Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Urutan Film Fast and Furious dan Sinopsis Lengkapnya

Kompas.com - 05/07/2023, 12:00 WIB
Urutan Film Fast and Furious Sumber Gambar: IMDb Urutan Film Fast and Furious
Rujukan artikel ini:
Bikin Film Pakai Smartphone Itu…
Pengarang: Been Rafanani
|
Editor Ratih Widiastuty

Serial film Hollywood Fast and Furious termasuk serial film hit yang mengusung cerita tentang aksi balapan jalanan liar dan perampokan.

Film yang dibintangi oleh Vin Diesel ini pertama kali didistribusikan oleh Universal Pictures pada tahun 2001 dengan judul The Fast and Furious.

Hingga tahun 2019 seri film Fast and Furious telah memiliki sembilan sekuel.

Karakter yang ditampilkan juga konsisten disertai sejumlah karakter baru dari setiap sekuel film.

Namun, sejak kematian Paul Walker sebagai Brian O’Conner, cerita dalam serial film Fast and Furious dirombak agar dapat berlanjut dengan jalan kisah yang mulus.

Kemudian, karakter Brian O’Conner diceritakan pensiun dari dunia balapan sehingga tidak lagi terlibat dalam misi-misi membahayakan bersama sejumlah rekannya.

Serial film yang telah berlangsung lebih dari 20 tahun ini memiliki jalan cerita yang semakin berkembang dan kehadiran karakter-karakter baru yang terlibat.

Nah, agar tidak bingung dalam mengikuti jalan ceritanya, berikut urutan film Fast and Furious dari awal hingga terakhir beserta sinopsis lengkapnya.

Urutan Film Fast and Furious dan Sinopsis Lengkapnya

1. The Fast and the Furious (2001)

Film The Fast and the Furious merupakan serial pertama Fast and Furious yang dirilis di Amerika Serikat pada 22 Juni 2001.

Film yang disutradarai oleh Rob Cohen ini menceritakan tentang awal mula pertemuan Dominic (Dom) dengan Brian O’Conner, agen rahasia yang ditugaskan untuk mengungkap kasus pembajakan truk.

Di tengah penyamarannya, O’Conner melihat sisi menarik dari dunia balap itu dan kemudian mengubah arah hidupnya dari yang semula ingin menangkap Dom, menjadi pemimpin operasi penyelamatan pembalap paling ditakuti.

2. 2 Fast 2 Furious (2003)

2 Fast 2 Furious menjadi sekuel kedua film Fast and Furious yang dirilis pada tanggal 6 Juni 2003 di Amerika Serikat.

Dalam film ini melanjutkan perjalanan Brian O’Conner yang semula merupakan agen rahasia, lalu berubah menjadi buronan setelah membiarkan Dominic Toretto kabur.

O’Conner lalu melanjutkan hidup dengan menjadi pembalap liar di Miami, tetapi kemudian ia ditangkap oleh polisi yang merupakan mantan bos lamanya.

Alih-alih dipenjara, O’Conner diberikan misi untuk menangkap raja narkoba Carter Verone jika ingin catatan kriminalnya dihapus dan tidak menjadi buron.

Ia kemudian setuju dan mengajak Roman Pierce untuk membantunya dalam misi rahasia tersebut.

3. The Fast and the Furious: Tokyo Drift (2006)

Berbeda dengan sekuel sebelumnya yang masih memiliki keterkaitan dengan film pertama, pada serial keempat ini terlepas dari cerita Dom dan Brian O’Conner.

Dalam film yang dirilis pada 16 Juni 2006 ini menceritakan tentang Sean, siswa SMA pindahan di Jepang yang terpaksa harus menerima tantangan balap dari Drift King (DK), yaitu seorang pembalap mobil profesional.

Dari yang awalnya tidak mengetahui tentang dunia mobil balap Drift, Sean kemudian dibantu oleh Twinkie dalam mengenal mobil balap liar.

4. Fast & Furious (2009)

Setelah pada serial kedua cerita fokus pada kehidupan Brian O’Conner yang menjadi buronan karena sengaja menyelamatkan Dom, pada sekuel keempat ini berpusat pada Dom.

