Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Aplikasi Penghapus Objek di Smartphone yang Efektif dan Praktis

Kompas.com - 16/02/2023, 18:00 WIB
Aplikasi Penghapus Objek  Sumber Gambar: Pexels.com  Aplikasi Penghapus Objek 
Rujukan artikel ini:
Foto Produk dengan Handphone
Pengarang: Joel Athalya
|
Editor Ratih Widiastuty

Perkembangan teknologi berhasil membuat kegiatan mengabadikan momen lewat foto kini menjadi kian mudah dengan kehadiran kamera smartphone yang sudah semakin canggih dengan kualitas gambar yang luar biasa bagus.

Saat ini setiap orang mampu mengambil foto kapan pun dan di mana pun juga hanya dalam genggaman tangan dengan kehadiran smartphone yang semakin canggih.

Bahkan tidak hanya sekedar mengambil foto, melalui smartphone kita juga sudah bisa mengedit foto tersebut agar terlihat lebih menarik untuk dilihat menggunakan beberapa aplikasi yang ada.

Salah satu problem yang kerap dialami oleh banyak orang ketika tengah mengambil foto adalah kehadiran objek yang tidak diinginkan dalam foto tersebut.

Agar foto bisa tampak jauh lebih menarik, maka alangkah lebih baik jika objek yang mengganggu dalam foto bisa dihilangkan atau dihapus.

Melalui beberapa aplikasi penghapus objek yang dapat diinstal di smartphone, maka hal ini bukan menjadi sesuatu yang mustahil untuk dilakukan.

Kemampuan smartphone beserta aplikasi yang ada mampu menjadi kombinasi sempurna untuk mengedit foto yang tampak kurang bagus menjadi terlihat jauh lebih sempurna.

Salah satu aplikasi yang dibutuhkan ialah aplikasi penghapus objek.

Apa saja aplikasi penghapus objek yang secara praktis dan efektif dapat dicoba? Simak beberapa aplikasi penghapus objek di smartphone berikut ini.

5 Aplikasi Penghapus Objek

1. Snapseed

Snapseed adalah salah satu aplikasi edit foto yang populer di kalangan anak muda karena mempunyai pilihan fitur yang cukup beragam.

Salah satu fitur yang ditawarkan oleh aplikasi ini ialah mampu menghapus objek pada foto yang mungkin mengganggu estetika di dalamnya.

Tidak hanya bisa menghilangkan objek pada foto, Snapseed juga memiliki beberapa fitur edit foto lainnya yang bisa digunakan untuk mempercantik gambar yang kamu ambil melalui smartphone.

Snapseed sendiri bisa diunduh lewat Google Play Store bagi pengguna Android dan App Store bagi pengguna iPhone.

2. TouchRetouch

Jika ingin dimudahkan dalam menghilangkan objek pada foto yang diambil, menggunakan aplikasi TouchRetouch bisa menjadi pilihan yang tepat.

Aplikasi edit foto yang satu ini mempunyai beragam fitur yang akan menunjang proses dalam mengedit sebuah foto menjadi tampak lebih estetis.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Beberapa fitur yang bisa kamu gunakan dalam TouchRetouch antara lain seperti Quick Repair (menghapus dengan cepat), Object Removal (menghapus objek), Clone Stamp (menggandakan objek), dan Line Removal (menghapus objek berbentuk garis).

3. Picsart

Boleh dibilang, sampai saat ini, Picsart menjadi aplikasi edit foto paling populer dan digunakan oleh banyak orang.

Picsart mempunyai berbagai macam fitur yang membantu proses mengedit foto, salah satunya adalah menghapus objek pada foto.

Supaya dapat menghilangkan objek pada foto dengan menggunakan Picsart, kamu bisa memilih fitur Panel Tools.

Setelah berhasil menghapus objek yang diinginkan, kamu bisa langsung menyimpannya di galeri smartphone atau membagikannya ke media sosial.

4. Pic Eraser

Selanjutnya, kamu juga bisa mengunduh aplikasi Pic Eraser sebagai solusi untuk menghapus objek pada foto.

Hanya dengan single tap saja kamu dapat langsung menghapus objek pada foto lewat berbagai macam tools yang tersedia supaya foto menjadi tampak lebih realistis.

5. Remove Unwanted Object

Sesuai dengan namanya, aplikasi Remove Unwanted Object bisa digunakan untuk menghapus objek yang mengganggu pada foto.

Kamu bisa menghilangkan berbagai macam objek pada foto yang dirasa mengganggu estetika, seperti orang, bangunan, benda, emotikon, dan lain sebagainya.

Cara mengedit menggunakan aplikasi yang satu ini juga tergolong mudah.

Kamu hanya tinggal memilih foto dari galeri dan mengetuk objek yang ingin dihilangkan, kemudian tap tombol proses dan penghapusan objek pun akan dilakukan.

Jika ingin mempelajari cara mengedit foto lebih lanjut lagi, buku 8 Jurus Editing Foto dengan Photoshop CC 2020 dapat memberikan kiat-kiat mengedit foto menggunakan Photoshop CC 2020 yang paling lengkap, to the point, dan pastinya mudah dipahami.

Membaca buku ini akan menambah wawasan dalam mengedit, mempercantik, dan mengoreksi foto-foto digital, di mana pembahasannya mencakup teknik dalam mengoreksi komposisi foto, cahaya, warna, serta bagaimana memakai teknik seleksi untuk mengedit bagian tertentu pada foto.

Tidak ketinggalan, buku ini juga mengajarkan cara-cara menggunakan tools dan perintah yang paling sering dipakai oleh para editor foto profesional.

Yuk, segera order bukunya di Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com