Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Dia Cara Ampuh Mengatasi Seringnya Buang Air Besar yang Berlebihan

Kompas.com - 20/04/2023, 17:00 WIB
Cara Mengatasi Sering Buang Air Besar Sumber Gambar: Freepik.com Cara Mengatasi Sering Buang Air Besar
Rujukan artikel ini:
Diare Balita: Suatu Tinjauan dari…
Pengarang: "Dr. Oksfriani Jufri Sumampouw,…
|
Editor Novia Putri Anindhita

Buang air besar (BAB) adalah cara tubuh membuang kotoran dari dalam tubuh yang tidak memiliki nutrisi atau manfaat lagi bagi tubuh kita.

Proses ini penting dilakukan oleh semua orang karena jika kotoran tersebut tidak dikeluarkan dari tubuh maka akan muncul banyak masalah kesehatan.

Namun, jika proses ini terjadi terlalu sering, bisa jadi ini merupakan indikasi bahwa tubuh kamu sedang mengalami gangguan.

Hal tersebut biasanya akan dialami pada orang yang terlalu sering makan-makanan pedas dan tidak teraturnya pola makan, bahkan terkadang angin juga penyebab seringnya buang air besar yang akan membuat kamu merasa tidak nyaman.

Biasanya penyebab masalah pada buang air besar yang berlebihan adalah banyaknya virus yang berkembang biak di dalam tubuh.

Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi sering buang air besar.

Yuk, simak penjelasan berikut ini!

Cara Mengatasi Sering Buang Air Besar

Cara mengatasi seringnya buang air besar yang berlebihan adalah sebagai berikut:

1. Hindari Makanan yang Terlalu Pedas

Makanan pedas sudah menjadi hal yang biasa bagi orang Indonesia, bahkan pada setiap sajian, tidak afdol jika tidak terdapat sambal di setiap hidangannya.

Sambal adalah sebuah pelengkap pada setiap masakan.

Dengan adanya sambal makan akan terasa lebih nikmat.

Tapi selain kamu memikirkan cita rasa, kamu juga harus memikirkan kesehatan perut karena ketika seringnya terkena makanan-makanan pedas, perut kamu akan memberi sinyal untuk membuangnya lewat buang air besar.

Biasanya ketika hal itu terjadi, kamu akan bolak-balik ke kamar mandi untuk buang air besar.

2. Mengonsumsi Makanan Berserat

Makanan berserat biasanya akan membantu untuk melancarkan saluran pencernaan yang kotor.

Makanan dengan kandungan serat dan nutrisi yang lengkap akan mudah dicerna dan diserap, dengan begitu usus kamu tidak terlalu keras untuk mengolah makanan yang kamu makan, dan buang air besar kamu akan lancar dan teratur.

3. Jangan Makan Terlalu Banyak

Cara mengatasi masalah seringnya BAB selanjutnya adalah dengan mengurangi porsi makan kamu dan pilih makanan yang tinggi nutrisi.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Cara ini sangat ampuh untuk kamu yang sedang mengalami masalah pada buang air besar karena hal tersebut akan membuat usus dan lambung kamu tidak bekerja lebih keras untuk selalu mencerna makanan yang kamu makan.

4. Perbanyak Minum Air Mineral

Air mineral juga sangat membantu usus dan lambung untuk proses pencernaan.

Banyak penelitian yang mengatakan bahwasannya air mineral sangat bagus untuk kesehatan tubuh, mulai dari lancarnya peredaran darah, meningkatkan fungsi otak, dan melancarkan pencernaan.

5. Obat Diare

Jika sakit perut tak kunjung usai, langkah selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi obat diare.

Obat diare sudah banyak tersedia di toko-toko kelontong atau apotek terdekat, dan bisa didapat dengan harga yang relatif murah.

Akan tetapi banyak pakar kesehatan yang menyebutkan bahwasannya obat-obatan yang beredar di warung-warung hanya untuk diare ringan karena jika diare sudah parah hingga bisa sampai berminggu-minggu, kamu harus segera untuk pergi ke dokter untuk mendapatkan penanganan intens dan mendapatkan obat-obatan yang lebih pasti.

6. Mengonsumsi Buah

Mengonsumsi buah-buahan juga sangat berguna untuk memperlancar pencernaan karena buah memiliki nutrisi dan air yang cukup untuk membantu kerja usus.

Mengonsumsi buah juga dapat membantu menghilangkan sisa-sisa kotoran yang tertinggal di usus yang susah dibersihkan.

Bahkan tidak hanya untuk melancarkan pencernaan, buah juga sangat bagus untuk kesehatan tubuh jika mengonsumsinya dengan rutin.

7. Probiotik

Suplemen yang banyak mengandung probiotik bisa membantu meringankan sakit perut yang berlebihan dan dapat mengatasi BAB yang berlebihan.

Probiotik sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh dan menjadi salah satu cara untuk mengatasi buang air besar yang berlebihan.

Nah, itu dia beberapa cara yang kamu bisa lakukan untuk mengatasi seringnya buang air besar (BAB).

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang gejala diare, kamu bisa membaca buku Diare Balita yang ditulis oleh dokter-dokter yang ahli di bidangnya.

Menurut Kementerian Kesehatan RI (2010), diare adalah suatu keadaan seseorang mengeluarkan tinja yang lembek atau encer, bahkan bisa berupa air, dan terjadi lebih sering (biasanya tiga kali atau lebih) dalam sehari.

Permasalahan diare pada balita dapat berakibat fatal jika kamu tidak mengetahui penyebab dan cara mengatasinya.

Oleh sebab itu, buku ini akan memberikan informasi yang tepat untuk kamu pelajari agar dapat mengatasi diare pada balita.

Dapatkan segera bukunya hanya di Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com