Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Makanan Khas Tuban yang Menggugah Selera

Kompas.com - 14/04/2023, 13:00 WIB
Makanan Khas Tuban  Sumber Gambar: Kompas.com Makanan Khas Tuban 
Rujukan artikel ini:
80 Resep Masakan Nusantara Populer…
Pengarang: Mince Sriwati
|
Editor Puteri

Tuban adalah salah satu daerah atau kabupaten yang terletak di Jawa Timur dan ternyata mempunyai segudang kuliner yang mampu menggugah selera karena memiliki cita rasa yang khas.

Apalagi daerah Jawa Timur memang kerap dijadikan tujuan destinasi wisata sehingga tidak mengherankan apabila Tuban menjadi salah satu lokasi yang wajib dikunjungi untuk mencicipi kekayaan kuliner Nusantara.

Salah satu kuliner khas Tuban yang cukup populer adalah belut pedas karena memang masakan khas Tuban selalu menyertakan rasa pedas di dalamnya.

Namun, kuliner khas Tuban sendiri tidak sebatas hanya belut pedas saja karena ternyata ada kuliner lainnya yang patut untuk dicicipi.

Apa saja makanan khas Tuban yang bisa menggugah selera? Berikut lima makanan khas Tuban yang wajib untuk dicoba.

5 Makanan Khas Tuban

1. Kari Rajungan

Tuban terkenal mempunyai pesisir pantai yang indah sehingga tidak heran jika rajungan mampu diolah menjadi makanan khas daerah tersebut dengan cita rasa yang memanjakan lidah.

Rajungan yang mempunyai bentuk seperti kepiting, sering diolah menjadi kari di daerah Tuban dengan bumbu-bumbu Nusantara yang khas.

Tidak hanya itu, cara pengolahannya pun masih terbilang tradisional sehingga mampu menciptakan cita rasa yang khas dan lezat.

Kari rajungan biasanya dimasak dengan memakai kayu bakar agar seluruh bumbu rempahnya dapat meresap dengan sempurna.

2. Belut Pedas

Seperti yang telah disebutkan sebelum, belut pedas menjadi makanan khas Tuban yang tentunya tidak boleh dilewatkan, khususnya bagi kamu yang sangat menyukai makanan pedas.

Meskipun belut sendiri mempunyai penampilan yang menggelikan, tapi ternyata kandungan gizinya sangat tinggi dan rasanya pun lezat karena kaya akan rempah.

Biasanya tidak akan sulit untuk menemukan belut pedas di daerah Tuban karena di setiap warung makan selalu tersaji makanan yang lezat satu ini.

Belut pedas akan disajikan dengan nasi jagung supaya kenikmatannya bisa terasa dua kali lipat.

3. Sate Menthok

Jika kamu sudah mulai merasa jenuh dengan sajian sate daging ayam atau sapi, maka kamu harus mencicipi sate menthok karena terbuat dari daging itik yang bertekstur cukup unik.

Meskipun dagingnya terasa cukup keras, tapi kaya akan cita rasa yang menggugah selera karena dicampur dengan bumbu khas yang menggoda.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Perpaduan antara cabai merah kering, cabai rawit hijau, bawang merah, bawang putih, dan perasaan air lemon mampu membangkitkan selera makan.

Sate menthok memang harus masuk ke dalam daftar kuliner yang mesti kamu coba jika berkunjung ke daerah Tuban.

4. Garang Asem

Garang asem khas Tuban mempunyai cita rasa yang berbeda jika dibandingkan dengan garang asem pada umumnya.

Salah satu yang menjadikan garang asem khas Tuban berbeda adalah kuahnya yang bening, melimpah, serta segar rasanya.

Garang asem khas Tuban juga diolah menggunakan daging ayam kampung sehingga semakin menambah kelezatan cita rasanya.

Daging ayam kampung akan diolah secara khusus untuk menghasilkan tekstur yang sangat empuk saat dikunyah dalam mulut.

5. Becek Menthok

Sama seperti namanya, becek menthok merupakan olahan berkuah yang dibuat dari daging menthok atau itik.

Cara membuatnya pun tidak sulit, daging itik yang telah dipotong dan dibersihkan langsung diungkep dengan rempah dan bumbu-bumbu yang melimpah.

Beberapa bumbu dan rempah yang digunakan antara lain lengkuas, bawang merah, bawang putih, jinten, merica, cabai, dan serai.

Tidak ketinggalan ditambah pula dengan santan kental agar memperoleh kuah ‘becek' yang sedap.

Berbicara soal makanan khas Nusantara, tidak lengkap rasanya jika tidak mencoba membuat setiap masakan dari masing-masing daerah yang ada di Indonesia.

Maka buku 80 Resep Masakan Nusantara Populer Ala Cheche Kitchen Hits di Instagram bisa dijadikan panduan untuk membuat kuliner Indonesia lainnya yang tengah naik daun di media sosial.

Buku ini berisikan 80 resep masakan yang bisa dipraktikkan di dapur karena ditulis dengan lengkap dan step by step dalam cara membuatnya.

Buku ini biasanya banyak dicari oleh kalangan ibu-ibu sebagai ide memasak di rumah, tapi tidak menutup kemungkinan juga jika para remaja pun mencari buku ini sebagai sumber inspirasi kreativitas yang bisa dilakukan di dapur.

Pesan sekarang juga bukunya di Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com