Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rekomendasi Komik Horor Indonesia yang Wajib Kamu Baca dengan Bumbu Cerita yang Menegangkan

Kompas.com - 09/12/2021, 10:29 WIB
Sumber Gambar : Pexels.com
Rujukan artikel ini:
Koloni Journal Of Terror 01
Pengarang: Sweta Kartika
|
Editor Ratih Widiastuty

Apakah kamu tipe orang yang senang dengan cerita horor? Jika jawabannya iya, maka rasanya kurang menggigit saat membaca cerita horor, tapi tidak disertai dengan visual yang menggambarkannya.

Maka tidak heran, jika kini semakin banyak komik horor yang berseliweran mewarnai dunia literasi.

Di mana selain menawarkan cerita yang buat bulu kuduk berdiri, komik horor juga memiliki nilai lebih lewat ilustrasi atau gambar yang turut hadir di dalamnya, sehingga memberikan pengalaman membaca yang tidak hanya melibatkan emosi, tapi ada visualisasi yang turut menemani.

Namun, jika berbicara soal komik horor, pasti yang ada dalam benak kita tidak jauh dari negara Jepang, karena memang negara tersebut kerap menerbitkan komik yang digemari oleh pembaca.

Akan tetapi, ternyata kini komik horor Indonesia pun kembali menggeliat di tengah gempuran komik horor Jepang yang tidak kalah menarik dari negara Matahari Terbit tersebut. Temukan pula Rekomendasi Film Horor Indonesia.

Sajian horor yang dihadirkan dalam komik horor Indonesia biasanya akan terasa lebih dekat dan relate dengan kehidupan pembaca, sehingga mudah untuk diterima dan dinikmati.

Rekomendasi Komik Horor Indonesia

1. Journal of Terror

Komik ini bercerita tentang Prana yang pada awalnya hanya seorang anak laki-laki biasa, tapi saat memasuki usia 5 tahun, Prana jatuh sakit dan mengalami demam tinggi.

Di hari kedelapan Prana sakit, dia menyadari sebuah perubahan dalam dirinya, terutama penglihatannya yang secara tiba-tiba saja mampu melihat makhluk halus.

Journal of Terror merupakan rangkuman dari pengalaman horor Prana yang penuh dengan kisah-kisah makhluk astral.

Komik ini sendiri terdiri dari dua chapter, sehingga kisah Prana bisa dibaca secara berkelanjutan.

Walaupun ilustrasi Prana dalam komik ini terlihat menggemaskan, tapi tunggu hingga melihat ilustrasi hantu goresan Sweta Kartika yang bisa buat kita jantungan.

2. Catatan Seram – Ghost Stories Around You

Komik ini berisi kumpulan beberapa cerita yang tidak berhubungan satu sama lain tapi memiliki tingkat keseraman yang setara. Temukan pula berbagai Cerita Horor Kisah Nyata disini!

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Pembaca akan sulit untuk menebak isi dari masing-masing ceritanya, karena setiap cerita diberi judul dengan nama tokoh dari ceritanya itu sendiri.

Cerita yang ditampilkan kebanyakan memperlihatkan kehidupan anak remaja dengan gangguan horor yang mereka alami.

Dari segi ilustrasi, komik ini mampu memanjakan mata, karena detail yang diberikan oleh Rei Effendi mampu mengeluarkan aura horor di dalam jalan ceritanya.

3. Kemala

Masih dari Sweta Kartika, Kemala menceritakan kisah seorang gadis bernama Kemala yang tewas dibunuh oleh sebuah kultus sesat. Saat Kemala sadar, ternyata ia sudah menjadi sesosok hantu.

Di sini pembaca akan diajak bertualang bersama Kemala, sebagai sosok hantu yang mencoba untuk membantu hantu-hantu gentayangan di sekitarnya agar tenang.

Di setiap bab pembaca disajikan cerita yang berbeda dan beragam dengan Kemala sebagai benang merah jalan ceritanya.

Artwork yang ditampilkan dalam komik ini bisa bikin bulu kuduk merinding.

Perpaduan antara cerita dan ilustrasinya sendiri dijamin mencekam.

4. Merah

Komik karya Amir Muchtar dan Seno Aditomo ini memberikan sensasi cerita horor yang seram dan ringkas, sehingga bisa dibaca hanya dalam sekali duduk saja.

Menceritakan sebuah kisah urban legend yang ada di Indonesia dan cukup populer, yaitu Terowongan Casablanca, di mana menurut mitos yang beredar, jika hendak melewatinya harus membunyikan klakson sebanyak tiga kali.

Salah satu hal menarik yang tampil di komik horor satu ini adalah meskipun ilustrasinya digambar dengan warna hitam dan putih, tapi khusus teruntuk hantunya sendiri diberi warna merah, sehingga mampu menumbuhkan rasa ngeri dan seram dalam diri pembaca.

Keempat komik horor hasil karya anak Bangsa ini bisa menjadi pilihan yang pas dan cocok untuk menemani malam Jumat bagi Kamu yang membutuhkan asupan misteri.

Jika kamu tertarik dan ingin membaca keempat komik ini, kamu bisa membelinya melalui online di Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com