Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Novel Fiksi Sejarah Terlaris Elex Media

Kompas.com - 12/04/2023, 16:00 WIB
Novel Fiksi Sejarah Terlaris Elex Media Sumber Gambar: Dok. Elex Media Komputindo Novel Fiksi Sejarah Terlaris Elex Media
Rujukan artikel ini:
Salt to the Sea (New…
Pengarang: Ruta Sepetys
|
Editor Puteri

Fiksi sejarah adalah karya tulis yang menggabungkan elemen-elemen sejarah dan fiksi untuk menciptakan kisah yang menarik.

Dalam genre ini, penulis menggunakan latar yang berdasarkan fakta dan mengambil karakter atau peristiwa sejarah sebagai dasar untuk cerita fiksi mereka.

Namun, penulis akan memberikan interpretasi atau pengembangan kreatif terhadap karakter atau peristiwa tersebut.

Fiksi sejarah adalah genre yang menarik karena dapat menggambarkan intrik yang biasa ditemukan dalam karya fiksi.

Pembaca juga bisa mendapatkan banyak fakta historis dan mempelajari banyak hal tentang kehidupan dan peristiwa masa lalu tanpa harus membaca buku teks sejarah yang terkesan membosankan.

Agar bisa lebih jauh berkenalan dengan genre yang istimewa ini, berikut ini rekomendasi judul-judul novel fiksi sejarah terbaik terbitan Elex Media.

Rekomendasi Novel Fiksi Sejarah Elex Media

1. Salt to the Sea

Novel Fiksi Sejarah Terlaris Elex Media Novel Fiksi Sejarah Terlaris Elex Media

Ada empat tokoh di dalam novel karya Ruta Sepetys ini: Joana, seorang perawat muda asal Lithuania; Florian, seorang pemuda Prusia Timur yang menyembunyikan sebuah rahasia besar; Emilia, seorang gadis Polandia yang hamil muda; dan Alfred, seorang pelaut muda Nazi yang sombong dan arogan.

Dari sudut pandang mereka, dikisahkan evakuasi massal terbesar di dunia yang jarang diketahui orang banyak, yaitu pengungsian sipil dan tentara dari Prusia Timur, Polandia, dan Latvia menuju ke pelabuhan Gotenhafen (sekarang Gdynia, Polandia) selama Perang Dunia II.

Di pelabuhan tersebut mereka berharap bisa menaiki kapal Wilhelm Gustloff.

Namun, kapal yang ditunggu-tunggu ternyata tidak mudah untuk didapatkan.

Ketika akhirnya berhasil menjadi penumpangnya, ternyata mereka harus menghadapi tragedi yang jauh lebih fatal.

Dari para tokohnya yang masih berusia muda, novel ini mengangkat tema persahabatan, kesetiaan, dan pengorbanan, serta menyoroti sisi-sisi kemanusiaan dalam situasi sulit dan penuh ketidakpastian.

2. All the Light We Cannot See

Novel Fiksi Sejarah Terlaris Elex Media Novel Fiksi Sejarah Terlaris Elex Media

Marie-Laure adalah seorang gadis buta asal Prancis yang tinggal bersama ayahnya, seorang penjaga museum yang mencoba melindunginya dari bahaya perang.

Sedangkan Werner Pfennig adalah seorang anak yatim piatu yang dibesarkan di sebuah panti asuhan di Jerman.

Kisah di dalam novel ini adalah seputar upaya mereka untuk bertahan hidup dan bagaimana nasib mereka akhirnya saling terkait.

Dengan plot yang menarik, karakter yang kompleks, penggunaan bahasa yang indah dan puitis, serta riset yang mendalam, para pembaca akan menikmati kisah tentang kemanusiaan, kebaikan, keburukan, dan konsekuensi dari keputusan-keputusan yang diambil pada masa perang.

Karena kelebihannya itulah, novel karya Anthony Doer ini diganjar Pulitzer Prize pada tahun 2015 dalam kategori Fiksi.