Dom yang telah berhasil kabur dari kejaran polisi menjadi buronan terbesar karena aksi kriminalnya membajak mobil truk minyak.

Suatu hari, Dom kembali akan melakukan aksi membajak truk, tetapi adiknya Mia mengabarkan bahwa pacarnya tewas di tangan mafia narkoba.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Disaat bersamaan, Brian sedang menyelidiki sindikat narkoba yang sama itu membuatnya kembali dipertemukan dengan Dom.

5. Fast Five (2011)

Pertemuan Dom dan Brian O’Conner membuat keduanya saling bekerja sama dan telah melewati banyak perbatasan negara untuk menghindari pihak berwenang.

Perjalanan keduanya kembali dihadapkan pada pengejaran polisi yang ditugaskan untuk menangkap Dom.

Tokoh baru Hobbs sebagai agen FBI terbaik itu justru membantu aksi Dom merampok boss narkotika besar di Brazil yang ternyata telah mengontrol kepolisian setempat karena kekayaannya.

6. Fast & Furious 6 (2013)

Dalam sekuel film keenam ini melanjutkan misi Dom dan Brian O’Conner yang dibantu oleh agen Hobbs dalam melacak organisasi kriminal dunia.

Mereka menjalankan misi dengan menghentikan organisasi kriminal tersebut di jalanan.

Sejumlah aksi penumpasan organisasi kriminal membuka kesempatan bagi Dom dan timnya mendapatkan pengampunan catatan kriminal.

Akhirnya, Dom, O’Conner dan agen Hobbs bekerja sama dan bergerak dalam menumpas organisasi kriminal dunia dengan menghentikan aksi mereka di jalanan.

7. Furious 7 (2015)

Setelah catatan kriminalnya kembali bersih karena telah membantu FBI menghentikan sebuah organisasi kriminal besar, Dom melanjutkan niatnya untuk pensiun.

Sayangnya, niatnya itu kembali diurungkan karena terancam oleh aksi balas dendam adik Owen, salah satu penjahat yang dibunuhnya sehingga Dom harus kembali beraksi untuk menyelamatkan keluarga dan negaranya.

Dalam film ini merupakan penampilan terakhir Paul Walker sebelum ia meninggal dunia akibat peristiwa kecelakaan.

8. The Fate of the Furious (2017)

Serial kedelapan film Fast and Furious ini menceritakan konflik internal dalam keluarga Dom yang dihadapkan pada penghianatan.

Ketika timnya mendapatkan misi rahasia untuk membantu Hobbs, Dom justru berkhianat setelah bertemu dengan seorang wanita misterius.

Keluarga dan kelompoknya itu kemudian mencoba untuk menyadarkan Dom agar tidak melakukan aksi jahatnya itu.

9. Fast and Furious 9 (2019)

Film Fast and Furious 9 menjadi sekuel terakhir dari film Fast and Furious dengan konsep cerita berbeda dibandingkan film sebelumnya.

Dalam film ini diceritakan tentang Hobbs dan seluruh agen intelijen yang termasuk para pembalap bersama dengan Dom mendapatkan tugas untuk mengatasi virus mematikan yang mengancam kota.

Nah, itulah urutan film Fast and Furious dan sinopsis lengkapnya yang dapat memudahkan untuk mengikuti alur ceritanya.

Proses pembuatan film tentu bukan satu hal yang mudah, tetapi kamu dapat membuatnya dengan cara sederhana dimulai dari smartphone.

Untuk mempelajari cara membuat film menggunakan ponsel dapat dilakukan dengan membaca buku Bikin Film Pakai Smartphone Itu Keren.

Dalam buku ini bisa memotivasi kamu dalam membuat karya film dengan ponsel dan biaya yang murah.

Buku ini juga dapat membantu pembaca dalam mengasah kreativitas dan mengatur kepemimpinan dalam bidang seni perfilman.

Untuk mengetahui pembuatan karya film dengan lebih informatif, buku Bikin Film Pakai Smartphone Itu Keren dapat menjadi jawabannya yang akan membahas khusus pembuatan karya film menggunakan smartphone.

Tertarik untuk membeli bukunya? Dapatkan buku Bikin Film Pakai Smartphone Itu Keren di toko buku Gramedia atau secara online melalui Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com