Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Memakai Serum yang Benar untuk Mendapatkan Hasil yang Optimal

Kompas.com - 22/06/2023, 12:00 WIB
Cara Memakai Serum yang Benar Sumber Gambar: Freepik.com Cara Memakai Serum yang Benar
Rujukan artikel ini:
All About Skincare
Pengarang: Nada A.
Penulis Okky Olivia
|
Editor Ratih Widiastuty

Memiliki kulit wajah yang bersih dan sehat tentunya merupakan dambaan semua orang, baik laki-laki maupun perempuan.

Untuk bisa mewujudkannya, seseorang perlu menjaga kesehatan kulit wajah, salah satunya dengan cara rutin menggunakan skincare atau produk perawatan kulit.

Pemilihan produk skincare yang tepat tidak hanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit wajah, tapi juga ampuh dalam mencegah munculnya berbagai permasalahan kulit, misalnya jerawat, kulit kusam, atau noda hitam.

Penggunaan skincare ini tentunya juga harus diperhatikan dengan baik agar setiap kandungan yang ada di dalamnya bisa terserap secara maksimal ke dalam kulit.

Dari sekian banyak jenis skincare yang tersedia, serum merupakan salah satu produk skincare yang diklaim ampuh untuk mengatasi permasalahan kulit seperti jerawat, garis halus, dan kerutan.

Serum memiliki tekstur yang lebih ringan sehingga bisa bekerja jauh lebih baik sampai ke lapisan kulit yang paling dalam.

Dengan meningkatnya penggunaan skincare, jenis serum yang beredar di pasaran juga kian beragam, tapi hal ini tidak diimbangi dengan pengetahuan mengenai cara penggunaannya.

Untuk mempermudah, berikut adalah cara-cara penggunaan serum yang benar, agar bisa memberikan hasil yang optimal.

Cara Memakai Serum yang Benar

1. Gunakan Serum yang Sesuai dengan Permasalahan Kulit

Sebelum menggunakan serum, pastikan kamu memilih serum yang sesuai dengan permasalahan kulitmu agar produknya bisa memberikan hasil yang maksimal.

Kamu juga harus memperhatikan kandungan yang ada dalam serum dan pastikan jangan sampai ada kandungan yang bisa menimbulkan alergi pada wajah.

Jika kamu memiliki masalah kulit berjerawat, kamu bisa gunakan serum dengan bahan Niacinamide, bahan ini diklaim ampuh mengatasi jerawat, memperkecil pori-pori, dan menyamarkan garis halus pada wajah.

2. Bersihkan Wajah Sebelum Menggunakan Serum

Sebelum menggunakan serum, usahakan untuk membersihkan wajah terlebih dahulu agar produknya bisa menyerap secara maksimal.

Kamu bisa lakukan double cleansing agar wajah terbebas dari sisa make up dan kotoran yang masih menempel di kulit wajah.

Jadi, jangan lupa gunakan micellar water dan facial wash.

Setelah wajah bersih, kamu bisa mulai mengaplikasikan serum diantara penggunaan toner dan moisturizer.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Jangan lupa juga untuk membersihkan telapak tangan agar bakterinya tidak tercampur dengan cairan serum yang kamu gunakan.

3. Gunakan Serum Secukupnya

Serum terbuat dari bahan aktif yang sudah memiliki konsentrasi tinggi, penggunaan serum yang terlalu banyak nantinya malah akan membuat wajah jadi berminyak.

Cukup gunakan 2 sampai 3 tetes serum atau sekitar 2 pump, atau kamu juga bisa gunakan sesuai intruksi yang ada pada kemasan serum.

Selain bermanfaat bagi kulit wajah, serum ini juga termasuk produk skincare yang awet sehingga kamu tidak perlu cepat-cepat membeli yang baru.

4. Coba Pijat Wajah dengan Lembut

Setelah mengoleskan serum, coba pijat wajah dengan lembut agar produknya lebih cepat menyerap ke dalam kulit.

Tak hanya itu saja, pijatan lembut pada wajah setelah penggunaan serum juga dipercaya bisa melancarkan peredaran darah dan menghilangkan kerutan.

Tapi bagi pemilik kulit sensitif, usahakan untuk tidak memijat wajah terlalu keras karena dapat menimbulkan kemerahan pada kulit.

5. Diamkan Wajah Sebelum Memakai Produk Skincare Lain

Salah satu hal yang sering diabaikan saat memakai serum adalah mendiamkan wajah selama beberapa menit sampai produknya menyerap dengan sempurna.

Jika serum terlalu cepat ditumpuk dengan skincare lain, bahan aktifnya akan tercampur sehingga efektivitasnya berkurang.

Jadi, tunggu sekitar 5 menit sampai produk menyerap ke dalam kulit, kemudian gunakan moisturizer pada tahap skincare selanjutnya.

Setelah menggunakan serum dengan cara yang benar, kamu akan lebih merasakan manfaat dari penggunaan skincare rutin yang kamu gunakan setiap harinya.

Selain serum, masih ada jenis skincare lain yang juga harus digunakan dengan benar supaya bisa memberikan hasil yang maksimal.

Melalui buku All About Skincare karya Nada A, kamu akan mengenal berbagai hal penting dalam dunia skincare.

Buku ini akan memberikan tips untuk mengenali jenis kulit wajah, memahami jenis kandungan dalam produk skincare, serta cara menggunakan produk skincare yang baik dan benar.

Tidak hanya itu, buku ini juga akan membagikan beberapa rekomendasi makanan yang dipercaya ampuh untuk menutrisi kulit dan membuat kulit wajah terlihat lebih sehat.

Untuk lebih jelasnya, buku ini bisa kamu dapatkan di Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com