Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Kesepakatan Sebelum Menikah yang Penting Untuk Dibahas

Kompas.com - 27/02/2023, 08:30 WIB
Kesepakatan Sebelum Menikah Photo by Trung Nguyen on Pexels Kesepakatan Sebelum Menikah
Rujukan artikel ini:
30 Langkah Menuju Nikah
Pengarang: Ahmad Masrul
|
Editor Rahmad

Pernikahan adalah sesuatu hal penting dalam hidup yang perlu dipersiapkan dengan baik. Termasuk hal-hal yang perlu disepakati oleh kedua belah pihak. Kesepakatan sebelum menikah jadi bagian penting untuk mempersiapkan pernikahan di masa depan.

Kesepakatan ini juga jadi dasar kamu menjalin hubungan sebagai suami istri. Itulah sebabnya perlu dibicarakan dengan serius dan ditentukan sejak awal. Kesepakatan ini mungkin saja berubah dengan berbagai pertimbangan yang kamu temukan ke depannya.

Kesepakatan Sebelum Menikah

Sejatinya dalam hubungan pernikahan menyatukan dua orang yang memiliki prinsip individunya masing-masing.

Maka kesepakatan ini memberi mereka keputusan bersama dalam menjalin sebuah hubungan suami istri. Berikut ini kesepakatan sebelum menikah yang perlu ditentukan pasangan:

1. Kesepakatan Mengatur Keuangan

Saat kamu dan pasangan memutuskan untuk memulai hubungan bersama, hal terpenting yang harus dibicarakan adalah keuangan. Kamu dan pasangan harus tahu berapa yang harus dikeluarkan setiap bulannya dan pengelolaan pendapatan keuangan.

Pisahkan biaya yang harus dibayar, kebutuhan yang harus dibeli dan anggaran kesenangan yang akan dihabiskan dalam sebulan. Dengan mencatat hal ini, kamu dapat memprediksi apa yang akan dibutuhkan.

Jika kamu dan pasangan bisa mengatur keuangan dan pengeluaran secara teratur, hidup akan terasa lebih nyaman karena membicarakan uang adalah hal yang cukup sensitif. Ini juga berkaitan dengan kondisi finansial di masa depan dalam keluarga kalian.

2. Tempat Tinggal

Memilih tempat tinggal adalah kesepakatan sebelum menikah yang penting untuk diputuskan. Seperti memutuskan tinggal bersama orang tua atau mertua, saudara dan sebagainya.

Termasuk seberapa jauh tempat tinggal dari tempat kerja dan akses kehidupan lainnya. Bagaimanapun, kamu dan pasangan akan membuat rumah sebagai tempat tinggal yang senyaman mungkin untuk kalian berdua berkeluarga.

3. Gaya hidup

Hal penting lainnya adalah memutuskan gaya hidup seperti apa yang akan dijalani. Menentukan prinsip hidup penting karena berhubungan dengan lingkungan dan pengeluaran harian.

Kamu dan pasangan harus memutuskan itu dan menyetujui apa yang akan kalian berdua pilih. Kebiasaan sehari-hari harus dipilih dengan baik sesuai dengan keinginan bersama.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Termasuk pilihan gaya hidup tentang anak, cara merawat dan mengajar anak, dan gaya hidup lainnya yang perlu kalian sesuaikan berdua sebagai prinsip individu masing-masing.

4. Keseimbangan Kehidupan Kerja dan Rumah Tangga

Kehidupan kerja dan kehidupan pribadi adalah hal yang terkadang sulit untuk disatukan. Namun, hal ini sebaiknya didiskusikan dengan pasangan sejak awal.

Kamu juga perlu menghargai pekerjaan pasangan. Mungkin terkadang kamu benar-benar perlu memahami kapan itu berhasil.

Jika kamu juga memutuskan untuk menjadi wanita karir, Anda juga harus berpartisipasi dalam pekerjaan dan kewajiban sebagai istri. Jika tidak seimbang, konflik dalam rumah tangga bisa saja muncul.

5. Lingkungan Sosial

Selain itu, penting untuk berbicara tentang lingkungan sosial. Terkadang, ada lingkungan yang sangat mendukung kamu, namun ada juga lingkungan yang ternyata menjadi toxic bagi hubunganmu dengan pasangan.

Maka kamu dan pasangan harus bisa mengontrol seperti apa persahabatan atau pertemanan kamu dan seberapa sering kamu bertemu orang lain. Kesepakatan ini juga akan membangun kepercayaan dalam berhubungan yang berbeda dari sebelumnya.

6. Cara Berkomunikasi

Hal terakhir yang paling penting untuk disepakati sebelum menikah adalah bagaimana kamu dan pasangan berkomunikasi. Masing-masing memiliki karakter yang berbeda. kamu dan pasangan bisa saling menjelaskan cara berkomunikasi.

Jangan menggunakan kode dan mengharapkannya menjadi sensitif karena ini masa kehidupan pernikahan. Jangan sampai terjadi kesalahan dalam komunikasi antara kamu dan pasangan.

Jika kamu dapat mengartikulasikannya dengan jelas, jelaskan sampai pasangan kamu mengerti dan sebaliknya. Komunikasi yang jelas membuat kamu dan pasangan lebih terbuka satu sama lain dan lebih nyaman.

Nah, itulah kesepakatan sebelum pernikahan yang penting untuk kamu bicarakan dengan pasangan. Buku 30 Langkah Menuju Nikah yang ditulis Ahmad Masrul bisa kamu jadikan referensi untuk mengetahui apa saja hal penting yang perlu dipersiapkan dalam pernikahan.

Itulah sebabnya buku ini juga cocok jadi kado pernikahan yang menarik dan bermanfaat untuk mempersiapkan pernikahan yang lebih baik.

Buku ini bisa kamu pesan dan beli di Gramedia.com!

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com