin.

Manfaat Susu

Susu adalah salah satu minuman yang sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan. Berikut adalah beberapa manfaat susu untuk kesehatan dan kecantikan:

1. Kesehatan Tulang

Susu mengandung kalsium yang tinggi, yaitu nutrisi penting untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Kandungan kalsium ini dapat membantu memperkuat tulang serta ampuh untuk mencegah osteoporosis pada tulang.

2. Pertumbuhan dan Perkembangan

Susu juga kaya akan protein yang membantu dalam pertumbuhan dan perkembangan sel-sel tubuh. Protein juga membantu memperbaiki jaringan yang rusak.

3. Kesehatan Jantung

Susu dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Kandungan asam lemak tak jenuh dalam susu dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung.

4. Menjaga Berat Badan

Konsumsi susu dapat membantu menjaga berat badan yang sehat. Susu mengandung protein dan lemak yang membantu membuat perut kenyang lebih lama sehingga mencegah makan berlebihan.

Selain itu juga bisa menambah berat badan secara sehat, seperti susu penambah berat badan dari kacang almond, kedelai, dan sebagainya.

5. Kecantikan Kulit

Susu mengandung berbagai nutrisi penting yang dapat memberikan manfaat bagi kesehatan dan kecantikan kulit. Berikut adalah beberapa manfaat susu untuk kecantikan kulit:

  • Menghidrasi kulit karena susu mengandung air dan nutrisi penting yang dapat membantu menjaga kulit tetap terhidrasi dan tampak lebih sehat bercahaya.
  • Mencerahkan kulit karena susu mengandung laktosa dan protein, yang dapat membantu mencerahkan kulit dan mengurangi noda hitam pada wajah. Selain itu, kandungan asam laktat dalam susu juga dapat membantu mengangkat sel-sel kulit.
  • Mengurangi tanda penuaan karena susu mengandung vitamin A dan asam laktat, yang dapat membantu mengurangi garis halus dan kerutan di wajah. Keduanya juga membantu meningkatkan produksi kolagen untuk kekenyalan dan elastisitas kulit.
  • Menyamarkan bekas jerawat karena susu mengandung asam laktat dan asam alpha-hidroksi, yang dapat membantu menyamarkan bekas jerawat dan memperbaiki tekstur kulit yang rusak.
  • Menenangkan kulit karena susu mengandung protein dan asam amino, yang dapat membantu menenangkan kulit yang sensitif atau teriritasi. Selain itu, susu juga memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan untuk melindungi kulit.

6. Menjaga Kesehatan Mata

Ada kandungan vitamin A dalam susu yang sangat penting bagi kesehatan mata. Kandungan ini membantu menjaga kesehatan retina mata dan mencegah terjadinya kebutaan malam pada mata.

7. Menjaga Kesehatan Gigi

Kalsium dan fosfor dalam susu membantu menjaga kesehatan gigi dan mencegah kerusakan gigi.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Vitamin D dalam susu juga membantu tubuh menyerap kalsium dan fosfor dengan lebih baik, sehingga membantu gigi dan tulang tetap kuat dan sehat.

Susu juga mengandung protein casein yang membantu mengurangi risiko pembentukan plak dan kerusakan gigi.

Konsumsi susu setelah makan dapat membantu menetralkan asam di dalam mulut yang dapat merusak gigi.

8. Menjaga Kesehatan Otak

Susu mengandung berbagai nutrisi penting yang bermanfaat untuk kesehatan otak. Berikut adalah beberapa manfaat susu untuk menjaga kesehatan otak:

  • Meningkatkan fungsi kognitif karena susu mengandung kalsium dan vitamin D, yang telah terbukti dapat meningkatkan fungsi kognitif, termasuk memori, perhatian, dan pemecahan masalah.
  • Meningkatkan konsentrasi karena protein yang terkandung dalam susu dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan fokus, yang penting untuk menjaga kesehatan otak.
  • Meningkatkan suasana hati karena susu mengandung triptofan, asam amino yang diperlukan untuk pembentukan serotonin. Serotonin adalah zat kimia yang dikenal sebagai "hormon kebahagiaan" dan dapat membantu meningkatkan suasana hati.
  • Meningkatkan pertumbuhan otak karena kalsium, fosfor, dan vitamin D yang terkandung dalam susu diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan otak yang sehat, terutama pada anak-anak.
  • Mencegah kerusakan otak karena susu mengandung antioksidan seperti vitamin E dan selenium, yang dapat membantu melindungi otak dari kerusakan akibat radikal bebas.

9. Menjaga Kesehatan Saluran Pencernaan

Susu mengandung probiotik alami, yang membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan dengan menyeimbangkan bakteri yang ada di dalamnya.

10. Menjaga Kesehatan Kehamilan

Susu mengandung banyak nutrisi penting untuk ibu hamil dan janinnya, seperti protein, kalsium, dan vitamin D. Vitamin D ini jadi nutrisi penting untuk menjaga kesehatan tulang, termasuk tulang panggul yang penting untuk kesehatan kelamin.

Susu merupakan sumber vitamin D yang baik. Kalsium, fosfor, dan vitamin D yang dapat membantu menjaga keseimbangan hormon pada tubuh, termasuk hormon yang terkait dengan fungsi reproduksi.

Susu juga mengandung protein yang penting untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh, termasuk jaringan yang terdapat pada organ kelamin.

Namun, sebaiknya hindari mengkonsumsi susu jika kamu memiliki intoleransi laktosa atau alergi susu sapi.

Konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi jika memiliki kondisi medis tertentu sebelum mengonsumsi susu secara teratur.

Manfaat & Khasiat Teh Kopi Susu & Gula Untuk Kesehatan dan Kecantikan adalah salah satu yang bisa kamu jadikan referensi. Buku ini mengulas lengkap manfaat susu dari penelitian yang kredibel dan terpercaya.

Buku ini bisa kamu pesan dan beli di Gramedia.com!

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com