Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Apa Itu Hari Anime Sedunia

Kompas.com - 24/02/2023, 10:31 WIB
Hari Anime Sedunia Sumber: Pexels.com Hari Anime Sedunia
Rujukan artikel ini:
Bahasa Jepang Untuk Pemula :…
Pengarang: Bright Learning Center
|
Editor Puteri

Budaya pop Jepang seperti anime dan manga hingga saat ini telah menyebar hampir di seluruh dunia dan menjadi favorit bagi sejumlah orang.

Di Indonesia, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa menyukai tontonan anime dan bacaan berupa manga.

Bahkan, sejumlah otaku–julukan bagi penggemar anime kerap menyelenggarakan acara bersama, salah satunya yaitu cosplay.

Cosplay adalah istilah untuk menyebut seseorang yang menggunakan kostum atau busana menyerupai karakter tertentu dalam sebuah anime, komik, game, film, manga, atau kartun.

Kegiatan ini termasuk dalam salah satu budaya kehidupan masyarakat Jepang yang berkembang di kalangan anak muda hingga di seluruh dunia.

Selain itu, semakin berkembangnya komunitas pecinta anime yang keberadaannya sudah menyebar di berbagai penjuru dunia ini, menyebabkan hadirnya fan club hingga berbagai merchandise anime.

Tak hanya mulai munculnya berbagai event anime hingga fun club, ternyata ada pula Hari Anime Sedunia, lho.

Penasaran apa itu Hari Anime Sedunia? Simak selengkapnya di bawah ini.

Mengenal Hari Anime Sedunia

Hari Anime Sedunia digelar untuk mengingat kembali sejarah anime dan menyatukan para wibu dalam menikmati berbagai cerita dan karakter anime favorit mereka.

Untuk asal usul Hari Anime Sedunia hingga saat ini belum jelas kapan secara resmi mulai diselenggarakan.

Dilansir dari berbagai sumber, hari yang spesial bagi para wibu ini diketahui memiliki dua versi waktu peringatan, yaitu setiap tanggal 15 Desember dan 15 April.

Hari Anime Sedunia versi 15 Desember dilatarbelakangi dari sebuah artikel tentang Akio Nakamori, seorang penulis Jepang yang fokus membahas tentang manga dan anime.

Sedangkan Hari Anime Sedunia versi 15 April awalnya bermula diselenggarakan di Amerika Serikat sebagai perayaan nasional.

Setelah dari negeri Paman Sam, perayaan itu kemudian menyebar ke berbagai negara lainnya hingga di Indonesia juga merayakan Hari Anime Sedunia pada 15-16 April setiap tahunnya.

Sementara secara umum, Hari Anime pertama kali dirayakan di Tokyo Jepang pada tahun 1975 hingga menjadi perayaan yang menyebar ke berbagai negara di dunia.

Rekomendasi Anime Terbaik Sepanjang Masa

Nah, untuk kamu yang belum pernah menonton anime dan tertarik mengenal animasi asal Jepang ini, berikut rekomendasi anime terbaik sepanjang masa yang bisa kamu tonton:

1. One Piece

One Piece merupakan anime dengan genre petualangan, aksi dan fantasi yang diadaptasi dari manga.

Anime yang menceritakan karakter utama bernama Monkey D. Luffy ini pertama kali tayang pada 1999 hingga saat ini.

One Piece menceritakan tentang petualangan bajak laut untuk mencari harta karun pamungkas yang disebut “One Piece”.

Dalam setiap adegan petualangannya terdapat pertarungan antara Iblis laut dan para bajak laut yang dikemas dengan menarik.

2. Naruto

Serial anime Naruto merupakan karya Masashi Kishimoto yang pertama kali tayang pada tahun 2002 dan tamat tahun 2017.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Naruto menjadi salah satu serial anime yang fenomenal hingga saat ini meski ceritanya sudah selesai.

Anime ini menceritakan tentang perjalanan seorang anak laki-laki bernama Naruto Uzumaki yang bercita-cita untuk menjadi seorang Hokage, pemimpin desa serta ninja terkuat di desanya.

3. Pokemon

Anime Pokemon pertama kali tayang di Jepang pada tahun 1997 dengan judul “Pocket Monsters”.

Hingga kini, serial anime Pokemon masih terus berlanjut dengan episode terakhir berjudul The Island Whisperer!

Pokemon menceritakan tentang anak muda bernama Satoshi yang berkeliling ke seluruh dunia untuk menjadi Pokemon Master bersama dengan monster Pokemon yang dimilikinya bernama Pikachu.

Serial anime ini terbilang cukup fenomenal dalam menceritakan kehidupan manusia dan pokemon yang berdampingan.

4. Detective Conan

Serial anime Detective Conan mulai populer dikalangan anak-anak kelahiran tahun 90an.

Hingga kini, anime yang mulai diterbitkan pada tahun 1994 masih digemari oleh banyak orang dengan episode cerita yang terus berlanjut.

Anime karya Aoyama Gosho ini merupakan anime detektif yang menceritakan tentang siswa SMA bernama Shinichi Kudo.

Ia merupakan detektif muda yang sering membantu polisi dalam memecahkan setiap kasus, tetapi kemudian tubuhnya menyusut menjadi seorang anak kecil karena meminum racun dari organisasi rahasia.

Untuk merahasiakan identitasnya, ia kemudian mengubah nama menjadi Conan Edogawa dan memecahkan berbagai kasus misterius.

5. Dragon Ball

Dragon Ball merupakan anime legendaris yang pertama kali tayang pada tahun 1984 dan diadaptasi dari manga dengan judul sama.

Serial anime ini memiliki beberapa bagian utama pada serinya yang menjadi judul baru, di antaranya Dragon Ball Super sejak tahun 2015 dengan bagian terkenal Dragon Ball Z, yaitu menceritakan kelanjutan kisah Goku setelah dewasa.

Dragon Ball menceritakan tentang karakter utama bernama Goku yang hidup sendirian di tengah gunung.

Ia kemudian bertemu dengan Bulma dan akhirnya bekerjasama untuk mengumpulkan 7 bola ajaib yang dapat mewujudkan segala keinginan bernama “Dragon Ball”.

Selain menyukai anime sebagai salah satu budaya pop Jepang, memahami bahasa yang dituturkan juga penting agar bisa memaknai Hari Anime Sedunia secara lebih luas.

Oleh karena itu, kamu bisa mempelajari bahasa Jepang dengan membaca buku Bahasa Jepang untuk Pemula: Let’s Talk And Practice.

Buku ini dapat menjadi panduan dalam memahami tata bahasa Jepang secara umum dan mengupas tuntas tentang tata bahasa Jepang mulai dari karakteristik, struktur, jenis kata hingga bentuk penggunaannya yang sesuai dengan penutur bahasa Indonesia.

Tidak hanya menjelaskan secara deskriptif, buku ini juga dilengkapi dengan deretan kosa kata, contoh percakapan, ungkapan, dan latihan soal yang akan membantumu untuk mengingat materi sebelumnya.

Tertarik dengan anime akan lebih lengkap ketika dapat memahami bahasa Jepang yang dituturkan.

Tertarik untuk mempelajarinya bahasa Jepang lebih lanjut? Pelajari selengkapnya dalam buku Bahasa Jepang untuk Pemula: Let’s Talk And Practice yang bisa kamu beli di toko buku Gramedia atau secara online melalui Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com