Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Keutamaan Sholawat Jibril, Salah Satunya Membuka Pintu Rezeki

Kompas.com - 13/02/2023, 12:30 WIB
Keutamaan Sholawat Jibril Photo by Anna Tarazevich on Pexels Keutamaan Sholawat Jibril
Rujukan artikel ini:
Jangan Pernah Lelah Ada Nikmat…
Pengarang: Meliza Arnelia
|
Editor Rahmad

Sholawat Jibril merupakan sholawat pendek yang paling sering dibaca dan diamalkan oleh umat Islam. Meski bacaan sholawat ini pendek, tetapi ada keutamaan sholawat jibril yang tidak bisa disepelekan.

Sholawat Jibril mungkin dapat menarik kebermanfaat dari segala penjuru. Seperti membuka pintu rezeki, melunasi hutang dan hajat yang dikabulkan Allah SWT.

Berikut ini bacaan sholawat Jibril: صَلَّى اللهُ عَلَى مُحَمَّد yang artinya Semoga Allah memberikan rahmat-Nya kepada Nabi Muhammad.

Keutamaan Sholawat Jibril

Bacaan sholawat Jibril relatif singkat, namun diyakini dapat membawa keberuntungan dan mempermudah segalanya. Memiliki banyak rezeki tentu jadi kesenangan tersendiri, banyak orang mendapatkan banyak rezeki seperti kerja, bisnis dan lain sebagainya.

Namun, ingatlah bahwa bentuk rezeki bukan hanya tentang uang, tetapi juga tentang kesehatan, kedamaian dan Kenyamanan yang tetap perlu disyukuri sebagai rezeki dari Allah SWT.

Rezeki ini tentu tidak datang dengan sendirinya, harus dibarengi dengan usaha dan doa. Membaca sholawat dapat dilakukan di mana saja, tetapi waktu terbaik bagi umat Islam untuk bersholawat adalah ketika mereka telah menyelesaikan shalat lima waktu.

Selain kegiatan wajib, seorang muslim juga dianjurkan untuk melakukan hal-hal yang disunnahkan Nabi.

Salah satu amalan yang dianjurkan oleh Nabi adalah memperbanyak bacaan yang memiliki panggilan kepada Allah, membaca doa yang memuji Allah dan Nabi dan mencari berkah dari Allah dan Nabi, seperti firman Allah dalam AL-Quran Surah AL-Ahzab ayat 56 berikut ini:

اِنَّ اللّٰهَ وَمَلٰۤىِٕكَتَهٗ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّۗ يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا

Artinya Sesungguhnya Allah SWT dan para malaikatNya bershalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman, Bershalawatlah untuk Nabi dan ucapkan salam dengan penuh penghormatan kepadanya.

Berdasarkan firman Allah SWT di atas, umat muslim memang dianjurkan untuk membaca sholawat. Termasuk sholawat jibril yang memuji nabi.Ini tentu bukan anjuran biasa karena Allah SWT menjanjikan keutamaan sholawat jibril berikut ini:

1. Dapat Membuka 70 Pintu Rahmat

Seperti yang dikatakan Imam Sya'roni, Rasulullah SAW bersabda seperti berikut ini:

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

“Siapapun yang membaca sholawat Jibril, maka telah terbuka 70 pintu rahmat untuk dirinya sendiri, dan Allah menaruh cinta-Nya di hati manusia agar mereka tidak marah kepada-Nya. Kecuali mereka yang menyimpan kemunafikan di dalam hati mereka.

2. Seseorang Dapat Melihat Nabi Muhammad SAW Dalam Mimpi

Diriwayatkan As-Sakhari, seorang pria Suriah datang menemui Nabi Muhammad karena ayahnya sudah tua dan buta tetapi ingin melihatnya. Jadi, dianjurkan baginya untuk membaca sholawat Jibril.

Kemudian, dia bisa melihat Nabi Muhammad dalam mimpinya dan bahkan membacakan sebuah Hadits darinya.

3. Mendapatkan Kebaikan dan Dihapuskan Keburukannya

Salah satu keutamaan membaca shalawat Jibril adalah kamu selalu mendapatkan kebaikan, berada di atas dan kamu membuang semua keburukan. Sebagaimana Sabda Nabi Rasulullah SAW berikut ini:

Siapapun yang bershalawat kepadaku, maka Allah SWT akan memberkati dia sepuluh kali, menghilangkan sepuluh kejahatan darinya dan mengangkat statusnya.

4. Membuka Pintu Rezeki Dari Segala Arah

Sholawat Jibril juga memiliki keutamaan membawa rezeki dari segala arah. Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa membaca Sholawat Jibril 5000 kali setelah shalat Dhuha, Allah pasti akan mengurus kebutuhannya dan rezeki akan 'datang' kepadanya dengan izin Allah.

5.Dicintai Allah SWT dan Rasul

Salah satu ulama As-Sakhawi Ash-Syafi'i mengatakan: "Saya mendengar Al-Khidir dan Ilyas dan mereka berdua berkata:" Kami mendengar Rasulullah, semoga Allah memberkati dia dan memberinya kedamaian dan mengatakan:

"Tidak ada orang beriman yang mengatakan, “Allah melimpahkan shalawat atas Muhammad,' tetapi dia dibuat untuk mencintainya meskipun mereka membencinya. Demi Allah, mereka tidak akan mencintainya sampai Allah mencintainya."

Nah, itulah keutamaan sholawat jibril yang bisa kamu pahami betapa kebermanfaatan bersholawat. Luangkan waktu untuk berdoa dan bersholawat lah setelah sholat karena Allah SWT.

Mempelajari tentang keutamaan membaca sholawat memang sangatlah baik dan hal ini bisa dilakukan dengan membaca buku.

Buku Jangan Pernah Lelah Ada Nikmat Di Setiap Shalawat yang ditulis Meliza Arnelia bisa jadi salah satu bahan bacaan wajib jika kamu yang ingin mengetahui keutamaan yang ada di shalawat. Bahasa dalam buku ini ringan dan mudah mengerti, sehingga cocok untuk belajar.

Buku ini bisa kamu pesan dan beli di Gramedia.com!

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com