Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Sampai Salah, Berikut Ini Cara Mengatasi Kucing yang Keracunan

Kompas.com - 20/04/2023, 14:00 WIB
Cara Mengatasi Kucing Keracunan Sumber Gambar: Freepik.com  Cara Mengatasi Kucing Keracunan
Rujukan artikel ini:
Solusi Permasalahan Kucing
Pengarang: Cacang Effendi, drh. Widya…
|
Editor Novia Putri Anindhita

Kucing merupakan salah satu hewan peliharaan yang sangat lucu dan menggemaskan, apalagi jika kamu merupakan pecinta kucing sejati.

Jika kamu memelihara kucing di rumah kamu, sangat penting bagi kamu untuk mengetahui cara-cara untuk merawat dan menjaganya di rumah.

Termasuk cara untuk mengobati kucing yang sedang keracunan dengan pertolongan-pertolongan yang bisa kamu lakukan di rumah.

Kucing memang salah satu hewan yang pemilih soal makanan, meski sebenarnya makanan tersebut boleh ia makan, belum tentu ia mau memakannya.

Walaupun kamu sering memberi makanan dengan kualitas yang bagus, bukan menjadi hal yang mustahil jika kucing kamu juga akan mengalami keracunan karena kucing yang sedang keracunan bukan serta merta hanya dari makanan yang ia makan saja.

Terkadang kucing bisa keracunan karena ada alergi pada apa yang ia cium, seperti parfum, obat semprot, dan lain sebagainya.

Selain itu, keracunan pada kucing juga bisa diakibatkan karena kebiasaan yang dimiliki kucing yaitu menjilat dan mencium apapun yang dilihat di depan matanya.

Tanda-tanda yang bisa kamu lihat saat kucing keracunan adalah dengan melihat tingkah lakunya yang berbeda dari biasanya.

Biasanya kucing yang sedang mengalami keracunan akan terlihat lemas dan sering muntah-muntah.

Nafsu makannya pun akan berkurang karena indra pengecapnya sedang bermasalah, dan hal tersebutlah yang akan membuat kucing menjadi semakin lemas dan tidak bertenaga.

Bahkan selain indra pengecapnya yang berkurang, ada lagi yang dapat kamu lihat pada kucing yang sedang keracunan, yaitu seringnya batuk-batuk yang dibarengi dengan keluarnya liur dari mulutnya.

Berat badannya ikut menurun karena tidak doyan makan dan tubuhnya juga akan terlihat getar seperti sedang kedinginan.

Lalu bagaimana cara untuk mengatasi kucing yang sedang keracunan?

Cara Mengatasi Kucing Keracunan

Cara untuk mengatasi kucing yang sedang keracunan adalah dengan mengidentifikasi terlebih dahulu gejala yang terlihat padanya, lalu kamu baru bisa memutuskan apakah bisa dirawat di rumah dengan obat-obatan yang ada, atau kamu harus butuh bantuan dokter hewan untuk menanganinya.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Jika kamu melihat kucing itu sedang muntah-muntah dan lemas, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah sebagai berikut.

1. Memberikannya Udara Segar dan Terbuka

Kucing yang sedang keracunan biasanya akan sulit untuk mencium dan mengendus, apalagi untuk bernafas.

Nah, jika kamu melihat kucing kamu dengan keadaan yang lemas dan tidak bertenaga, kamu harus bergegas untuk memberikannya udara segar atau kamu bisa dengan menjemurnya di luar ruangan.

Udara yang segar dan panas matahari yang cukup, akan membuat virus yang menempel di bagian indra pengecapnya pun perlahan akan memudar dan hilang.

Jangan lupa untuk memberinya air agar suhu tubuhnya tetap stabil walaupun sedang dijemur di bawah terik matahari.

2. Berikan Arang Batok

Langkah selanjutnya untuk membuat stabil tubuh kucing yang sedang keracunan adalah dengan memberinya arang batok karena arang dapat menetralisir racun yang ada di dalam tubuh.

Arang yang bisa kamu berikan adalah dengan direndam di air yang hangat dan tunggu air tersebut dingin, lalu diminumkan kepada kucing yang sedang keracunan.

3. Bawa ke Dokter Hewan

Jika cara-cara di atas dirasa belum cukup mampu untuk mengobati kucing yang kena racun, segeralah bawa kucing kamu ke dokter hewan untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

Perawatan dari dokter hewan bisa membuat kucingmu kembali sehat dan sembuh dari keracunan yang ia alami.

Buku Solusi Permasalahan Kucing bisa menjadi bacaan yang tepat untuk kamu agar lebih bisa merawat dan mengatasi semua permasalahan tentang kucing.

Buku ini juga membahas mengenai tips pemeliharaan kucing, memahami bahasa tubuh kucing, pemberian makanan yang tepat untuk kucing sehingga buku ini cocok dijadikan sebagai pegangan untuk para pemula mengenal jauh tentang kucingnya.

Bahkan, dalam buku Solusi Permasalahan Kucing juga memberikan pengetahuan agar mampu menangani proses kelahiran pada kucing.

Sebab, kucing ras yang bersertifikat maupun kucing yang diadopsi dari jalanan membutuhkan kasih sayang dan ketelatenan dalam pemeliharaannya agar dapat menjalani hidup dengan sehat, cantik, dan bahagia.

Segera dapatkan bukunya di Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com