Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berikut Pengertian dan Masalah Ekonomi Mikro yang Perlu Diketahui

Kompas.com - 28/02/2023, 16:00 WIB
 Masalah Ekonomi Mikro  Sumber Gambar: Pexels.com Masalah Ekonomi Mikro 
Rujukan artikel ini:
Pengantar Ekonomi Mikro Dan Makro…
Pengarang: Paulus Kurniawan & Made…
|
Editor Puteri

Ekonomi mikro merupakan ilmu ekonomi yang mempelajari mengenai kurva permintaan dan penawaran yang akan membantu memahami hubungan antara perubahan upah, pola pekerjaan yang sesuai, hingga mengetahui variabel biaya dalam suatu produksi barang dan jasa.

Berikut pengertian ekonomi mikro menurut beberapa ahli.

Pengertian Ekonomi Mikro

1. Sadono Sukirno

Berdasarkan buku Ekonomi Mikro Teori Pengantar yang ditulis oleh Sadono Sukirno, ekonomi mikro merupakan cabang dari ilmu ekonomi yang mempelajari perilaku perusahaan dan konsumen beserta penentuan.

Ekonomi mikro mempunyai fungsi untuk menganalisis bagaimana semua keputusan beserta perilaku tersebut bisa memengaruhi penawaran dan juga permintaan atas barang dan jasa yang akan menentukan harga.

2. Adam Smith

Menurut Adam Smith, ekonomi mikro adalah subjek ekonomi yang memiliki sifat ekonomis rasional, sehingga menimbulkan pelaku ekonomi mempertimbangkan hal rasional untuk mengambil keputusan.

3. Mary A Marchant dan William M Snell

Mary A Marchant dan William M Snell mendominasi ekonomi mikro sebagai kajian terkait individu, rumah tangga, dan perusahaan dalam mengambil keputusan proses ekonomi.

Ekonomi mikro memandang bagaimana perilaku serta keputusan yang menjadi pertimbangan yang mampu memengaruhi penawaran dan permintaan barang atau jasa tertentu.

Faktor permintaan serta penawaran ini selanjutnya akan menjadi penentu harga, kualitas, dan kuantitas barang maupun jasa yang dijual.

Tujuan dari ekonomi mikro sendiri ialah untuk menganalisis mekanisme pasar dalam menentukannya relativitas antara harga dengan keterbatasan sumber daya.

4. David A. Moss

David A. Moss menjelaskan jika ekonomi mikro sebagai langkah penganalisisan suatu keputusan yang dibuat oleh individu atau kelompok mulai dari faktor-faktornya sampai pertimbangan mengenai biaya dan manfaatnya.

5. Marshal dan Piqou

Sedangkan menurut Marshal dan Piqou menerangkan pengertian ekonomi mikro sebagai tingkat mobilitas yang tinggi dalam pasar sehingga membuat para pelaku ekonomi tersebut bisa segera beradaptasi atau menyesuaikan perubahan-perubahan yang ada di pasar.

Masalah Ekonomi Mikro

Terdapat tiga masalah pokok yang mengacu pada ekonomi mikro, yakni sebagai berikut.

1. Apa dan Berapa yang Diproduksi

Masalah pertama berkaitan dengan jenis barang maupun jasa beserta jumlah yang akan diproduksi.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Pertanyaan ini menjurus pada alokasi sumber daya yang terbatas di antara berbagai alternatif pemakaiannya.

Karena sifat sumber daya yang terbatas, masyarakat tentunya harus menentukan pilihan dan memutuskan produk apa yang akan diproduksi.

Setelah produk ditentukan, masyarakat juga harus menentukan berapa banyak produk yang mesti diproduksi sehingga bisa menentukan jumlah alokasi sumber daya.

2. Bagaimana Memproduksinya

Masalah kedua dari ekonomi mikro adalah cara produksi atau teknologi apa yang akan dipakai untuk memproduksi suatu produk, berapa total tenaga kerja, jenis mesin, dan bahan baku apa yang akan digunakan.

Selain itu, cara menyatukan seluruh faktor produksi tersebut supaya dapat berhasil guna serta berdaya guna.

Maka dari itu, harus ditemukan cara yang paling efisien agar prosesnya bisa berjalan lancar dan menghasilkan keuntungan.

3. Untuk Siapa Diproduksi

Masalah ini berhubungan dengan siapa yang akan memerlukan produk tersebut serta siapa yang memperoleh hasilnya.

Bisa dibilang bagaimana cara pendistribusian yang bisa tepat sasaran pada konsumen.

Apakah produk tersebut akan dijual dengan merujuk pada kelas sosial, pendapatan, atau kelompok tertentu yang ada di masyarakat.

Jika ingin lebih mengetahui segala macam tentang ilmu ekonomi mikro, buku Pengantar Ekonomi Mikro dan Makro Edisi Revisi akan mengajarkan pada masyarakat umum tentang arti dasar-dasar ilmu pengetahuan mengenai ilmu ekonomi mikro dan makro.

Buku ini hadir secara sistematis sehingga memudahkan pembaca untuk mengerti tentang materi bahasan di dalamnya yang terangkum dari banyak sumber, seperti Pirayoff (2004), Musgrave (2009), Sangeeta, et al (2011), Andersoon (2011), Sattora (2013), Dodge (2014), dan jurnal dari internet.

Buku edisi kedua ini menambah beberapa bahasan topik ekonomi untuk lebih memberikan arti dasar-dasar ilmu pengetahuan tentang ilmu ekonomi mikro dan makro bagi pemula, murid sekolah, mahasiswa, bahkan bagi pelaku ekonomi individual, rumah tangga, perusahaan, dan pemerintahan.

Segera pesan bukunya di Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com