3. Serial The War That Saved My Life

Novel Fiksi Sejarah Terlaris Elex Media Novel Fiksi Sejarah Terlaris Elex Media

Cacat, dikurung di dalam rumah yang sempit karena dianggap aib, dan memiliki ibu yang abusif, itulah nasib dari seorang gadis berusia sembilan tahun bernama Ada Smith.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Namun Ada tidak tinggal diam, dia ingin melarikan diri dengan membawa adiknya, mencari kebahagiaan dan kebebasan di dunia yang ingin dijelajahinya.

Lewat penggambaran yang unik, kedua novel ini mengajak pembaca untuk mengikuti perkembangan karakter setiap tokoh di sepanjang cerita.

Narasinya yang mengharukan juga mampu membuat kisahnya mudah diresapi dalam pikiran pembaca.

Ada dua judul dalam novel berseri ini: The War That Saved My Life dan The War I Finally Won.

Keduanya masuk dalam daftar buku terlaris versi New York Times, dan telah menyabet beberapa penghargaan seperti Newbery Honor Book, Schneider Family Book Award, Josette Frank Award, dan Notable Children's Book pada tahun 2016.

4. The Fountains of Silence

Novel Fiksi Sejarah Terlaris Elex Media Novel Fiksi Sejarah Terlaris Elex Media

Satu lagi karya hebat dari Ruta Sepetys yang telah diakui oleh dunia internasional.

Bukan perang yang menjadi fokus utama dalam novel ini, melainkan kehidupan rakyat Spanyol di bawah kekuasaan sang diktator, Francisco Franco.

Kisahnya pun berbalut bumbu romansa yang indah antara kedua tokoh utamanya, Daniel dan Ana.

Kisah cinta mereka berbalut rintangan dan ketegangan karena harus menghadapi ketidakadilan dan ketidaksetaraan rasial.

Diskriminasi ras tidak menjadi satu-satunya isu yang diangkat dalam novel ini.

Ada pula beberapa masalah sosial penting yang masih relevan pada masa sekarang, seperti represi politik, kejahatan perang, kelas sosial, dan peran media massa dalam menutupi kenyataan yang sesungguhnya.

5. House of Shadows

Novel Fiksi Sejarah Terlaris Elex Media Novel Fiksi Sejarah Terlaris Elex Media

House of Shadows diceritakan dalam dua lini masa.

Pada masa kini, Holly Ansel, seorang pengukir kaca di London, dikejutkan oleh peristiwa hilangnya Ben, kakak laki-laki Holly, saat berada di Oxforshire.

Setelah waktu berselang, Ben tak kunjung ditemukan sehingga Holly memutuskan untuk pindah ke Oxforshire, tepatnya ke sebuah rumah tua yang dimilikinya bersama sang kakak, terletak tak jauh dari area Ashdown House.

Di tengah penyelidikan untuk mencari petunjuk penyebab menghilangnya Ben, Holly menemukan buku harian tua milik Lavinia Flyte, seorang pelacur kelas atas yang pernah tinggal di Ashdown House pada tahun 1801 selama menjadi wanita simpanan Lord Evershot, ahli waris Ashdown House pada masa itu.

Di memoarnya, Lavinia menulis secara detail penyiksaan Evershot terhadap dirinya, tetapi ia juga menulis bahwa di rumah itu ia menemukan cinta sejati pada diri seorang pria yang dipekerjakan oleh Evershot.

Pada masa yang lebih jauh lagi, tepatnya di abad ke-17, Elizabeth Stuart, Ratu Bohemia, memercayakan sepasang artefak mistis miliknya—yang dapat digunakan untuk melihat masa depan—kepada kesatria andalannya, William Craven untuk disimpan dan kemudian pada saat yang tepat diberikan kepada ahli waris sang ratu.

Tetapi, tindakan tersebut menjadi titik mula dari kekacauan yang akan berlanjut hingga berabad-abad kemudian.

Menarik, bukan? Dapatkan semua buku di atas hanya di Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com